MENU TUTUP

Tidak Pernah Merdeka, Alasan Empat Anak Buah Goliat Tabuni Serahkan Diri

Minggu, 09 Juni 2019 | 11:56 WIB / Andy
Tidak Pernah Merdeka, Alasan Empat Anak Buah Goliat Tabuni Serahkan Diri Empat anggota KKSB pimpinan Goliat Tabuni saat menyerahkan satu pucuk senjata dan berikrar setia kepada NKRI/Pendam XVII Cenderawasih

JAYAPURA - Empat pengikut Goliat Tabuni yang menyerahkan diri, yakni Telangga Gire (30), Piningga Gire (25), Tekiles Tabuni (30) dan Perengga (27) memiliki sejumlah alasan untuk menghentikan tindakan separatisnya dan menyatakan kembali dan berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejumlah alasan tersebut di antaranya, merasa ditipu oleh Goliat Tabuni bahwa tidak lama lagi Papua akan merdeka dan mereka akan dijanjikan jabatan tinggi, namun hingga saat ini Papua tidak pernah merdeka.

“Kami bertahun-tahun hidup menderita di hutan, kepanasan, kedinginan, kehujanan, dan kelaparan. Ternyata semuanya itu tipu-tipu saja,” kata Telangga Gire.

“Tiap hari kami hanya makan petatas dan keladi yang diambil dari kebun warga, sementara pembangunan di kampung-kampung dan kota semakin maju dan warga hidup sejahtera,” tutur Telangga penuh penyesalan.

Selain itu, mereka menginginkan anak-anaknya mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak untuk masa depan lebih baik.

“Kami juga memikirkan anak-anak kami, mereka harus sekolah agar nanti hidupnya lebih baik dari saya. Kami mau kerja agar anak-anak diurus menjadi orang yang berhasil,”ujar ajudan Goliat Tabuni tersebut.

Telangga juga menghimbau kepada seluruh rekan-rekannya yang masih berada di hutan agar segera kembali ke pangkuan NKRI agar bisa hidup normal sebagai masyarakat warga Negara Indonesia.

“Apa yang kita perjuangkan selama ini hanya mimpi-mimpi kosong. Kasihan anak keturunan kita. Mereka harus kita siapkan agar mereka bisa hidup lebih baik di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda berencana akan melaksanakan upacara penerimaan warga pada Selasa (11/6) dengan mengundang warga Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

Bupati juga berjanji akan memberikan pekerjaan serta membangun rumah layak huni kepada anggota KKSB yang bersedia menyerahkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI. *


BACA JUGA

Resmikan SPBU Satu Harga di Puncak Jaya, Pj Bupati: Pelayanan Menyeluruh kepada Masyarakat

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:38 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Serahkan Dana Hibah 2,5 Miliar Pembangunan Aula Sekolah Alkitab

Rabu, 08 Mei 2024 | 20:02 WIB

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Mulia Gelar Pelatihan Perawatan Luka Modern

Senin, 06 Mei 2024 | 12:21 WIB

Puncak Jaya Launching Aplikasi JDIH, Pj Sekda: Ciptakan Pelayanan Lebih Mudah

Senin, 06 Mei 2024 | 12:02 WIB

Kukuhkan Organisasi Keagamaan, Pj Bupati: Harus Berinovasi Angkat Nama Baik Puncak Jaya

Kamis, 02 Mei 2024 | 12:36 WIB
TERKINI

Pelepasan Tim ERB 2024, Bawa Uang Layak Edar Rp13,8 Miliar ke 5 Wilayah Terluar Papua

5 Jam yang lalu

Musyawarah RPJPD Papua Tengah, PJ Gubernur Berharap Penyusunan Berdasarkan Aspirasi Masyarakat

10 Jam yang lalu

Terungkap Pelaku Pembunuh Danramil Aradide Sering Dibantu Sembako oleh Korban

11 Jam yang lalu

RUPST Telkomsel Menetapkan Susunan Direksi yang baru, Ini Daftar Namanya

12 Jam yang lalu

Trauma dengan Teror KKB di Pegunungan Bintang, Puluhan Warga Mengamankan Diri ke Jayapura

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com