MENU TUTUP

Museum Bank Indonesia akan Hadir di Festival Kopi Papua 2023

Selasa, 01 Agustus 2023 | 20:12 WIB / Andi Riri
Museum Bank Indonesia akan Hadir di Festival Kopi Papua 2023 Remon Samara (tengah baju merah) selaku Ketua Tim BI Papua di ajang Festival Kopi 2023 saat memberikan keterangan pers di Jayapura, Selasa (01/08)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua kembali akan menggelar Festival Kopi Papua tahun 2023 pada 4 - 8 Agustus mendatang, bertempat di bekas Terminal PTC Entrop Kota Jayapura.

Menarik, karena berbeda dengan festival kopi di tahun tahun sebelumnya, festival kali ini Bank Indonesia mengundang pihak Museum Bank Indonesia yang akan hadir dengan berbagai koleksi mata uang dari masa ke masa, yang bisa dilihat secara langsung oleh pengunjung. Sekaligus juga diberikan edukasi tentang sejarah dunia perbankan di Indonesia.

"Festival Kopi tahun ini, ada yang spesial kita akan mengundang teman-teman dari Museum Bank Indonesia, sehingga masyarakat Kota Jayapura khususnya dan Papua pada umumnya, bisa mengetahui lebih dalam tentang sejarah Bank Indonesia, apa tugas bank Indonesia dan lain sebagainya," ungkap Remon Samara, selaku Kepala Tim Bank Indonesia Papua, didampingi Dandung Tri Marsetyo dan Ardiansyah Baskara, dalam keterangan pers di Jayapura, Selasa (01/08).

"Jadi masyarakat yang belum pernah ke Museum Uang Bank Indonesia, bisa datang ke Festival Kopi. Mereka (tim museum bank Indonesia) juga nantinya akan memberikan materi talkshow, mereka akan bercerita lebih komprehensif, bagaimana sejarah uang, sejarah bank Indonesia baik jaman sebelum kemerdekaan, jaman perjuangan sampai jaman setelah kemerdekaan," terangnya 

Penampilan spesial lainya di festival kopi yang ke-6 kalinya ini,  yaitu akan ada pesta kembang api serta kompetisi E-sport (mobile legend dan PUBG).

Dibuka Deputi Gubernur Senior BI

Selain itu, festival kopi kali ini akan dibuka secara resmi oleh salah satu Dewan Gubernur Bank Indonesia yakni Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.

"Beliau akan akan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Acara ini juga akan dihadiri oleh Plh Gubernur Papua bersama jajaran Forkopimda Papua, Kepala BI Papua, pimpinan instansi vertikal dan perbankan" sebut Remon.

Kegiatan festival kopi 2023 yang dirangkaikan dengan peringatan Hut ke-78 Kemerdekaan RI mengusung tema "Mendunia dari Bumi Papua".

Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat komoditas unggulan utama di Papua yaitu kopi. "Kopi di Papua memiliki kualitas premium dengan cita rasa yang unik. Oleh karena itu kami Bank Indonesia berharap agar kopi bisa menjadi salah satu komoditas unggulan dari Papua yang berpotensi untuk ekspor dunia. Ini sejalan dengan tema kita Mendunia dari Bumi Papua," kata Remon.

Ia menjelaskan, Festival Kopi merupakan agenda rutin tahunan Bank Indonesia yang dimulai sejak 2018 lalu.

Hadirkan 37 UMKM

Di tahun ini sebanyak 37 UMKM akan tampil terdiri dari 19 UMKM sektor kopi, 3 UMKM sektor kerajinan, 14 UMKM sektor makanan dan minuman serta 1 UMKM sektor fesyen.

Festival kopi kali ini juga akan ada kompetisi kopi dimana akan menghadirkan juri tingkat nasional. Ada talk show seputar kopi dan sosialisasi QRIS.

Acara festival semakin semarak dengan penampilan para penyanyi baik lokal Papua maupun nasional, yang akan menghibur pengunjung dalam festival musik, seperti kehadiran penyanyi Wizz Baker, Sonya Bara, Dorkas, M.A.C, Epo D Fenomeno,Omcon SB dan RD, Immanuel Waromi, Just Aldrin  ft.Toton Karibo, Kristo Pizzaro, dan Edgar Aronggear.

Serta doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. Untuk mendapatkan kupon doorprize  setiap pengujung harus berbelanja menggunakan QRIS.**


BACA JUGA

Resmi Jabat Kepala Perwakilan BI Papua, Faturachman Siap Lanjutkan Tugas dan Raih Prestasi

Jumat, 19 Januari 2024 | 20:56 WIB

Pertumbuhan Ekonomi di Papua 2024 Diperkirakan Capai 5,25 Hingga 6,25 Persen

Rabu, 17 Januari 2024 | 18:53 WIB

Sosialisasi Penggunaan Non Tunai di Papua Berhasil, Terbukti dengan Transaksi QRIS Tumbuh Signifikan

Kamis, 14 Desember 2023 | 15:28 WIB

Momen Nataru, BI Papua Siapkan Uang Tunai Rp4,7 Triliun, Imbau Masyarakat Belanja Non Tunai

Sabtu, 09 Desember 2023 | 17:46 WIB

Laju Inflasi 2023 Papua Melandai Berkat Sinergitas Program TPID dengan Berbagai Pihak

Rabu, 06 Desember 2023 | 17:02 WIB
TERKINI

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Kendaraan Dinas Operasional Satpol PP

1 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

3 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

5 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

5 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com