MENU TUTUP

Tuntaskan 100 Persen Dana Hibah Pemilukada, Pemprov Papua Tengah Diberi Penghargaan Kemendagri

Rabu, 17 Juli 2024 | 08:53 WIB / Andi Riri
Tuntaskan 100 Persen Dana Hibah Pemilukada, Pemprov Papua Tengah Diberi Penghargaan Kemendagri Plh Dirjen Bina Keuda Kemendari Horas Maurits Panjaitan menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan Pemprov Papua Tengah/Humas Papua Tengah

JAKARTA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua Tengah kembali diberikan penghargaan dari pemerintah pusat atas keberhasilan kinerjanya.

Kali ini, Pemprov Papua Tengah didapuk penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas komitmennya menyukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024. Penghargaan diberikan Direktorat Jendral (Dirjen) Bina Keuda Kementrian Dalan Negri RI, Jakarta, pada Selasa (16/07/2024).

Penghargaan ini diberikan kepada Provinsi Papua Tengah, sebagai daerah yang telah menyalurkan pembiayaan 100 persen kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI dan Polri.

Pelaksana Harian (Plh). Dirjen Bina Keuda Kemendari Horas Maurits Panjaitan menegaskan pentingnya gelora Pemilukada serentak ini. Menurutnya, kegiatan strategis ini harus dipastikan penyediaan pendanaannya, hal ini sebagai amanat Pasal 166 ayat 1 UU No 10 tahun 2016 bahwa seluruh pembiayaan Pemilukada bersumber dari APBD.

“Dalam kesempatan ini, kami juga mengapresiasi kepada Pemda yang telah menyalurkan 100 persen baik kepada KPUD, Bawaslu, maupun TNI/Polri, bahkan daerah-daerah ini akan kita berikan di wilayah Jawa dan Sumatera, ada lima Pemda, penghargaan berupa piagam," ungkap Maurits.

Menurut ia, penghargaan diberikan sebagai salah satu komitmen dan juga penghargaan dalam merealisasikan ketentuan perundang-undangan secara tepat waktu.


 
Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Pilkada akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) dan stakeholder terkait memiliki peran penting juga strategis dalam menyukseskan pesta demokrasi.
 
"Tentunya di daerah kami berharap  dapat berjalan lancar Pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil tambahkan satu lagi adalah stabilitas keamanannya terjamin,” tegasnya.
 
Tak hanya itu, Maurits juga memberikan atensi terkait daerah yang masih belum menyalurkan keseluruhan pendanaan Pilkada, agar segera menyalurkan dana tersebut. Hal ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan Pilkada dapat terjamin pelaksanaannya.
 
"Kami mohon Pemerintah Daerah berkomitmen, menyamakan persepsi, menciptakan stabilitas politik yang kondusif, memberikan dukungan kepada penyelenggara dan pihak keamanan menciptakan rasa aman bagi masyarakat, serta meningkatkan partisipasi masyarakat, demi kelancaran penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di seluruh Pemerintah Daerah," pinta Maurits.


 
Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM mengungkapkan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan Kemendagri kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

“Ini sebuah capaian yang baik buat kami, walau kami merupakan daerah DOB, namun dalam menjalankan pemerintahan, kami dapat mengimbangi daerah lain. Tentu ini juga dapat kami raih, berkat tuntunan dan arahan dari Pak Mendagri kepada kami, salah satunya dengan memberikan 12 roadmap sebagai pegawangan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab,” jelasnya, Rabu (17/07/2024).

Selain itu, Ribka Haluk merasa penghargaan ini juga dapat diraih berkat kerja sama yang baik pemerintah daerah 8 kabupaten di Papua Tengah, yang menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan Pemilukada 2024. Penghargaan ini akan dijadikan semangat seluruh jajarannya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab, terlebih dalam mensukseskan Pemilukada.

“Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi dan 8 Kabupaten di Papua Tengah siap mensukseskan Pemilukada 2024 dengan baik. Tidak ada alasan bagi kami mengatakan Pemilukada tidak berjalan dengan lancar,” lugasnya.(adv)


BACA JUGA

Ribka Haluk Sampaikan Duka Cita Berpulangnya Cawagub Papua Tengah, Ausilius You

Kamis, 17 Oktober 2024 | 07:01 WIB

Pemilukada Papua Tengah, Brigjen TNI Frits Wilem Rizard: Papua Tengah Memerlukan Pendekatan Komprehensif

Selasa, 15 Oktober 2024 | 11:08 WIB

Digadang Bakal jadi Menteri Prabowo, Ini Profil Ribka Haluk

Senin, 14 Oktober 2024 | 20:02 WIB

Freeport Indonesia Raih Dua Penghargaan Subroto Award 2024, Claus Wamafma: Sebuah Kehormatan

Jumat, 11 Oktober 2024 | 20:32 WIB

Pj Gubernur Ribka Haluk Hadiri Indonesia-Australia Economic Powerhouse Business Forum di Melbourne

Jumat, 11 Oktober 2024 | 06:47 WIB
TERKINI
.

Pemkab Jayapura Minta 139 Kepala Kampung Jadi Pelopor Kamtibmas

2 Jam yang lalu

Nikson Hesegem: Mari Kita Implementasikan Papua Tanah Damai di Pilkada 2024

3 Jam yang lalu

Resmikan Posko Relawan RHP, Mari-Yo Promosikan Kartu Mace Kasih Jalan

3 Jam yang lalu

PSBS Biak vs Semen Padang : Dua Pelatih Incar Kemenangan Perdana di Liga 1

6 Jam yang lalu

Kantor Staf Presiden: Prabowo-Gibran Beri Perhatian ke Indonesia Timur

23 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com