MENU TUTUP
Pemprov PB Menang Dua Gugatan di PTUN Jayapura

Menggugat Gubernur Papua Barat, Mantan Kepala Inspektorat Kalah di PTUN

Kamis, 24 Agustus 2023 | 16:02 WIB / Cholid
Menggugat Gubernur Papua Barat, Mantan Kepala Inspektorat Kalah di PTUN Heryanto. SH/Roberth

JAYAPURA ,wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw akhirnya memenangkan sidang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura atas gugatan yang diajukan eks Kepala Inspektorat Papua Barat, Sugiyono, Kamis (24/8/2023). Adapun keterangan dalam klarifikasi perkara gugatan Sugiyono berkaitan dengan perkara kepegawaian.

Di mana Sugiyono sebelumnya merasa keberatan atas pencopotan dirinya dari jabatan Inspektur Papua Barat pada 31 Maret 2023 lalu.

Sementara itu situs resmi pengadilan menjelaskan bahwa gugatan Sugiyono terdaftar di PTUN Jayapura Papua pada 2 Mei 2023 dengan nomor perkara: 11/G/2023/PTUN JPR.

Kuasa Hukum Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, Heryanto, SH mengatakan hasil sidang di PTUN Hakim Ketua Jusak Sinda SH, memutuskan gugatan penggugat tidak diterima.

Baca juga:  

https://www.wartaplus.com/read/16946/Kuasa-Hukum-PJ-Gubernur-Papua-Barat-Selamatkan-Uang-Negara-Rp-30-Miliar

“Puji Tuhan, bapak PJ Gubernur menang atas gugatan yang diajukan oleh eks Kepala Inspektorat,” jelasnya Heryanto yang juga pendiri Firma Hukum Harpa Lowfirm. Ia pun selalu dimotivasi oleh Gubernur Waterpauw agar jangan menyerah sebelum bertanding.

Dia pun menyebutkan penghentian Kepala Inspektorat sudah sesuai mekanisme, termasuk ini sudah berkoordinasi dengan Kementrian Dalam Negeri, dan sudah mendapat persetujuan.

Selain perkara kepegawaian, kata kuasa hukum Gubernur Papua Barat pun memenangkan sidang terkait perkara terkait gugatan penempatan hak ulayat warga transmigrasi atas berdirinya Balai Benih Induk Padi Holtikultura dan Palawija Mansi (BBI-Mansi) "Kami menang, dan ini menjadi catatan sejarah Pemprov PB menang dari sekian banyak gugatan yang diajukan,"jelasnya.

Lanjut katanya, saat ini masih ada satu sidang di PTUN yang dijalani yakni gugatan Origenes Ijie"Sekarang sudah masuk dalam tahap jawaban gugatan," terangnya.

Terkait kemenangan dua gugatan, dirinya pun sangat bersyukur, karena sejauh ini Pemproy Papua Barat kerap mengalami kekalahan. “Tadi sudah lapor Pak Gubernur dan responnya memberikan apresiasi, karena ini catatan sejarah,” akunya.

Sebelumnya Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menyatakan tidak terkejut jika digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura, di Papua. “Silakan saja, itu biasa bagi pihak yang tidak puas dengan mekanisme birokrasi,” ujar Paulus Waterpauw, pada Rabu (10/5/2023).

Dikatakannya, ada proses yang melatarbelakangi rotasi hingga pergantian posisi di lingkungan pemerintah. “Kenapa harus kita ubah posisi atau ganti jabatan, itu ada proses yang harus kita ikuti, bukan asal-asalan,”singkat Gubernur Waterpauw.

Sedangkan terkait dengan gugatan hak ulayat, menurut Mantan Jenderal bintang tiga di institusi Kepolisian itu sebagai bentuk pembelajaran agar kas negara tidak salah digunakan untuk menyelesaikan suatu perkara apa lagi pembayaran hak ulayat.*


BACA JUGA

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

Minggu, 28 April 2024 | 03:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Anak Asli Papua Terbaik Bisa Maju Sebagai Cagub

Senin, 22 April 2024 | 20:18 WIB

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Jumat, 19 April 2024 | 17:51 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

11 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

12 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

12 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com