MENU TUTUP

Menikmati Keindahan Kota Mulia dari Ketinggian Merah Putih

Selasa, 09 Juli 2019 | 11:39 WIB / Andi Riri
Menikmati Keindahan Kota Mulia dari Ketinggian Merah Putih

MULIA - Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya Papua yang selama ini dikenal sebagai daerah rawan konflik bersenjata ternyata menyimpan panorama alam pegunungan yang elok nan eksotis. Salah satunya adalah spot wisata "Pos Merah Putih" yang berada di atas ketinggian kota Mulia, tepatnya di antara jalan yang menghubungkan Distrik Mulia dan Distrik Yamo.

Pos Merah Putih merupakan Pos TNI yang kemudian disulap menjadi salah satu spot wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat setempat, saat akhir pekan maupun waktu liburan sekolah

Dari atas pos merah putih, kita akan disuguhkan pemandangan alam kota Mulia yang dikelilingi hutan dan perbukitan, serta hamparan awan putih diatasnya. Bahkan saat kabut turun di pagi hari atau jelang sore hari yang menutupi Kota Mulia, kita laiknya berada di Negeri Diatas Awan.

Selain menawarkan panorama alam yang mempesona, Pos Merah Putih juga menjadi spot menarik untuk berswafoto dengan latar belakang pemandangan kota Mulia. Ditambah lagi anda tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis.

Meski hanya sebuah pos tentara, namun dikemas cukup menarik dan ala kekinian seperti spot foto di tempat wisata lainnya. Di tempat ini kita juga menemukan tulisan kata kata puitis yang ditorehkan diatas papan kayu sebagai bentuk curahan hati para prajurit yang terpisah jauh dari keluarga, demi menjaga keamanan NKRI di wilayah Puncak Jaya.

Untuk menuju Pos Merah Putih, bisa dibilang cukup memacu adrenalin. Pasalnya, kita harus melewati jalan terjal bebatuan dan menyusuri lereng bukit sejauh kurang lebih tiga kilometer dari kota Mulia. Adapun kendaraan yang digunakan harus menggunakan mobil double gardan atau sepeda motor dengan spesifikasi motor pegunungan.

Salah seorang pengunjung, Anto mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke Pos Merah Putih.

"Saya pernah datang dengan keluarga, teman, kadang juga pas lagi ada tamu di pemerintahan, biasanya pimpinan suruh antar kesini," ungkapnya kepada wartaplus.com

Anto yang merupakan PNS di pemkab Puncak Jaya ini menuturkan, pos merah putih sekarang lagi viral di media sosial karena di posting sama mereka yang pernah datang berkunjung. Sehingga banyak yang penasaran untuk datang berkunjung.

"Tapi waktu dikasih tau tempatnya, banyak yang penasaran, tapi banyak juga yang malah takut. Alasannya takut naik pesawat, takut karena daerahnya tidak aman," tutur Anto.

Aman Tapi Waspada

Soal keamanan? Menurut Komandan Pos Merah Putih dari Batalyon 753 Nabire, Letda Inf Rudi Jambornias, sejauh ini masih dikategorikan aman terbukti hampir tiap akhir pekan, selalu ramai dikunjungi warga. Bahkan setiap tamu pemerintahan yang datang berkunjung ke Mulia, selalu diajak untuk mengunjungi Pos Merah Putih.

"Selama ini di kawasan jalan ini masih terbilang aman. Meski begitu, kita tetap waspada. Apalagi sebagai prajurit yang ditugaskan di daerah rawan gangguan keamanan (ada kelompok separatis bersenjata) seperti disini, yah pastinya kita akan tetap siaga dan memastikan semuanya aman terkendali,"ungkap Rudi kepada wartaplus.com

Pria asal Maluku Tenggara ini juga bercerita asal muasal, hingga Pos yang dipimpinnya bisa menjadi salah satu tempat hiburan masyarakat Mulia.

"Ini berawal dari keisengan prajurit, yang membuat tempat ini hanya untuk mengisi waktu luang saat tidak sedang bertugas. Namun lama kelamaan kok, jadinya kelihatan bagus. Dan kita buat lagi lebih bagus, itu semua kita kerjakan secara swadaya. Dan yang datang berkunjung kesini, tidak dipungut bayaran," akunya.

Menurutnya, dengan adanya tempat hiburan seperti ini, bisa lebih mendekatkan mereka (prajurit) dengan masyarakat.

"Kita buat begini, masyarakat jadi ada tempat hiburan. Jadi kita yang jarang turun ke Kota Mulia untuk bertemu masyarakat, sebaliknya masyarakat yang datang mengunjungi kami,"tuturnya.

Rudi berharap ke depan, Puncak Jaya tetap menjadi zona aman, menjadi tempat yang damai dan aman untuk dikunjungi semua orang.

Kota Mulia, Puncak Jaya yang berpenduduk lebih dari 24 ribu jiwa ini berada di ketinggian 2.448 meter diatas permukaan laut. Sehingga tak heran diklaim sebagai salah  salah satu kota terdingin di Indonesia dengan suhu mencapai 7 sampai 9 derajat celcius. Untuk mencapai tempat ini, harus menggunakan pesawat berbadan kecil dari Jayapura (ibukota provinsi Papua), dengan harga tiket yang mencapai lebih dari Rp3 Juta per orang. Selain itu, juga bisa menggunakan kendaraan roda empat (mobil doble gardan) dari Wamena - Jayawijaya dengan estimasi perjalanan 9 -11 jam dengan harga sewa per orang Rp700.000- Rp1 Juta.**


BACA JUGA

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB

Letakkan Batu Pertama Kantor Gereja Immanuel Yalinggua, Pj Sekda Yubelina Sampaikan Ini

Jumat, 19 Januari 2024 | 21:14 WIB

APBD TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya Resmi Ditetapkan, Totalnya Rp1,722 Triliun

Jumat, 19 Januari 2024 | 07:32 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

13 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

13 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

15 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

15 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

16 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com