MENU TUTUP

Negara Fiji Tertarik Kerjasama Ekonomi Dengan Pemprov Papua

Selasa, 11 Desember 2018 | 21:16 WIB / Andi Riri
Negara Fiji Tertarik Kerjasama Ekonomi Dengan Pemprov Papua Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai/Andi Riri

JAYAPURA– Salah satu negara di wilayah Pasifik Selatan yakni Negara Fiji tertarik untuk bekerjasama dengan pemerintah Papua terutama di bidang ekonomi.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Suzana Wanggai di Jayapura, Selasa (11/12).

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mendorong agar penandatangan kerja sama dengan Fiji segera terlaksana. 

“Mereka mengetahui sudah ada kerja sama antara Papua dan PNG. Negara Fiji pun tertarik ada kerja sama serupa, sebab ada banyak komoditas dari Papua yang dinilai baik untuk dikirim ke negara itu. Sehingga kita ingin supaya tahun depan penandatangan kerja sama sudah bisa dilakukan,” ungkap Suzana 

Menurut Susi, peluang ini mesti cepat dimanfaatkan oleh pemerintah provinsi termasuk para pelaku usaha di bumi cenderawasih, dengan berlomba-lomba menghasilkan satu produk yang dapat dijual ke negara pasifik.

“Dimana ada sekitar 14 negara di Pasifik Selatan, yang dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi provinsi ini. Sekali lagi peluang ini harus kita tangkap. Apalagi Papua punya hubungan baik dengan negara pasifik. Sehingga kerja sama dengan PNG dan Fiji ini bisa kita jadikan ‘jembatan’ atau ‘pintu masuk’ untuk membangun kerja sama seluruh negara pasifik,” bebernya.

Di kesempatan itu Susi mengapresiasi Pemerintah Pusat yang saat ini telah banyak menginisiasi pertemuan dengan sejumlah negara pasifik. Hal demikian mematahkan anggapan banyak pihak bahwa selama ini pemerintah seolah-olah ‘tutup mata’ dengan peluang ekonomi yang ada Pasifik Selatan.

“Kalau dulu memang pemerintah seolah tak melihat peluang ekonomi di pasifik. Hubungan ke negara pasifik selalu dikaitkan dengan hal politik. Kini Presiden Jokowi sudah melihat sendiri potensi di Pasifik Selatan bahkan meminta agar fokus membangun kerja sama dengan PNG serta sejumlah negara sekitarnya,” tuturnya..

“Makanya, kita ingin undang lagi beberapa negara di pasifik bertemu dengan kami di Papua. Sebab kita yakin mereka mau membangun kerja sama dengan Papua," katanya. 

Sebab, lanjut  Susi, sejumlah negara di pasifik ini berasal dari satu ras yang sama dengan Papua yakni ras Melanesia dimana pastinya akan ada ikatan batin untuk bisa bersama sama meningkatkan ekonomi di daerahnya masing-masing.


BACA JUGA

Pemprov Papua Gelar Sosialisasi Pajak untuk Mahasiswa

Selasa, 28 Juni 2022 | 05:09 WIB

Ini Hasil Kesepakatan Bersama Kepala Daerah di Papua Terkait Pengelolaan Dana Otsus yang baru

Kamis, 16 Juni 2022 | 09:10 WIB

Sebanyak 106 Kepala Sekolah di Papua Dilantik

Kamis, 26 Mei 2022 | 09:45 WIB

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkup Pemprov Papua Masih Perlu Perbaikan

Selasa, 24 Mei 2022 | 06:28 WIB

Pemprov Papua Gelar Musrembangda Penyusunan RKPD 2023 dan Regulasi Otsus yang Baru

Selasa, 19 April 2022 | 20:19 WIB
TERKINI
Generasi Muda Harus Banyak Melakukan Hal Positif

Kominfo Mengajak Pemuda Papua Sebarkan Produktivitas Lewat Konten Digital

1 Jam yang lalu

Minyak Goreng Curah Kemasan Permudah Distribusi dan Jaga HET

6 Jam yang lalu

Kemenag Lebak Pastikan Jamaah Calon Haji Sehat dan Siap Wukuf

6 Jam yang lalu

Untuk Pemilu Berkualitas 2024, Ini Rekomendasi Bawaslu

7 Jam yang lalu
Dugaan Tindak Pidana Korupsi

Sayap-Sayap Patah Garuda Indonesia

7 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com