MENU TUTUP

Yanto Eluay Meminta Jangan Kaitkan Kematian Ayahnya dengan Jenderal Andika Perkasa

Senin, 08 November 2021 | 13:19 WIB / Andi Riri
Yanto Eluay Meminta Jangan Kaitkan Kematian Ayahnya dengan Jenderal Andika Perkasa Anak almarhum Theys Eluay, Yanto Eluay/Andi Riri

JAYAPURAwartaplus.com - Isu keterlibatan Jenderal Andika Perkasa dalam kasus pembunuhan Ketua Dewan Presidium Papua, Theys Hiyo Eluay kembali menyeruak setelah dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Panglima TNI.

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi bersama Imparsial dan aktivitas HAM seperti dikutip dari Koran Tempo, meminta Presiden untuk memverifikasi rekam jejak Andika  sebelum melantiknya. Andika dituding memilki catatan buruk karena terlibat pelanggaran HAM khususnya terkait penculikan dan pembunuhan Theys Eluay pada November 2001 silam.

Menanggapi tudingan tersebut, keluarga besar Theys Eluay melalui anak tertuanya, Yanto Eluay kepada wartawan di Jayapura menegaskan, kasus yang merenggut nyawa ayahnya tersebut tidak lagi dipermasalahkan.

"Selaku anak almarhum dan yang dituakan dalam keluarga besar saya menegaskan bahwa kami sudah melakukan deklarasi damai pada 10 Novembev 2018. Bahwa dalam pernyataan sikap kami sebagai umat beragama sudah memaafkan kepada siapapun pelakunya," tegas Yanto di sela sela menghadiri HUT Korem 172/PWY,  Senin (08/11).

Bahwa, lanjut ia, pihak keluarga telah mencabut kasus pembunuhan yang sudah dikategorikan sebagai pelanggaran HAM tersebut.

"Kami melihat kasus ini banyak dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk mencari keuntungan, untuk komoditas politik. Pernyataan sikap ini bahkan kami sudah sampaikan langsung ke Presiden," ujar Ketua Presidium  Putra Putri Pejuang Pepera (P5) ini.

Yanto menegaskan, setelah pihak keluarga mengampuni dan memafkan para pelaku yang juga sudah menerima hukuman atas  perbuatannya, maka pihaknya secara total mencabut kasusnya.

"Kami juga menyatakan siap bekerjasama dengan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat papua," tegas Yanto.

Ia menambahkan, isu yang menimpa Jenderal Andika Perkasa sebelumnya pernah muncul saat beliau menjadi calon Kepala Staf Angkat Darat (Kasad) pada 2018 lalu.

"Sekali lagi saya minta kepada pihak ataupun oknum tertentu yang sengaja ingin menghalangi peningkatan karir beliau dengan mengaitkannya dengan kasus kematian Theys Eluay segera hentikan. Karena kami secara tegas juga sudah memafkan para pelakunya," tegas Yanto.**


BACA JUGA

Jabat Panglima TNI, Ini Kebijakan Pengamanan di Papua Ala Jenderal Andika

Kamis, 02 Desember 2021 | 12:34 WIB

Ondofolo Ini Diamankan Polisi, Diduga Jadi Otak Penyerangan dan Pembakaran di Kompleks Bandara Sentani

Selasa, 07 September 2021 | 16:44 WIB

Deklarasi Ormas P5, Yanto Eluay Ajak Lupakan Luka di Masa Lalu

Rabu, 28 Oktober 2020 | 16:35 WIB

Otsus Untuk Kesejahteraan Masyarakat Papua, Bukan Jadi Konflik Sosial

Rabu, 02 September 2020 | 05:07 WIB
TERKINI

Sambut Natal, Danrem 172/PWY Anjangsana ke Sejumlah Tokoh Agama di Jayapura

36 Menit yang lalu

Pemprov Papua akan Gelar Natal Bersama Masyarakat di Januari 2022

1 Jam yang lalu

Tokoh di Nabire Minta KPK Usut Dugaan Korupsi Dana PON dan Otsus

4 Jam yang lalu

Ondoafi Sosiri di Kabupaten Jayapura Minta Gubernur Papua Istirahat dari Kegiatan Pemerintahan

5 Jam yang lalu

Doren Wakerkwa Sampaikan Terima Kasih Dukungan Media di Peparnas XVI Papua

15 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com