MENU TUTUP

Polisi Amankan 45 Pendemo Berujung Ricuh di Timika

Kamis, 22 Agustus 2019 | 10:43 WIB / Cholid
Polisi Amankan 45 Pendemo Berujung Ricuh di Timika Ilustrasi pendemo Papua

JAYAPURA - Sebanyak 45 pengunjuk rasa diamankan pihak kepolisian atas tindakan pengrusakan serta kedapatan membawa bendera Bintang Kejora dan antribut KNPB (Komite Nasional Papua Barat) saat berunjuk rasa mengecam tindakan intimidasi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua yang dilakukan sejumlah ormas dan aparat keamanan di Surabaya Jawa Timur

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto ketika dikonfirmasi, Kamis (22/8) menerangkan 45 pengunjuk rasa diamankan dari dua lokasi berbeda.

"Mereka diamankan di dua lokasi berbeda. 15 orang diamankan usai mengancam pemilik bengkel karena menolak menjual ban bekas, sedangkan 30 orang lainnya diamankan paska aksi pengrusakan hotel Grand Mozza dan sejumlah kendaraan di sekitar Kantor DPRD Mimika," ungkapnya.

Agung menegaskan, 15 orang diamankan karena membawa atribut KNPB dan bintang kejora. Dia memastikan tidak ada bendera bintang kejora yang dikibarkan.  “Mereka masih menjalani pendataan dilanjutkan pemeriksaan, kalau terbukti melakukan pengrusakan maka akan kami prosos hukum,” tegasnya.

Diakuinya, sempat terjadi bentrokan kecil antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan hingga terpaksa dibubarkan menggunakan gas air mata. Tiga anggota Polri mengalami luka ringan akibat lemparan batu.

“Kita bubarkan massa yang terkosentrasi karena ada pelemparan batu kepada petugas yang ada di pintu masuk dan keluar DPRD Mimika.  Gedung DPRD Mimika dalam kondisi aman, namun beberapa`kendaraan Polres Mimika mengalami pecah pada kaca dan sedang dalam inventarisir,” paparnya.

Selain kendaraan, Agung membenarkan aksi pelemparan Hotel Grand Mozza Mimika yang terletak di samping Kantor DPRD Mimika. “Total mereka ada sekitar 4.000an massa, mereka berkosentrasi di bundaran Timika Indah,”  tuturnya.

Aspirasi Tolak Rasisme jadi Aspirasi Referendum

Agung pun menyesalkan tindakan pengunjuk rasa yang berubah anarkis. Sebab awalnya aspirasi mereka memprotes rasisme yang menimpa mahasiswa Papua di Surabaya, namun berubah menjadi aspirasi referendum.

“Aksi ini digelar di bundaran Kota Timika Indah dilanjutkan ke Kantor DPRD Mimika. Kami kawal sesuai permintaan mereka ke Kantor DPRD Mimika, namun aspirasi mereka berubah menjadi referendum disusul pelemparan batu,”  katanya.

Saat ini situasi Kota Timika dalam kondisi aman dan relatif kondusif.  Total 600 personel gabungan TNI dan Polri yang terdiri dari 300 personel TNI dan 300 personel Polri diturunkan dalam pengamanan unjuk rasa tersebut.

“Untuk Polri ada 200 Brimob BKO dari Polda Kalimantan Tengah dan Brimob Yon B, sedangkan 100 personel sisanya anggota Polres Mimika,”pungkasnya.**

 


BACA JUGA

Abubakar Kogoya, yang Ditembak Mati Aparat Gabungan Diketahui Terlibat Sejumlah Aksi Penembakan di Tembagapura

Sabtu, 06 April 2024 | 13:25 WIB
Gunung Tempat Roh Dari Leluhur Yang harus Dijaga

Kekayaan Sastra dan Lisan Suku Amungme Yang Luar Biasa

Kamis, 04 April 2024 | 10:17 WIB

Selangor Open, Papua Football  Academy Cetak Sejarah

Jumat, 08 Maret 2024 | 12:48 WIB

Massa Pendukung Caleg Saling Serang di 9 Distrik Puncak Jaya, 62 Orang Terluka

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:22 WIB

Personil Polri yang Amankan TPS di Dogiyai Diserang Warga

Rabu, 14 Februari 2024 | 18:39 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

2 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

6 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

10 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

14 Jam yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com