MENU TUTUP

Jadi Caleg DPD RI Papua Tengah, Ini Visi dan Misi Yorrys Raweyai

Kamis, 14 Desember 2023 | 08:03 WIB / Cholid
Jadi Caleg DPD RI Papua Tengah, Ini Visi dan Misi Yorrys Raweyai Yorrys Raweyai/Roberth

JAYAPURA,wartaplus.com- Jelang kontestasi Pemilu 2024, Anggota DPD RI dari Dapil Papua, Yorrys Raweyai, melakukan serangkaian kunjungan dan kegiatan di Jayapura, Papua. Selain memperoleh informasi tentang kondisi keamanan dan dinamika sosial-politik di Bumi Cendrawasih, Yorrys juga menyempatkan untuk menyampaikan visi dan misi terkait keikutsertaannya kembali sebagai Calon Anggota DPD RI dari Dapil Papua Tengah.

"Setelah menjabat sebagai Anggota DPD RI pada periode 2019-2024, saya kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI periode 2024-2029. Kali ini melalui Dapil Papua Tengah", tutut Yorrys di hadapan awak media di Abepura, Jayapura (13/12).

Ketua Komite II DPD RI itu juga menjelaskan tentang visi dan misi yang ia ajukan dalam pencalonan tersebut. Akses Pendidikan dan Kesehatan yang terjangkau merupakan fokus utama yang akan ia perjuangkan.

"Melalui pergumulan panjang selama menjabat sebagai Anggota DPD RI, saya memfokuskan kinerja ke depan untuk memastikan masyarakat Papua memperoleh kemudahan dalam pendidikan dan kesehatan", tegas Yorrys.

Menurut Putra Papua kelahiran Serui itu, visi dan misi yang ia ajukan tersebut sama sekali tidaklah muluk-muluk. Undang-Undang Otonomi Khusus Jilid II telah mengamanatkan alokasi anggaran yang sangat besar bagi pendidikan dan kesehatan. Alokasi pendidikan mencapai 30% dan kesehatan sebesar 20% yang bersumber dari dana Otonomi Khusus. Selain itu, dana bagi hasil minyak bumi dan gas alam juga mengalokasikan anggaran 35% bagi pendidikan, dan 25% bagi kesehatan.

Dalam kunjungan kali ini, Ketua MPR for Papua itu juga menyempatkan diri bertemu dengan beberapa elemen pemerintahan daerah. Mulai dari Kapolda Papua, Pangdam XVII Cendrawasih, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan dan Pimpinan DPRP. Yorrys juga menemui berbagai elemen mahasiswa Papua Tengah yang sedang menimba ilmu di Jayapura.

"Saya sedang memetakan berbagai persoalan di Papua, khususnya dalam rangka mengakselerasi visi dan misi tentang Pendidikan dan Kesehatan. Masa depan generasi emas Papua harus didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni. Jaminan pendidikan dan kesehatan, serta kesejahteraan masyarakat Papua adalah keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar", tegas Yorrys.

Yorrys juga memaparkan alasannya memilih Papua Tengah sebagai tempat pelabuhan lanjutan untuk mengabdi. Papua Tengah merupakan wilayah yang sedang berupaya mengembangkan diri. Kondisi geografis dan demografis yang cukup menantang akan memberi pengalaman tersendiri bagi kelanjutan karirnya sebagai wakil rakyat.

"Jika masyarakat Papua Tengah memberikan kepercayaan kepada saya untuk kembali menjabat sebagai Anggota DPD RI, saya akan menjadikan wilayah ini menjadi _pilot project_ bagi akses pendidikan dan kesehatan yang terjangkau. Saya akan mengumpulkan seluruh elemen pengambil kebijakan yang terdiri dari DPR, DPD, DPRP dan DPRK serta Pemda untuk menyatukan visi dan misi tersebut",ujar Yorrys.*


BACA JUGA

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jumat, 26 April 2024 | 08:47 WIB

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

Kamis, 25 April 2024 | 15:02 WIB

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

Selasa, 23 April 2024 | 13:54 WIB

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

Selasa, 23 April 2024 | 13:23 WIB

Pj Gubernur Papua Tengah Sampaikan Duka Cita Mendalam Meninggalnya Danramil Aradide, Letda Oktovianus Sogalrey

Jumat, 12 April 2024 | 15:26 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

1 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

13 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com