MENU TUTUP

Kodim1701 Siap Dukung Program Pengembangan Kakao di Kabupaten Jayapura

Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:48 WIB / Andi Riri
Kodim1701 Siap Dukung Program Pengembangan Kakao di Kabupaten Jayapura Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Richard Arnold Sangari/Istimewa

Jayapurawartaplus.com - Kodim 1701/Jayapura siap mendukung program pengembangan tanaman kakao oleh pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua. Program ini telah ada sejak lama dan diinisiasi oleh NGO (organisasi non pemerintah/LSM), namun sayangnya tidak berlanjut.

Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Richard Arnold Sangari kepada wartawan, Kamis (27/01) lalu menuturkan, mendukung program tersebut, pihaknya akan menurunkan personil Babinsa untuk membantu mensosialisasikan program ini kepada masyarakat.

"Melalui Babinsa kita akan bantu sosialisasikan ini kepada masyarakat (petani), Babinsa akan bergabung dalam setiap kelompok tani," ujar Dandim

Ia menjelaskan, TNI Angkatan Darat memiliki program pembinaan pertahanan wilayah (Bintahwil), dimana tugas pokok satuan Kodim adalah menjaga pertahanan wilayah darat.

"Ini juga harus dijaga yang namanya ketahanan artinya secara ekonomi masyarakat terjamin. Di kabupaten Jayapura ada pertanian palawija, perkebunan. Nah, Pemda punya program, kami juga punya program pembinaan teritorial (binter) sehingga itu yang disenergikan," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si menggelar pertemuan dengan Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Richard Arnold Sangari, Senin (24/01/2022). Dalam pertemuan itu membahas terkait rencana kerjasama pengembangan tanaman kakao yang diinisiasi oleh NGO dan dinas terkait.

"Ini sebenarnya rencana lama teman-teman NGO dan dinas bicarakan mengenai Kakao Kabupaten Jayapura ini harus bangkit. Sudah dibuat database petani itu berapa, juga luasannya berapa dan seterusnya. Ini bisa muncul semua di peta kabupaten, dan itu sudah ada," ucap Mathius. Sekarang ini, lanjut ia, bagaimana ditingkatkan dengan kerja-kerja yang profesional. 

Kerjasama dengan TNI dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih sudah pernah dilakukan jaman Pangdam Almarhum Letjen Herman Asaribab.

"Kita sudah buat kajian, juga sudah kita diskusikan dan sudah kita rencanakan. Namun setelah Pangdam sebelumnya ini sudah tidak ada, itu sudah tidak terkomunikasikan lagi," ungkap Bupati.

"Nah, sekarang Dandim yang baru ini juga punya latarbelakang pertanian yang cukup mumpuni. Oleh karena itu, kita ajak diskusi dulu, untuk bagaimana kita terus kesepakatan-kesepakatan yang dulu dilakukan dengan Pangdam sebelumnya," jelas Mathius.

Kerjasama dengan Kodim, lanjut Mathius, perlu dilakukan mengingat mereka punya personil Koramil dan Babinsa yang setiap saat bisa digerakkan bergabung dengan petani.**

 


BACA JUGA

Hadiri Pelantikan Panitia Pemilihan MRPP, Dandim Jayawijaya Berharap Semoga Amanah Jalankan Tugas

Kamis, 13 April 2023 | 09:39 WIB

Dandim 1701/Jayapura Kini Dijabat Letkol Inf Henry Widodo

Sabtu, 11 Maret 2023 | 06:29 WIB

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, TNI Polri di Jayapura Intensifkan Patroli Gabungan

Selasa, 17 Januari 2023 | 18:23 WIB

Babinsa Kodim Jayapura Kunjungi Warga yang Mengungsi Akibat Gempa

Rabu, 04 Januari 2023 | 17:25 WIB

Kodim Jayapura dan PPNP-RI Berbagi Bingkisan Natal ke Panti Asuhan, Kaum Disabilitas dan Janda

Sabtu, 24 Desember 2022 | 16:49 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

16 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

17 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

19 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

19 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com