MENU TUTUP

Seorang Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata Tertangkap

Rabu, 03 November 2021 | 09:39 WIB / Reza
Seorang Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata Tertangkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH/Istimewa

YAHUKIMO,wartaplus.com  – Penangkapan terhadap DPO anggota KKB Kali I pimpinan Tendius Gwijangge bernama Yentinus Kogoya, Selasa (2/10/2021) di Jalur 3 (tiga) Paradiso, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Penangkapan tersebut berdasarkan LP Polres Yahukimo dengan Nomor LP/16/V/2021/Papua/Res Yahukimo, LP/23/VI/2021/PAPUA/RES Yahukimo tanggal 25 Juni 2021 dan LP/27/VII/2021/Papua/Res Yahukimo, tanggal 10 Juli 2021.

Dari hasil pemeriksaan awal terhadap DPO, diketahui bahwa Yentinus Kogoya telah berada di Kota Dekai selama 4 (empat) tahun dirinya bekerja di tambang yang berada di Kali I, Kabupaten Yahukimo.

Yentinus Kogoya adalah salah satu kelompok KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya, yang berperan sebagai penerjemah, penghubung dan bermain dalam media sosial. Selain itu dirinya juga pernah terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri oleh kelompok KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, DPO Kelompok KKB Nduga an. Yentinus Kogoya merupakan DPO Polres Yahukimo sejak bulan Juni 2021. LP/16/V/2021/ Papua/ Res Yahokimo  dan diduga terlibat beberapa kasus ke kekerasan termasuk kasus Pembunuhan  terhadap warga masyarakat  yang mengakibatkan 4 orang  meninggal dunia dan 1 luka-2 tukang bangunan  mantan  pekerja tambang.

“Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh personel Polres Yahukimo diketahui bahwa Yentinus Kogoya adalah Kumis Kogoya berdasarkan hasil dari Laporan Polisi yang dikeluarkan oleh Reskrim Polres Yahukimo. Saat ini personel masih melakukan pemeriksaan intensif, terkait keterlibatan Yentinus Kogoya dalam kelompok KKB Nduga yang berada di wilayah Kabupaten Yahukimo,”ujarnya.

Pasca penangkapan yang dilakukan oleh personel gabungan, situasi Kamtibmas di Kabupaten Yahukimo aman dan kondusif, kegiatan masyarakat berjalan seperti biasa.*

 


BACA JUGA

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

Senin, 20 Mei 2024 | 09:41 WIB

Distrik Homeyo Berhasil Dikuasai, Aparat Gabungan TNI Bantu Evakuasi Warga Kembali ke Rumahnya

Minggu, 19 Mei 2024 | 05:58 WIB

Satgas Damai Cartenz Kembali Berhasil Tangkap Komandan KKB Wilayah Dokoge Paniai

Minggu, 19 Mei 2024 | 05:56 WIB

KKB Kembali Berulah, Tembak Mati Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jumat, 17 Mei 2024 | 23:29 WIB

Terungkap Pelaku Pembunuh Danramil Aradide Sering Dibantu Sembako oleh Korban

Senin, 13 Mei 2024 | 10:15 WIB
TERKINI

Paulus Waterpauw Jadi Gubernur Papua, Ondoafi Sentani: Kami Bersepakat Mendukungnya

8 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Berbagi Praktik Menjaga Keanekaragaman Hayati di Papua

9 Jam yang lalu

Satgas Damai Cartenz-2024 Tangkap Anggota KKB Pembakar Camp dan Alat Berat di Puncak

17 Jam yang lalu

KPK Temukan Dua Perusahaan di Papua Tunggak Pajak Lebih dari Rp1 Miliar

17 Jam yang lalu

Hengky Heselo: Siapa Saja yang Berniat Gagalkan Pilkada Silahkan Ditindak

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com