MENU TUTUP

Rakerkesda ke II Tahun 2024 Provinsi Papua Tengah, Menkes: Utamakan Aksi Promotif dan Preventif

Kamis, 19 September 2024 | 06:18 WIB / Andi Riri
Rakerkesda ke II Tahun 2024 Provinsi Papua Tengah, Menkes: Utamakan Aksi Promotif dan Preventif Menteri Kesehatan Budi Gunadi didampingi Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk saat membuka Rakerkesda ke-II tahun 2024 di Timika/Humas Papua Tengah

TIMIKA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua Tengah menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) ke II Tahun 2024 di Ballroom Swissbel Hotel Timika, Mimika, pada Rabu (18/09/2024).

Kegiatan yang juga sebagai program inovasi penurunan malaria bertajuk ‘Tempo Kas Tuntas’ ini dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin, didampingi Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk dan Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah, dr. Silwanus A. Sumule,

"Saya mengucapkan selamat datang di Timika Provinsi Papua Tengah, kepada bapak Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, beserta jajaran. Kehadiran bapak di tengah-tengah kami hari ini membawa semangat baru dan energi positif bagi seluruh masyarakat serta insan kesehatan di provinsi ini," ujar Pj Gubernur Ribka Haluk dalam sambutannya.

Menurutnya Rakerkesda ini merupakan forum strategis untuk merumuskan kebijakan dan langkah-langkah Kongkret guna mencapai pembangunan kesehatan yang lebih baik di Provinsi Papua Tengah.

"Tahun ini, tema yang diangkat adalah 'Aksi Bersama Untuk Provinsi Papua Tengah Sehat Strategi Efektif Percepatan Penurunan Stunting, Eliminasi Malaria dan Peningkatan Aksesibilitas Layanan Kesehatan'. Tema ini sangat relevan dan tepat dalam konteks tantangan kesehatan yang kita hadapi saat ini," ungkapnya.

Mama Ribka Haluk menjelaskan, persoalan stunting, malaria serta aksesibilitas layanan kesehatan masih menjadi tantangan dan masalah yang harus atasi karena dari data terbaru, prevalensi stunting di Papua Tengah, masih berada pada angka yang cukup tinggi, dan hal ini disebut memerlukan upaya intensif untuk menurunkannya.

Selain itu, sebagai wilayah endemic malaria, Papua Tengah masih perlu melakukan langkah-langkah terukur untuk mengeliminasi penyakit ini sehingga kualitas hidup masyarakat bisa jauh lebih baik.

"Upaya kita untuk mengurangi angka stunting harus dimulai dari peningkatan gizi ibu hamil, kesehatan balita, serta edukasi kepada masyarakat. Selain stunting, eliminasi malaria juga menjadi focus kita. Papua tengah termasuk salah satu wilayah dengan kasus malaria yang masih tinggi, dan ini memerlukan upaya kolaboratif antara pemerintah daerah, pusat serta dukungan dari organisasi internasioanal," jelasnya.

Koordinasi Lintas Sektor

Dalam menangani hal tersebut, Pj Gubernur Ribka Haluk menegaskan, koordinasi lintas sektor, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota menjadi kunci utama untuk memastikan program intervensi berjalan efektif.

"Saya yakin, melalui pendekatan yang terintegrasi, kita dapat menurunkan prevalensi malaria secara signifikan dalam beberapa tahun kedepan," tegasnya.

Mama Ribka Haluk yang juga merupakan Perempuan pertama yang menjabat sebagai gubernur di Tanah Papua ini kembali menekankan, semua pihak perlu memperkuat system pelayanan kesehatan, baik dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia maupun akses ke fasilitas kesehatan.

"Pembangunan puskesmas, penyediaan tenaga medis yang terlatih, serta pemanfaatan teknologi kesehatan harus ditingkatkan untuk memastikan seluruh masyarakat papua tengah, baik yang tinggal di daerah perkotaan maupun pelosok mendapatkan pelayanan yang setara," lugasnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan Rakerkesda ini dapat menjadi wadah untuk merumuskan kebijakan strategi yang implementatif dalam setiap program yang dibuat untuk bisa diukur keberhasilannya dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Saya mendorong agar setiap daerah fokus pada upaya inovatif dalam mengatasi kendala yang ada, baik itu dibidang kesehatan, sosial, maupun εκονομι, karena masalah kesehatan sering kali tidak berdiri sendiri, tetαρι terkait dengan banyak aspek lainnya," harapnya.

Malaria Terbesar di Papua

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, idealnya tugas prioritas kementerian kesehatan dan dinas kesehatan adalah agar rumah sakit kosong, masyarakat sehat semua. Mencegah masyarakat tidak sakit, maka seorang petugas kesehatan harus tahu pola penyakit dan pola epidemologis sehingga bisa mencegahnya.

"Yang tidak kalah penting juga bidang kesehatan harus utamakan aksi promotif dan preventif, sehingga bisa mencegahnya," kata Budi.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, berdasarkan laporan tahun 2023, Papua penyumbang terbesar kasus malaria secara nasional dan Kabupaten Mimika menyumbang 35 persen angka malaria nasional.

"Penurunan malaria diprioritaskan di 14 kota dan kabupaten termasuk Mimika dan Nabire, untuk itu Rakerkesda ini menjadi salah satu cara kita dalam mencetus program-program kerja untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di daerah, khususnya Provinsi Papua Tengah," pungkasnya.

Turut hadir dalam Rakerkesda ini, Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dante Saksono Harbuwono beserta para Dirjen Kementerian Kesehatan RI, Para Kepala Dinas Kesehatan dari 8 kabupaten di Provinsi Papua Tengah, Para Direktur dan Kepala Puskesmas se-Provinsi Papua Tengah, serta para tenaga kesehatan yang menjadi peserta dalam Rakerkesda ke II tahun 2024.(adv)


BACA JUGA

WAGI: Dari Taman Gizi, Papua Tengah Sehat, dan Tradisi Politik yang Bermartabat

Kamis, 19 September 2024 | 15:02 WIB

Pj Sekda Papua Tengah Pimpin Upacara Harhubnas ke-53 Tahun 2024

Selasa, 17 September 2024 | 19:24 WIB

Pemprov Papua Tengah dan BPS Gelar FGD Penguatan Pembangunan Segala Sektor Ekonomi

Kamis, 12 September 2024 | 06:01 WIB

Valentinus Sudarjanto Sumito Dilantik Sebagai Pj Bupati Mimika

Jumat, 06 September 2024 | 18:47 WIB
TERKINI

WAGI: Dari Taman Gizi, Papua Tengah Sehat, dan Tradisi Politik yang Bermartabat

7 Jam yang lalu

Rakerkesda ke II Tahun 2024 Provinsi Papua Tengah, Menkes: Utamakan Aksi Promotif dan Preventif

16 Jam yang lalu

Kuasa Hukum KPU PBD Ingatkan Bapaslon Tuntaskan Masalah Utang Piutang Sebelum Pleno Penetapan

16 Jam yang lalu

Sempat Disandera OPM di Sinak, Karyawan PT.Jayakarta Jasa Bakti Akhirnya Dibebaskan

1 Hari yang lalu

Sem Kogoya Ajak Masyarakat Ciptakan Pilkada Damai di Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com