MENU TUTUP

Ikut Inacraft Bagian Perkenalan Budaya Papua Pegunungan

Sabtu, 02 Maret 2024 | 07:02 WIB / Adm
Ikut Inacraft Bagian Perkenalan Budaya Papua Pegunungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat menginjungi stand milik Papua Pegunungan, di pameran Inacraft, Kamis (28/2). (ANTARA/HO- HUMAS Pemprov Papua Pegunungan)

JAYAPURA,wartaplus.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai mengatakan keikutsertaan dalam pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 yang berlangsung hingga 3 Maret di Jakarta merupakan bagian dari upaya memperkenalkan budaya dan kerajinan Tanah Papua. "Papua memiliki karakteristik memang berbasis lokal seperti noken, koteka, dan berbagai kerajinan tangan lainnya yang memiliki ciri khas Papua Pegunungan, sehingga perlu adanya kegiatan seperti ini," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Jumat. 

 Hal itu, lanjutnya, juga menjadi salah satu upaya pengembangan dan perluasan pasar kerajinan dan ekonomi kreatif di Papua Pegunungan.

 "Apalagi ke depan ada pengembangan pariwisata berbasis komunitas atau community best tourism karena ada potensi-potensi pada setiap kampung yang bisa juga dijadikan sebuah destinasi, sehingga bukan hanya karya saja, namun menjadi objek wisata," ujarnya.

 Pihaknya memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) yang terus berkolaborasi dengan pemerintah setempat sehingga para perajin noken dapat memamerkan hasilnya pada pergelaran Inacraft 2024 di Jakarta.

 "Kehadiran Papua Pegunungan di Inacraft pertama kali, sehingga menjadi bagian untuk promosi di tingkat nasional dan dari enam provinsi di Tanah Papua kami hanya satu-satunya yang tampil dalam pameran Inacraft tersebut," katanya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Presiden dan Ibu Negara yang telah mengunjungi stan Papua Pegunungan sehingga itu menjadi kekuatan bagi para perajin.*


BACA JUGA

Kolaborasi Pemprov Papua dan Papua Pegunungan Kembangkan Seni Budaya dan UMKM di Anjungan TMII

Senin, 04 Maret 2024 | 08:16 WIB

Dukung Kopi Wamena Mendunia, BI Papua Serahkan Bantuan Alat Produksi untuk UMKM Binaan

Kamis, 29 Februari 2024 | 18:37 WIB

Pemprov Papua Pegunungan Salurkan Bantuan Pangan Untuk Masyarakat di 8 Kabupaten

Sabtu, 24 Februari 2024 | 09:28 WIB

Penembakan OTK di Yahukimo, Dua Anggota TNI dan Satu Warga Terluka

Selasa, 06 Februari 2024 | 16:48 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

3 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

14 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com