MENU TUTUP

Polda Papua Kurban 19 Ekor Sapi Pada Perayaan Idul Adha

Rabu, 22 Agustus 2018 | 07:47 WIB / Cholid
Polda Papua Kurban 19 Ekor Sapi Pada Perayaan Idul Adha Kapolda Papua Irjen pol Boy Rafli Amar saat menyerahkan hewan kurban kepada ketua Panitia/Humas

JAYAPURA,- Perayaan Hari Raya Idul Adha 1 Zulhijjah 1439 H atau kerap  disebut dengan hari raya kurban merupakan momentum yang diharapkan dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan rasa saling berbagi kepada sesama dan ketakwaan kepada perintah Allah SWT. 

Berbicara tentang kurban dalam bahasa Arab artinya Dekat, maksudnya menyembelih hewan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan firman Allah SWT, “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berqurbanlah,(QS. Al-Kautsar: 2).”

Adapun hukum kurban adalah wajib bagi yang mampu (kaya), dimana Rasulullah Saw bersabda dari Abu Hurairah berkata, “Barangsiapa mempunyai kelonggaran (harta), namun ia tidak melasanakan qurban, maka janganlah ia mendekati masjidku (barisan shalat). (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).”

Sepeti halnya yang dilakukan Polda Papua dalam Perayaan Kurban tahun 2018, Polda Papua nyumbangkan 19 ekor sapi yang akan di bagikan kepada warga kota Jayapura terlebih khusus bagi Kaum Duafa.

Menurut ketua Panitia Perayaan Kurban yang dilaksanakan Polda Papua, Kombes Pol Edy Soesono,  19 ekor sapi yang akan dikurbankan tersebut merupakan sumbangsih dari bapak Kapolda Papua, serta jajaran.

"Hewan kurban ini ada dari Kapolda dan ada juga dari direktorat masing masing di jajaran Polda Papua, dan kurban kali ini sangat istimewa, mengingat tahun ini hewan kurban capai hingga 19 ekor dibandingkan tahun tahun sebelumnya," ungkap Edy.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen pol Boy Rafli Amar mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Rabu (22/08/18) bagi seluruh umat muslim di Provinsi Papua.

Menurutnya, dengan berkurban tidak mengurangi harta dan tenaga seseorang karena Tuhan pasti akan melipatgandakan rejekinya.

"Ini merupakan tabungan kita kelak nanti di Akhirat. Jangan pernah menilai atau bertanya apa yang kita dapatkan nanti dari apa yang kita berikan akan tetapi inilah untuk dikehidupan nanti, dan orang yang berkurban ialah orang yang memiliki cirri-ciri bertaqwa," ujarnya.

Dirinya pun mengharapkan dengan perayaan hari raya kurban ini dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan sebagai umat muslim kepada Sang Khalik. *


BACA JUGA

Bertemu Polisi New Zealand, Kapolda Papua: Ada Pihak Manfaatkan Isu Penyanderaan Kapten Philips

Senin, 26 Februari 2024 | 19:05 WIB

Sebanyak 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Mencoblos, Terbanyak Daerah yang Gunakan Sistem Noken

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:43 WIB

Konflik Warga di Kampung Karya Bumi Nimboran, Kedua Pihak Sepakat Damai

Minggu, 07 Januari 2024 | 05:47 WIB

Kapolda Papua Pimpin Sertijab Empat Pejabat Utama dan Dua Kapolres

Kamis, 04 Januari 2024 | 18:33 WIB

Kapolda Papua: Pendekatan Kesejahteraan Tetap Dikedepankan dalam Penanganan KKB di 2024

Senin, 01 Januari 2024 | 08:04 WIB
TERKINI

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

10 Jam yang lalu

Respon Cepat Pemprov Papua Tengah dan PJN Nabire Atasi Longsor di Jalan Trans Paniai

10 Jam yang lalu

Ketua TP-PKK Puncak Jaya Resmi Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu

11 Jam yang lalu

Perempuan Tangguh di Garda Terdepan Pertambangan PTFI

13 Jam yang lalu

Seorang Warga Meninggal Dunia saat Bantu Evakuasi Kapal Karam di Perairan Sarmi

17 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com