MENU TUTUP

Kodim Jayapura Salurkan Bantuan Presiden Kepada Pedagang Kaki Lima

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:49 WIB / Andi Riri
Kodim Jayapura Salurkan Bantuan Presiden Kepada Pedagang Kaki Lima Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Edwin Apria Candra menyerahkan secara simbolis bantuan tunai pemerintah kepada perwakilan pedagang, di Makodim Jayapura, Jumat (22/10)/Istimew

JAYAPURAwartaplus.com - Kodim 1701/Jayapura menyalurkan bantuan Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo kepada Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW) di Kota Jayapura, Papua. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp1,2 Juta untuk setiap pedagang.

Launching penyaluran bantuan tunai ini berlangsung di Makodim Jayapura, Jumat (22/10), dihadiri oleh pejabat KPPN Jayapura, perwakilan Pemerintahan Kota Jayapura, Polresta Jayapura, Bank BRI. Tercatat ada 100 PKLW penerima bantuan.

Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Edwin Apria Candra mengatakan, bantuan pemerintah ini untuk meringankan beban PKLW di masa pandemi Covid-19. Dimana dalam pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut, pihaknya telah melakukan verifikasi data para PKLW terlebih dahulu.

“Jadi PKL dan warung ini kita cek secara secara detail berdasarkan data yang sudah ada. Kemudian kita verifikasi melalui system online sehingga kecil kemungkinan dan bahkan tidak mungkin terjadi duplikasi karena sudah ada program terlebih dahulu yaitu BPUM,”jelasnya.

Lanjut Dandim, untuk mencegah terjadinya kesalahan atau duplikasi,  pihaknya menyalurkan bantuan dengan beberapa tahapan diantarannya yaitu melakukan registrasi, kemudian verifikasi data berupa KK dan KTP, mengisi formulir serta melakukan pemotretan pada saat PKLW sudah menerima bantuan tersebut. 

“Semua proses penyaluran Bantuan Tunai ini dari hulu ke hilir itu sudah melalui system online guna mencegah terjadinya kesalahan maupun duplikasi,” terang Dandim.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban para PKLW selama pandemi covid-19 ini. “Harapan kami juga, dengan adanya pemberian bantuan ini, pertumbuhan ekonomi dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat cepat terwujud,”harapnya.

Ditanya soal berapa banyak PKLW yang menerima bantuan tunai, jawab Dandim, untuk Kodim 1701/Jayapura pihaknya menyalurkan bantuan Tunai kepada sebanyak seribu PKLW.

“Tapi untuk launching hari ini karena hari jumat (hari pendek) kita salurkan untuk seratus orang. Kemudian secara bertahap kita lakukan pada hari senin hingga jumat minggu depannya. Harapannya minggu depan semuanya dapat terdistribusi kepada seribu PKLW,”beber Dandim.

Dandim berpesan agar bantuan dari Pemerintah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat sebagai modal usaha sehingga diera pandemi ini mereka tetap bisa berkarya dan roda perekonomian tetap berjalan.

Ditempat yang sama, salah satu mama Papua, Alestina rouw yang terdaftar sebagai PKLW di Kota Jayapura mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo yang sudah memperhatikan dirinya dan para pedagang kaki lima lainnya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Presiden dan juga kepada bapak-bapak TNI yang sudah rela membantu usaha kami. Semoga Tuhan memberkati bapak Presiden dan bapak TNI dalam tugas dan pekerjaan sehari-hari serta keluarganya senantiasa diberkati Tuhan,”ucap Alestina.**


BACA JUGA

Hadiri Pelantikan Panitia Pemilihan MRPP, Dandim Jayawijaya Berharap Semoga Amanah Jalankan Tugas

Kamis, 13 April 2023 | 09:39 WIB

Dandim 1701/Jayapura Kini Dijabat Letkol Inf Henry Widodo

Sabtu, 11 Maret 2023 | 06:29 WIB

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, TNI Polri di Jayapura Intensifkan Patroli Gabungan

Selasa, 17 Januari 2023 | 18:23 WIB

Babinsa Kodim Jayapura Kunjungi Warga yang Mengungsi Akibat Gempa

Rabu, 04 Januari 2023 | 17:25 WIB

Kodim Jayapura dan PPNP-RI Berbagi Bingkisan Natal ke Panti Asuhan, Kaum Disabilitas dan Janda

Sabtu, 24 Desember 2022 | 16:49 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

13 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

14 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

14 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

21 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com