MENU TUTUP

Dansat Brimob Pimpin Penandatangan Berita Acara Pelepasan Hak Ulayat Tanah di Kabupaten Biak Numfor

Selasa, 13 April 2021 | 11:42 WIB / Cholid
Dansat Brimob Pimpin Penandatangan Berita Acara Pelepasan Hak Ulayat Tanah di Kabupaten Biak Numfor Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Godhelp. C. Mansnembra S.I.K/Istimewa

BIAK,wartaplus.com – Penandatangan Berita Acara Pelepasan hak ulayat tanah yang diperuntukan untuk Pembangunan Mako Batalyon Pelopor Biak, Selasa (13/4/2021) di Kampung Sunyar Distrik Yendidori Kabupaten Biak Numfor telah dilaksanakan kegiatan

Kegiatan dipimpin langsung oleh Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Godhelp. C. Mansnembra S.I.K, didampingi Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Joseph Enock SIK bersama Danki I Yon C Pelapor Biak Iptu Sutriyono.

Dalam kesempatannya Dansat Brimob Polda Papua mengatakan, pelaksanaan pembangunan Mako Batalyon di Biak ini dikarenakan Kabupaten Biak Numfor merupakan wilayah yang cocok untuk stanby pasukan.

“Seiring dengan kedepan adanya agenda besar di Kabupaten Biak Numfor yakni akan ada pembangunan Bandara Antariksa, serta adanya isu pemekaran wilayah, untuk itu dengan adanya Mako batalyon diharapkan bisa menunjang tugas dan tanggungjawab Kepolisian terlebih khusus Brimob untuk menjaga keamanan wilayah sekitar,”ujarnya.

Dikatakan, persiapan lahan ini dilakukan berdasarkan perintah Dankorps Brimob yang diteruskan dengan koordinasi bersama Kapolda Papua  Irjen Mathius D Fakhiri yang langsung merintahkan kami agar datang ke Kabupaten Biak Numfor untuk segera berkoordinasi dengan semua pihak-pihak terkait.

Lanjutnya, tanah yang baru saja diserahkan oleh pemilik hak ulayat ini seluas 15 hektar, yang akan kita gunakan untuk pembangun Mako sekitar 5 hektar, sementara yang 10 hektarnya karena disini memang sudah di pakai masyarakat untuk berkebun maka akan kami tanami pohon - pohon untuk jangka panjang dan seterusnya akan dipakai sebagai daerah latihan.

“Sebelumnya saya sudah berkordinasi bersama semua pihak terkait untuk adanya pembangunan Mako Batalyon di wilayah ini. Sementara untuk sumber Anggaran pembangunannya adalah berasal dari pusat yang akan langsung dibahas oleh DPR-RI. Kami berharap kedepan yang paling penting adalah kesejahteraan masyarakat, anak-anak Biak untuk bisa dipersiapkan untuk bergabung menjadi anggota Brimob, apalagi nantinya kedepan ada wacana untuk penerimaan 14.000 anggota Brimob, jadi saya harap anak-anak disini harus siap, olehkarena itu apabila ada penerimaan tahun ini atau tahun depan kalo boleh kami ambil anak-anak dari Biak Numfor,”tandasnya,

Bermanfaat

Sementara itu, Danki I Yon C Pelapor Biak dalam kesempatannya mengatakan, saya berharap dukungan dari semua pihak untuk adanya pembangunan Mako Batalyon Brimob Biak, begitu pula dukungan penuh dari Mabes terkait pendanaan agar pelaksanaan di lapangan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang di rencanakan.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sejauh ini, sehingga hari ini bisa dilakukan pelepasan hak ulayat dan kedepan kami bisa gunakan lahan ini untuk kepentingan kepolisian dalam hal ini Brimob, saya harap kedepan semua bisa berjalan sesuai yang diharapkan,”tukasnya.

Pemilik Ulayat dan Mananwir Mnu Rarpimbo Daniel Dimara dalam kesempatannya  mengatakan, dukungan lahan yang diserahkan untuk Sat Brimob ini adalah untuk kepentingan anak cucu kedepan, sehingga bisa bermanfaat, selain itu dengan harapan bisa adanya pemerataan Pembangunan.

“Kami merespon baik dan mendukung kegiatan atau pekerjaan yang nantinya akan dilakukan ditempat ini, agar kedepan Polri bisa memperhatikan dan memprioritaskan anak-anak kami disini, dan kami akan menyiapkan anak-anak kami dari sekarang agar siap menjadi anggota Polri, semoga pembangunan kedepan berjalan lacar dan bisa bermanfaat bagi anak cucu kami kedepan,”ungkap  Daniel Dimara.*


BACA JUGA

Diseminasi Standar Norma dan Pengaturan Hak Asasi Manusia di Biak

Selasa, 26 Maret 2024 | 13:24 WIB

Kabupaten Biak Numfor Resmi Dipimpin Seorang Perempuan, Meski Jabatannya Cuma Setahun

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:46 WIB
Video

PSBS Tiba di Biak, Ribuan Warga Sambut Sang Juara

Sabtu, 16 Maret 2024 | 19:42 WIB

Besok PSBS Gelar Pesta Juara Pegadaian Liga 2 di Biak

Jumat, 15 Maret 2024 | 20:04 WIB

60 Tahun Penantian Panjang PSBS Biak Menuju Liga 1

Kamis, 29 Februari 2024 | 18:48 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

13 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

18 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

21 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com