MENU TUTUP

Roma Megawanty :Pemenuhan Pangan Adalah Komponen Dasar SDM 

Selasa, 22 Agustus 2023 | 14:15 WIB / Cholid
Roma Megawanty :Pemenuhan Pangan Adalah Komponen Dasar SDM  Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Ny. Roma Megawanti Waterpauw, S.Kom, M.Si/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Povinsi Papua Barat, Ny. Roma Megawanty, P. S.Kom, M.Si, berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Manokwari menyelenggarakan  lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA ) serta lomba yospan dan wayase dalam rangka HUT RI ke-78 tahun. Pada Selasa ( 22/08/2023 ).

Dalam sambutannyan, Ny. Roma Megawanty mengatakan, pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia ( SDM ) yang berkualitas. Sebagaimana ditunjukan dengan keberagaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan serhari-hari. Kampanye program diversifikasi pangan dan pangan lokal, konsumsi pangan B2SA serta gemar makan ikan dan sumber protein lainnya, menjadi program prioritas hasil rakernas PKK ke sembilan tahun 2021 yang harus dilalukan oleh TP PKK di semua jenjang.

"Kenapa hal ini perlu untuk kita lakukan, kita masyarakat yang tinggal di kota diperhadapkan dengan fakta bahwa makanan cepat saji menjadi gaya hidup masyarakat. Para orang tua karena kesibukan tertentu sering menyediakan makanan cepat saji kepada anak-anak, akhirnya mereka menjadi ketergantungan. Ini menjadi tantangan bagi kita bersama. Makanan cepat saji bisa kita dapat dengan mudah, murah, cepat dan dengan penampilan yang menarik tapi belum tentu menenuhi gizi yang dibutuhkan," ungkapnya. 

"Untuk itu dari tempat ini saya mengajak kita semuanya terutama para kader PKK, untuk giat berkreatifitas olahan pangan lokal, sehinga secara tampilan dan rasa tidak kalah dengan makanan cepat saji dan juga gizinya cukup untuk memenuhi kebutuhan kita semua,"tambahnya.

Sementara itu Ketua TP PKK kabupaten Manokwari, Ny. Febilina Indou. Dalam laporannya sebagai ketua panitia mengatakan, guna meningkatkan semangat TP PKK baik di tingkat kabupaten hingga tingkat kampung lebih berkreatif dalam menyemarakan HUT RI ke-78 tahun 2023. 

"Salah satu tujuan dilakasanakan kegiatan lomba b2sa, lomba Yospan dan lomba Wayase saat ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman bagi keluarga,"ungkap Ny. Febelina Indou. 

Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP, M.H, berharap, lomba cipta menu B2SA dapat menawarkan hal-hal positif yang dapat disosialisasikan sampai kepada setiap rumah tangga, agar dapat memperbaiki pola konsumsi setiap rumah tangga yang dapat pula memperbaiki kualitas SDM.  

"Ini menjadi penting, karena pembangunan di kabupaten Manokwari harus kita selenggaraan dalam semua aspek pembangunan. Lomba cipta menu hari ini, mengembalikan rasa cinta kita kepada menu-menu khas daerah. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa hampir akhir-akhir ini telah terjadi pergesesan pola makan kita, hampir kita lebih banyak mengkonsumsi nasi dan pola makan lainnya,"ungkap Bupati Hermus Indou. 

Lomba diikuti 11 kelompok peserta, berasal dari enam kelurahan dan empat kampung se-distrik Manokwari Barat. Sementara lomba wayase dan yospan diikuti masing-masing oleh 11 peserta. 

Turut hadir mendampingi Pj. Ketua TP PKK  Papua Barat, Kepala Dinas Pariwisata, Neles Dowansiba, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Legius Wanimbo, S.Pt.


BACA JUGA

Anak Asli Papua Terbaik Bisa Maju Sebagai Cagub

Senin, 22 April 2024 | 20:18 WIB

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Jumat, 19 April 2024 | 17:51 WIB

Ratusan ASN Pemprov Papua Berunjuk Rasa Tuntut Penjabat Gubernur dan Penjabat Sekda Papua Dicopot

Selasa, 26 Maret 2024 | 00:47 WIB

Kapolda Papua Masih Malu-Malu Mengakui Dirinya Kandidat Calon Gubernur Papua

Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:47 WIB

Calon Gubernur Papua Harus Sosok Yang Peka Terhadap Kondisi Masyarakat Baik Ekonomi Hingga Sosial

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:10 WIB
TERKINI

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

9 Jam yang lalu

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

9 Jam yang lalu

Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

10 Jam yang lalu

Perempuan Tangguh di Garda Terdepan Pertambangan PTFI

13 Jam yang lalu

Seorang Warga Meninggal Dunia saat Bantu Evakuasi Kapal Karam di Perairan Sarmi

16 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com