MENU TUTUP

Kodam Cenderawasih Gelar Aksi Penanaman Pohon Kelapa dan Bersih Sampah di Pantai Holtekamp Jayapura

Kamis, 25 Januari 2024 | 18:31 WIB / Andi Riri
Kodam Cenderawasih Gelar Aksi Penanaman Pohon Kelapa dan Bersih Sampah di Pantai Holtekamp Jayapura Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D.Fachiri melakukan aksi bersih pantai dan penanaman pohon kelapa di sepanjang pantai holtekamp Jayapura, Kamis (25/01/2024)pagi/Pendam17

JAYAPURA, wartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan dan Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri memimpin aksi karya bakti pembersihan sampah dan penanaman pohon kelapa di sepanjang pantai Holtekamp dan pantai Hamadi, Kota Jayapura, Kamis (25/01/2024) pagi. Kegiatan karya bakti ini mengusung tema "TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI".

Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam siaran persnya mengatakan, kegiatan karya bakti ini selain melibatkan para prajurit TNI Polri, juga ASN, Pelajar, para Tokoh, ormas dan ibu ibu pengurus Persit KCK PD XVII/Cenderawasih.

Candra mengatakan, dalam karya bakti ini terlihat semangat dan antusias dari semua yang hadir untuk melakukan bersih-bersih pantai, maupun saat penanaman pohon.

"Ini juga menunjukkan bahwa Kodam XVII/Cen sebagai penyelenggara sangat peduli terhadap lingkungan dan kondisi sosial kemasyarakatan," kata Candra.

Dalam sambutannya, Pangdam Mayjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan karya bakti ini.

"Terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya, karena menunjukkan kepedulian dan partisipasi aktif terhadap pembangunan di Papua khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan," ucapnya.

Pangdam berharap kegiatan seperti ini dapat terus digalakkan secara masif dan berkelanjutan.

"Karya bakti pembersihan sampah sepanjang pantai Holtekamp ini bertujuan untuk menjaga pantai agar tidak tercemar oleh sampah plastik yang sangat berbahaya, karena butiran-butiran kecil dari elemen plastik yang dikenal dengan sebutan mikroplastik dapat terakumulasi dalam tubuh organisme laut, sehingga dapat mencemari lingkungan maupun mengancam kesehatan manusia," ungkap Pangdam Izak.

Lanjut katanya, penanaman pohon ini juga bertujuan untuk menahan abrasi dan gelombang pasang serta mengurangi dampak pemanasan global maupun bencana lainnya.

Pangdam berharap sepanjang pantai Holtekamp menjadi bersih dan pohon yang  ditanam dapat tumbuh besar menjadi tanggul alami, bahkan penambah pesona keindahan alam yang sehat, sejuk dan nyaman.

"Semua yang kita lakukan ini, merupakan bentuk kecintaan serta komitmen bersama dalam menjaga kelestarian alam di Tanah Papua," ucapnya.

"Inilah wujud implementasi Kodam XVII/ Cenderawasih bersama masyarakat bersatu dengan alam untuk NKRI, mari kita jadikan momentum yang baik ini sebagai edukasi untuk menumbuhkan kesadaran diri tentang arti pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan, untuk saat ini maupun di masa mendatang,"ajaknya.

Pangdam juga mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dalam upaya mengatasi permasalahan sampah, mencegah bencana sekaligus meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Papua dengan harapan tanah Papua semakin lestari, hijau dan maju dengan segala keanekaragamannya.**


BACA JUGA

Kodam XVII/Cenderawasih Kini Memiliki Pusat Jajanan Serba Ada

Selasa, 30 Januari 2024 | 09:29 WIB

Ny.Ziska Saleh Mustafa Berharap UMKM Bang Pace Terus Dikembangkan Sebagai Pusat Ole ole Papua

Senin, 13 Maret 2023 | 12:07 WIB

Ini Fakta-Fakta yang Ditemukan Tim Investigasi di Lokasi Penembakan Lima Warga di Asmat

Rabu, 29 Mei 2019 | 19:33 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com