MENU TUTUP

Roma Megawanty :Pemenuhan Pangan Adalah Komponen Dasar SDM 

Selasa, 22 Agustus 2023 | 14:15 WIB / Cholid
Roma Megawanty :Pemenuhan Pangan Adalah Komponen Dasar SDM  Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Ny. Roma Megawanti Waterpauw, S.Kom, M.Si/Istimewa

MANOKWARI,wartaplus.com - Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Povinsi Papua Barat, Ny. Roma Megawanty, P. S.Kom, M.Si, berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Manokwari menyelenggarakan  lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA ) serta lomba yospan dan wayase dalam rangka HUT RI ke-78 tahun. Pada Selasa ( 22/08/2023 ).

Dalam sambutannyan, Ny. Roma Megawanty mengatakan, pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia ( SDM ) yang berkualitas. Sebagaimana ditunjukan dengan keberagaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan serhari-hari. Kampanye program diversifikasi pangan dan pangan lokal, konsumsi pangan B2SA serta gemar makan ikan dan sumber protein lainnya, menjadi program prioritas hasil rakernas PKK ke sembilan tahun 2021 yang harus dilalukan oleh TP PKK di semua jenjang.

"Kenapa hal ini perlu untuk kita lakukan, kita masyarakat yang tinggal di kota diperhadapkan dengan fakta bahwa makanan cepat saji menjadi gaya hidup masyarakat. Para orang tua karena kesibukan tertentu sering menyediakan makanan cepat saji kepada anak-anak, akhirnya mereka menjadi ketergantungan. Ini menjadi tantangan bagi kita bersama. Makanan cepat saji bisa kita dapat dengan mudah, murah, cepat dan dengan penampilan yang menarik tapi belum tentu menenuhi gizi yang dibutuhkan," ungkapnya. 

"Untuk itu dari tempat ini saya mengajak kita semuanya terutama para kader PKK, untuk giat berkreatifitas olahan pangan lokal, sehinga secara tampilan dan rasa tidak kalah dengan makanan cepat saji dan juga gizinya cukup untuk memenuhi kebutuhan kita semua,"tambahnya.

Sementara itu Ketua TP PKK kabupaten Manokwari, Ny. Febilina Indou. Dalam laporannya sebagai ketua panitia mengatakan, guna meningkatkan semangat TP PKK baik di tingkat kabupaten hingga tingkat kampung lebih berkreatif dalam menyemarakan HUT RI ke-78 tahun 2023. 

"Salah satu tujuan dilakasanakan kegiatan lomba b2sa, lomba Yospan dan lomba Wayase saat ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman bagi keluarga,"ungkap Ny. Febelina Indou. 

Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP, M.H, berharap, lomba cipta menu B2SA dapat menawarkan hal-hal positif yang dapat disosialisasikan sampai kepada setiap rumah tangga, agar dapat memperbaiki pola konsumsi setiap rumah tangga yang dapat pula memperbaiki kualitas SDM.  

"Ini menjadi penting, karena pembangunan di kabupaten Manokwari harus kita selenggaraan dalam semua aspek pembangunan. Lomba cipta menu hari ini, mengembalikan rasa cinta kita kepada menu-menu khas daerah. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa hampir akhir-akhir ini telah terjadi pergesesan pola makan kita, hampir kita lebih banyak mengkonsumsi nasi dan pola makan lainnya,"ungkap Bupati Hermus Indou. 

Lomba diikuti 11 kelompok peserta, berasal dari enam kelurahan dan empat kampung se-distrik Manokwari Barat. Sementara lomba wayase dan yospan diikuti masing-masing oleh 11 peserta. 

Turut hadir mendampingi Pj. Ketua TP PKK  Papua Barat, Kepala Dinas Pariwisata, Neles Dowansiba, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Legius Wanimbo, S.Pt.


BACA JUGA

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

Minggu, 28 April 2024 | 03:18 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

Kamis, 25 April 2024 | 14:44 WIB

Anak Asli Papua Terbaik Bisa Maju Sebagai Cagub

Senin, 22 April 2024 | 20:18 WIB

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

Jumat, 19 April 2024 | 17:51 WIB
TERKINI

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

11 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

12 Jam yang lalu

Menaker Apresiasi PKB Manajemen dan Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia

12 Jam yang lalu

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com