MENU TUTUP

Pembakaran Rumah Bupati Pegubin, Ini Tanggapan Gubernur Soedarmo

Selasa, 17 April 2018 | 15:34 WIB / Riri
Pembakaran Rumah Bupati Pegubin, Ini Tanggapan Gubernur Soedarmo Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo

 

MERAUKE, - Pembakaran Rumah Bupati Pegunungan Bintang, Constan Otemka oleh warga yang kecewa atas pemerintah setempat terlebih Bupati mendapat tanggapan dari Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo.
 
Kepada media di Merauke, Selasa (17/4) Jenderal Purnawirawan TNI ini menduga peristiwa tersebut kemungkinan karena akumulasi kekecewaan masyarakat terhadap pemerintah daerah terlebih bupati. Sebab jika menilik penyebab pembakaran hanya karena kekecewan terhadap panitia gerak jalan santai.
 
"Menurut saya tak mungkin masyarakat hanya karena gerak jalan santai, lalu panitia menjanjikan ada doorprize. kemudian saat pelaksanaannya tidak ada dan lalu membakar rumah bupati. Saya pikir orang tidak akan emosi hanya karena persoalan sepele. Tetapi ini pasti sudah akumulasi dari kejengkelan masyarakat,” duganya.
 
Peristiwa ini tentunya harus dijadikan pelajaran ke depan terutama bagi para calon kepala daerah yang dipilih rakyat secara langsung. Jangan mengumbar janji manis saat kampanye Pilkada, jika kemudian tidak dapat menepati janjinya ketika terpilih dan resmi dilantik.
 
"Kadang-kadang ada kepala daerah yang sudah dipilih tidak menempati janji. Mereka tidak melaksanakan janjinya saat kampanye maupun dalam visi dan misi yang sudah dibuat. Nah inilah akibatnya (terjadi pembakaran rumah bupati di Pegunungan Bintang),” ujar Soedarmo.
 
“Untungnya masyarakat setempat masih mendengar kita. Jadi, kemarin saya menelpon salah satu pimpinan demo dan mereka mengharapkan saya hadir sebagai Penjabat Gubernur untuk selesaikan persoalan disana,” sambungnya.

 

Rencananya, 20 April 2018 mendatang, Gubernur Soedarmo akan mengunjungi Kabupaten Pegunungan Bintang dan menemui para tokoh disana. Dari pertemuan tersebut nantinya segala aspirasi masyarakat akan ditindaklanjuti sehingga ke depan insiden seperti ini tidak terulang lagi.

 

“Namun sekali lagi saya imbau sebelum kedatangan saya, setiap demo-demo yang anarkis wajib dihentikan. Kemudian seluruh peserta demo harus kembali ke rumah masing-masing dan saya apresiasi karena mau mendengarkan kita hingga kini situasinya sudah kembali normal," tegasnya mengingatkan

 

Sebelumnya, pada pekan lalu, sejumlah warga Pegunungan Bintang melakukan pembakaran kediaman Bupati Pegunungan Bintang Costan Otemka di Oksibil. Warga kecewa terhadap Panitia gerak jalan pada HUT ke 15 Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang, yang tak memberikan doorprize sesuai janji, dan tidak menyediakan makanan bagi peserta lomba.

 


BACA JUGA

Tiga Kepala Dinas dan Satu Staf Ahli Provinsi Papua Diganti Mendadak, Ada Apa Ya?

Kamis, 30 Agustus 2018 | 05:59 WIB

Gubernur Soedarmo Lepas Peserta Taptu Dalam Rangka HUT ke-73 Republik Indonesia

Kamis, 16 Agustus 2018 | 17:03 WIB

Gubernur Soedarmo Minta Pemkab Jayapura dan Sarmi Tegas Berantas Ilegal Logging

Kamis, 16 Agustus 2018 | 06:36 WIB

Soedarmo: Gubernur Papua Terpilih Harus Mampu Wujudkan Visi Misi

Rabu, 15 Agustus 2018 | 12:53 WIB

Gubernur Soedarmo Tinjau Venue Dayung di Kampung Puay Sentani

Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:43 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

8 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com