MENU TUTUP

Sebanyak 30 Anggota DPRD Puncak Jaya Ikut Orientasi Tupoksi

Selasa, 25 Februari 2020 | 11:45 WIB / Andi Riri
Sebanyak 30 Anggota DPRD Puncak Jaya Ikut Orientasi Tupoksi Pelantikan anggota DPRD Puncak Jaya periode 2019-2024 beberapa waktu lalu/dok.humasPJ

JAYAPURAwartaplus.com -  Sebanyak 30 Anggota DPRD kabupaten Puncak Jaya periode 2019-2024 mengikuti orientasi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD di salah satu hotel di Kota Jayapura, Senin (24/2).

Kegiatan yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Puncak Jaya itu akan berlangsung selama empat hari kedepan.

Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua, Musa Isir mengatakan, seluruh anggota dewan yang baru saja dilantik diberikan orientasi terkait tugas, dan kewenangan mereka selama bertugas.

“Anggota DPRD yang terpilih, banyak orang baru dan berasal dari berbagai latar belakang. Selain itu banyak partai politik tidak sempat melakukan proses kaderisasi, membekali calegnya tentang politik, tugas dan fungsi DPRD, maka sesuai dengan undang-undang semua anggota DPRD terpilih sebelum melaksanakan tugasnya wajib mengikuti orientasi,” kata Musa Isir

Dijelaskan, kegiatan orientasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota se Provinsi Papua periode 2019-2024 sebagaimana tertuang dalam Permendagri RI Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan pendalama tugas anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sebagai unsur pemerintah daerah, DPRD memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis berkaitan dengan bidang legislasi, budgeting/anggaran dan pengawasan.

"Oleh karenanya, orientasi ini sangat penting untuk memantapkan kompetensi anggota dewan pada level yang memadai agar dapat melaksanakan tugas secara optimal dalam merumuskan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," papar Musa.

Dia menambahkan, menyadari tugas dan fungsi anggota dewan yang cukup kompleks dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan ke depan, maka diharapkan anggota DPRD betul betul memanfaatkan kesempatan orientasi ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Sekwan DPRD Puncak, Jaya Daud Wendamily, mengatakan, melalui orientasi ini banyak hal yang akan dibicarakan terkait dengan tuags dan fungsi anggota dewan.

Menurutnya, dalam orientasi ini, para anggota dibekali ilmu politik dan mengenalkan tufoksi dewan sebagai bagian dari pemerintahan. Dengan kegiatan ini, diharapkan anggota DPRD Puncak Jaya dapat melaksanaan tugas kedepan dengan baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Kegiatan ini sangat bagus untuk membuka wawasan anggota DPRD, setidaknya, mereka dapat lebih memahami apa tufoksinya sebagai anggota dewan,”kata Daud.**

 


BACA JUGA

Dukung Tenaga Medis, Fraksi PDIP DPRD Puncak Jaya Sumbang APD

Sabtu, 27 Juni 2020 | 13:23 WIB

Serahkan Kendaraan Operasional Ketua DPRD , Bupati Puncak Jaya Harapkan Jaga Sinergitas

Selasa, 09 Juni 2020 | 17:03 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

11 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

11 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

13 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

14 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

14 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com