MENU TUTUP

Puncak Jaya Kembali Raih Predikat WTP ke-4 Kalinya Secara Berturut

Senin, 15 Mei 2023 | 18:22 WIB / Andi Riri
Puncak Jaya Kembali Raih Predikat WTP ke-4 Kalinya Secara Berturut Kepala Perwakilan BPK RI, Martuama Saragi(kanan) menyerahkan LHP kepada Penjabat Bupati Puncak Jaya, Tumiran S.Sos, M.AP/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - BPK RI kembali memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pada Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya tahun anggaran 2022.

Ini merupakan raihan WTP yang ke-4 kalinya diraih secara berturut sejak 2019. 

Penyerahan LHP secara simbolis oleh Kepala Perwakilan BPK RI, Martuama Saragi kepada Penjabat Bupati Kabupaten Puncak Jaya, H.Tumiran S.Sos, M.AP dan Ketua DPRD, berlangsung di Aula BPK RI Perwakilan Provinsi Papua, di Kota Jayapura, Senin, (15/05).

Selain Puncak Jaya, juga turut diserahkan LHP dengan raihan WTP kepada Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayawijaya.

Dalam sambutanya Kepala Perwakilan BPK Prov Papua, Martuama Saragi  menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua kabupaten yang telah memperoleh predikat WTP dan mempertahankannya. 

Meski begitu, aku Martuama, memang masih ada beberapa catatan yang kedepannya harus diperbaiki antara lain; adanya beberapa daerah yang masih melakukan pembayaran gaji terhadap ASN yang sudah meninggal dunia, tingginya defisit anggaran dari beberapa pemerintah daerah, dan catatan lainnya. Atas permasalahan tersebut BPK meminta atau  merekomendasikan untuk segera  ditindaklanjuti sebagaimana termuat dalam LHP. 

Dari beberapa Laporan Hasil Pemeriksaan, dapat di simpulkan, bahwa penyusunan Laporan Keuangan Kabupaten Puncak Jaya TA 2022 telah sesuai dengan standar akutansi pemerintah berbasis aktual dan telah di ungkapkan secara memadai dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan secara material mempengaruhi opini atas laporan keuangan tersebut. 

Pj. Bupati Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos, M.AP saat dikonfirmasi via telepon mengaku bersyukur kepada Tuhan atas prestasi dan capaian sampai dengan saat ini bisa meraih WTP selama 4 tahun berturut.t

"Capaian ini bukan semata-mata keberhasilan pimpinan saja tetapi juga berkat kerja sama dan kerja keras semua OPD dan juga DPRD Kabupaten Puncak Jaya, serta tidak terlepas dari arahan dan bimbingan dari BPK itu sendiri," kata Tumiran. 

"Oleh karenanya pada kesempatan ini  kami mengucapkan banyak  terimakasih atas kerjasama dan kekompakan yang ditunjukkan oleh semua OPD di lingkup pemkab Puncak Jaya," sambungnya.**

 

 

 


BACA JUGA

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

21 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com