MENU TUTUP

Distrik Samofa Papua Masuk Tempat Penanganan Stunting Anak Pada 2024

Minggu, 28 April 2024 | 12:26 WIB / Adm
Distrik Samofa Papua Masuk Tempat Penanganan Stunting Anak Pada 2024 Bunda PAUD Biak Numfor Papua Ruth Naomi Naap Rumkabu saat memberikan makanan tambahan sehat untuk anak PAUD dalam rangka pencegahan stunting anak Biak. ANTARA/Muhsidin

BIAK,wartaplus.com - Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor Papua masuk daerah yang menjadi tempat (locus) penanganan stunting anak tim Satuan Tugas Penanganan stunting daerah setempat pada tahun 2024.

"Distrik Samofa jadi target penanganan stunting anak karena setiap kampung dan kelurahan ada kasus anak stunting," kata Tenaga Ahli Satgas Stunting Biak Numfor Obeth Rumar di Biak, Minggu.

Ia mengajak pemerintah kampung dan kelurahan hingga kepala distrik harus berkolaborasi untuk dapat menurunkan stunting anak menjadi nol kasus pada 2024.

Diakuinya, sesuai dengan prioritas tempat penanganan stunting pada 2024, selain Distrik Samofa yakni Distrik Aimando, Padaido, Numfor Barat, dan Distrik Poiru. Obeth mengharapkan para kepala kampung dapat melakukan intervensi penanganan stunting dengan dana desa tahun 2024.

Penggunaan dana desa untuk penanganan stunting, katanya, sudah diatur dalam Peraturan Menteri Desa No. 11 tahun 2017. "Pemkab Biak Numfor menargetkan stunting nol kasus," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Kelurahan Samofa Sofyan Korwa mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya pengurangan stunting anak dengan menggalakkan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak melalui Puskesmas Sumberker.

"Penanganan dan pencegahan stunting menjadi program strategis nasional, ya kelurahan Samofa sudah melakukan terobosan penanganan stunting," katanya.

Dia mengakui di wilayah Kelurahan Samofa ada empat anak stunting yang saat ini sedang dalam penanganan Satgas terpadu pencegahan stunting Kabupaten Biak Numfor.

Berdasarkan data hingga akhir Desember 2023, kasus stunting anak di Kabupaten Biak Numfor sebesar 6,11 persen dari 480 anak stunting, dan jumlah ini terendah di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua. (Antara)
 


BACA JUGA

Festival Budaya Biak 2024 Lestarikan Keaslian Seni Budaya Suku Biak

Minggu, 28 April 2024 | 12:05 WIB

Mama Papua Manfaatkan Keterampilan Membuat Ketupat Tambah Pendapatan

Rabu, 10 April 2024 | 12:44 WIB

Diseminasi Standar Norma dan Pengaturan Hak Asasi Manusia di Biak

Selasa, 26 Maret 2024 | 13:24 WIB

Kabupaten Biak Numfor Resmi Dipimpin Seorang Perempuan, Meski Jabatannya Cuma Setahun

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:46 WIB
TERKINI

Silaturahmi Bersama Jurnalis Jayapura , Satgas Humas DC- 2024 Berharap Satu Persepsi dalam Pemberitaan

3 Jam yang lalu

Berikan Kenyamanan Bagi Jemaah Haji, Telkomsel Hadirkan Ragam Produk dan Layanan Unggulan

1 Hari yang lalu

Penutupan Musrembang RPJD Papua Tengah, Hasilkan Visi Adil, Berdaya Saing Maju dan Berkelanjutan

1 Hari yang lalu

163 Pelajar Ikut Seleksi Tim Paskibraka 2024 Provinsi Papua Tengah

1 Hari yang lalu

BI Papua akan gelar Festival Cenderawasih, Diharapkan dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com