MENU TUTUP

Gubernur Soedarmo Minta Bupati Walikota Segera Tindaklanjuti Pengembangan Sagu di Daerahnya

Senin, 23 Juli 2018 | 08:23 WIB / Andi Riri
Gubernur Soedarmo Minta Bupati Walikota Segera Tindaklanjuti Pengembangan Sagu di Daerahnya Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo bersama sejumlah bupati, pimpinan OPD dan DPRP saat meninjau pabrik pengolahan sagu di Kepulauan Meranti, Kamis (19/7) lalu/Istimewa
JAYAPURA, –Pasca peninjauan pengelolaan pabrik dan home industri tepung sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti, pekan lalu, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo meminta para bupati dan Walikota segera mengkoordinasikan pengembangan sagu di wilayahnya masing masing.
 
“Jangan tunda-tunda lagi. Saya harap pekan ini sudah bisa mulai dikoordinasikan bersama pihak terkait untuk pengelolaannya. Sebab sekali lagi kita jangan ambil acara seremonialnya saja, tetapi langsung kerjakan," tekannya saat diwawancarai pers, Jumat (20/7) lalu.
 
“Kalau perlu tenaga ahli untuk pembuatan kilang, silahkan minta tolong ke Bupati Kepulauan Meranti yang telah menyatakan kesediaannya untuk membantu pengelolaan maupun pengembangan sagu di Papua,” sambung Soedarmo.

Dikatakan, potensi lahan sagu di Papua mencapai sekitar 4,7 juta hektar, berbanding terbalik dengan Kepulauan Meranti yang hanya 100 ribu hektar, namun dinilai sukses dan bahkan telah mengekspor tepung sagu ke sejumlah negara di benua asia.

“Papua ini pohon sagunya tumbuh sendiri sementara di Kepulauan Meranti ditanam dan dibudidaya. Sehingga amat disayangkan jika potensi yang ada tak dikembangkan. Sehingga kita harap kedepan potensi sagu ini bisa mendatangkan pemasukan bagi daerah-daerah penghasil,” harapnya.
 
Diakui Soedamo, keinginannya untuk mendorong pengelolaan sagu di Papua semata-mata kepedulian kepada masyarakat pemilik ulayat agar diberdayakan dan memiliki pendapatan guna meningkatkan taraf hidup maupun perekonomian
Oleh karenanya, dalam sisa jabatan yang dimilikinya tersebut, dirinya akan mendorong seluruh bupati untuk meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan pohon sagu di Papua.
 
“Sebab besar harapan saya nanti setelah sudah tidak menjabat, pemanfaatan sagu ini bisa terus berjalan. Untuk itu, nanti saya harap pemimpin baru di Papua bisa terus mendorong agar pemanfaatan sagu bisa berjalan sesuai dengan harapan,” harapnya lagi.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua beserta Bupati Jayapura, Bupati Supiori, Wakil Bupati Merauke, Wakil Bupati Mappi serta Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kunjungan itu bertujuan melihat langsung pemanfaatan dan pengelolaan sagu di wilayah tersebut untuk selanjutnya ditiru dan diterapkan di Papua, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.*

 

 


BACA JUGA

Tiga Kepala Dinas dan Satu Staf Ahli Provinsi Papua Diganti Mendadak, Ada Apa Ya?

Kamis, 30 Agustus 2018 | 05:59 WIB

Gubernur Soedarmo Lepas Peserta Taptu Dalam Rangka HUT ke-73 Republik Indonesia

Kamis, 16 Agustus 2018 | 17:03 WIB

Gubernur Soedarmo Minta Pemkab Jayapura dan Sarmi Tegas Berantas Ilegal Logging

Kamis, 16 Agustus 2018 | 06:36 WIB

Soedarmo: Gubernur Papua Terpilih Harus Mampu Wujudkan Visi Misi

Rabu, 15 Agustus 2018 | 12:53 WIB

Gubernur Soedarmo Tinjau Venue Dayung di Kampung Puay Sentani

Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:43 WIB
TERKINI

Trauma dengan Teror KKB di Pegunungan Bintang, Puluhan Warga Mengamankan Diri ke Jayapura

22 Jam yang lalu

Kontak Tembak Aparat Gabungan dengan KKB Kembali Terjadi di Homeyo Intan Jaya

22 Jam yang lalu

Nekat Bawa Kabur Mobil Dinas Brimob Polda Papua, Pemuda Ini Dilumpuhkan Timah Panas

22 Jam yang lalu

Tenaga Kesehatan Mimika Ikuti Konferensi Internasional Neurovaskular

1 Hari yang lalu

Tim Nasional Memanggil Siswa Papua Football Academy

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com