MENU TUTUP

Satgas Binmas Noken Polri Butuh Dukungan Pemda Untuk Lanjutkan Program di Papua

Kamis, 07 Februari 2019 | 13:55 WIB / Andi Riri
Satgas Binmas Noken Polri Butuh Dukungan Pemda Untuk Lanjutkan Program di Papua Ka Ops Binmas Noken Polri, Brigjen Pol Hery Nahak memberikan arahan dalam FGD/Andi Riri

JAYAPURA - Satgas Binmas Noken Polri mengharapkan setiap pemerintah kabupaten di Provinsi Papua dapat mendukung program Binmas Noken yang bergerak di bidang Pendidikan, Pertanian dan Peternakan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah pegunungan tengah.

Kepala Operasi Binmas Noken Polri, Brigjen Pol Hery Nahak mengatakan, kehadiran pemerintah daerah (Kabupaten) dalam program Binmas Noken sangatlah penting. Dimana ada sejumlah program yang juga dibuat pemda bisa disinergikan dengan program binmas noken.

"Penting kehadiran pemda (kabupaten) karena misalnya ada program pemda yang bisa kita sinergikan, selaraskan dengan program binmas noken. Pastinya itu akan sangat baik,"ujar Hery kepada pers di sela sela kegiatan FGD (Fokus Grup Diskusi) Binmas Noken Polri di Kota Jayapura, Kamis (7/2/2019). Hadir dalam acara ini sejumlah Bupati, perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan Instansi terkait termasuk sejumlah petani yang menjadi binaan Binmas Noken. FGD kali ini menghadirkan nara sumber dari Jakarta yang juga pemerhati Papua.

Dia mengimbau setiap kepala daerah yang hadir dalam kegiatan FGD agar bisa mengembangkan program binmas noken di daerahnya masing masing.

"Saya harapkan program ini bisa dikembangkan seperti di Kabupaten Mimika, kita  kerjasama di bidang peternakan, dan hasilnya bagus. Sehingga pemda harus lebih pro aktif," harapnya.

Program Binmas Noken yang dimulai sejak setahun lalu, menyasar sejumlah kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua diantaranya Kabupaten Mimika, Puncak Jaya,Tolikara,Yahukimo, Paniai dan juga wilayah selatan Papua yakni Kabupaten Merauke.

Program ini lebih kepada memberikan pendidikan pengajaran lewat program Polisi Pi Ajar di sekolah, memberikan pendampingan kepada kelompok tani bagaimana cara bertani dan juga beternak.

Selain di kabupaten yang menjadi program percontohan tersebut. Rencananya tahun ini binmas noken polri akan tetap melanjutkan programnya dengan menyasar sejumlah kabupaten lainnya tak hanya di wilayah pegunungan tengah tetapi juga wilayah pesisir Papua, termasuk kabupaten Puncak.

Puncak Siap

Menanggapi permintaan dukungan pemerintah kabupaten untuk program Binmas Noken Polri di Papua, Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik menyambut positif.

Menurut dia, pihaknya telah lama menyiapkan diri baik dari fasilitas maupun kebutuhan lainnya.

"Kami sambut positif. Binmas kapan datang ke ilaga (ibukota kabupaten Puncak), saya sudah siapkan sistemnnya. Apalagi di setiap kampung sudah punya uang, ada pertanian yang kami siapkan. Cuma sekarang tidak ada SDM (sumber daya manusia) yang datang untuk mengajarkan masyarakat bagaimana bertani, beternak yang baik dan bisa menghasilkan uang,"katanya.*


BACA JUGA

Bertemu Polisi New Zealand, Kapolda Papua: Ada Pihak Manfaatkan Isu Penyanderaan Kapten Philips

Senin, 26 Februari 2024 | 19:05 WIB

Sebanyak 1.297 TPS di Tanah Papua Belum Mencoblos, Terbanyak Daerah yang Gunakan Sistem Noken

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:43 WIB

Konflik Warga di Kampung Karya Bumi Nimboran, Kedua Pihak Sepakat Damai

Minggu, 07 Januari 2024 | 05:47 WIB

Kapolda Papua Pimpin Sertijab Empat Pejabat Utama dan Dua Kapolres

Kamis, 04 Januari 2024 | 18:33 WIB

Kapolda Papua: Pendekatan Kesejahteraan Tetap Dikedepankan dalam Penanganan KKB di 2024

Senin, 01 Januari 2024 | 08:04 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Punya Prestasi Membanggakan di Pemerintahan dan Partai Golkar

1 Jam yang lalu

Paulus Waterpauw Untuk Papua Satu, Nitezen Kobarkan Semangat Menangkan Kaka Besar

3 Jam yang lalu

Melihat Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Nelayan di Papua

3 Jam yang lalu

Tak Tahan Dikejar Polisi, Oknum ASN Pelaku Asusila di Jayapura Akhirnya Menyerahkan Diri

22 Jam yang lalu

Maret 2024, Tercatat 1,1 Juta Transaksi QRIS di Papua dengan Total Nominal Capai 181 Miliar

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com