MENU TUTUP

Kapolda Pimpin Upacara Pelantikan Dir Samapta Polda Papua

Rabu, 22 Januari 2020 | 16:29 WIB / Roberth
Kapolda Pimpin Upacara Pelantikan Dir Samapta Polda Papua Upacara Pelantikan Dir Samapta Polda Papua dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Rabu (22/1) di Lapangan Apel Mapolda Papua/Humas Polda Papua

JAYAPURA,wartaplus.com- Upacara Pelantikan Dir Samapta Polda Papua dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Rabu (22/1) di Lapangan Apel Mapolda Papua. Turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki, Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Drs. Mulyadi Kaharni, M.Si, Pejabat Utama Polda Papua, Pama, Pamen Polda Papua dan anggota Polda Papua

Kapolda Papua dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan jabatan Direktur Samapta merupakan tuntutan organisasi dalam rangka menjaga dinamika dan kinerja kesatuan mengingat beberapa waktu yang lalu almarhum Kombes Pol  Drs. Yan Frits Kaiway yang telah dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Esa.

” Oleh karena itu atas nama pribadi dan kesatuan saya mengucapkan bela sungkawa dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas jasa dan pengabdian almarhum pada institusi Polri dan khususnya Polda Papua semoga tugas mulia ini menjadi amal dan pahala bagi almarhum serta kepada keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan kesabaran,”ucapnya.

Pada kesempatan yang baik, kata Kapolda,  saya mengucapkan selamat kepada Kombes Pol Sondang Siagian atas kepercayaan pimpinan Polri mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Direktur Samapta Polda Papua.  

“Saya mengharapkan agar saudara segera beradaptasi di lingkungan kerja mengingat tugas di Papua bukan hal baru lagi di mana sebelumnya pernah menjabat sebagai Kakorsis SPN Jayapura, Kapolres Jayapura dan Wadir Sabhara Polda Papua. Hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan ditingkatkan, saya yakin dan percaya saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,”ujarnya.  

Dikatakan tugas dan fungsi Samapta adalah sebagai tulang punggung Polri peran Samapta sangat vital dalam memberikan pelayanan perlindungan dan pengayoman serta pemeliharaan Kamtibmas karena personel Samapta memiliki segudang kemampuan .

“Kemampuan-Kemampuan tersebut sudah berhasil teruji pada saat pengamanan pemilu dan pileg serta pengamanan unjuk rasa terkait rasisme. Selain itu Samapta Polri juga memiliki unit satwa yang mana Dit Samapta Polda Papua memiliki beberapa anjing K9 yang juga tetap berprestasi. Salah satunya adalah saat membantu penanganan bom di Wamena dan pencarian korban banjir bandang di Sentani. Berbagai keberhasilan yang diraih ini juga telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak baik oleh karena itu dengan pimpinan yang baru diharapkan terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”ujar Kapolda

Dikatakan, dalam rangka menjaga situasi Polda Papua tetap kondusif sebab tahun 2020 di prediksi akan terjadi gangguan Kamtibmas yang meningkat. Dikarenakan mahasiswa exodus yang masih belum kembali ke kota studi masing-masing.  Lalu ada kelompok kelompok intoleran gangguan KKB dan agenda pilkada serentak tahun 2020, serta pelaksanaan PON XX di bulan Oktober 2020.

“ Oleh karena itu dalam menghadapi berbagai tantangan tugas dan tahun 2020 ini ada beberapa penekanan yang pertama,  Persiapan mental dan fisik dengan melaksanakan latihan latihan fisik. Kedua, buat kegiatan latihan kemampuan samapta Polri dengan menggunakan alat-alat khusus yang telah ada. Ketiga,  agar dalam pelaksanaan kegiatan patroli dan pengawalan selalu menggunakan body sistem. Kempat, kegiatan patroli harus mampu menyentuh masyarakat berikan 3S dan terjadwal serta sesuai target area patroli berdasarkan mapping kerawanan Kamtibmas,”ujar Kapolda.

Kelima, hindari sikap arogan dalam mengendarai kendaraan patroli. Keenam, dalam melaksanakan penjagaan agar tetap menggunakan pakaian dinas dan jaga kewaspadaan jangan asik dengan gadget yang dimiliki.

“Selain itu saya meminta kepada personil Sabhara dan Polairud jangan lupa memakai body sistem/rompi dan helm saat melakukan patroli di darat maupun di laut supaya kita bisa waspada terhadap orang-orang yang tidak kita kenal. Dan kita tetap melakukan upaya-upaya dan patroli, razia bisa mengurangi pencurian dan kelompok-kelompok orang yang bersenjata, kepada anggota di pos harap menjaga dan tugas dengan baik jangan sampai lelah,”tegasnya.*

 


BACA JUGA

Safari Ramadhan Ke-4, Kapolda Duduk Bareng Tokoh MuslimĀ  danĀ  Adat di Jayapura

Jumat, 29 Maret 2024 | 11:16 WIB

Kuota 70 Persen Anak-Anak Asli Papua Jadi Polisi, Frits Ramandey: Kebijakan Yang Perlu Didukung

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:15 WIB

Safari Rhamadan, Mathius Fachiri Beri Bantuan di Masjid Agung Keerom

Rabu, 27 Maret 2024 | 20:00 WIB

Kapolda Papua Masih Malu-Malu Mengakui Dirinya Kandidat Calon Gubernur Papua

Sabtu, 23 Maret 2024 | 11:47 WIB

Pembangunan Rusun Polda Papua, Wujud Dukungan Kementerian PUPR Terhadap Pelaksanaan Tugas Anggota Polri

Sabtu, 16 Maret 2024 | 19:30 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

20 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com