MENU TUTUP

Menjaga Kestabilan Harga, Bupati Teluk Wondama: Segera Dibangun SPBU

Senin, 20 Juni 2022 | 10:08 WIB / Roberth
Menjaga Kestabilan Harga, Bupati Teluk Wondama: Segera Dibangun SPBU Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Hendrik Mambor/Antara

MANOKWARI,wartaplus.com - Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Hendrik Mambor mengharapkan segera dibangun stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayahnya untuk menjaga ketersediaan pasokan dan kestabilan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Sampai sekarang belum ada satupun SPBU di Wondama, padahal itu sangat dibutuhkan. Selain untuk ketersediaan BBM,  juga untuk menjaga kestabilan harga dan lain-lain," kata Bupati Mambor di Manokwari, Senin.

Dengan tidak adanya SPBU di Wondama, katanya, selama ini masyarakat harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk  mendapatkan solar dan pertalite yang merupakan bahan bakar subsidi dari pemerintah.

Bupati Mambor mengharapkan dukungan dari semua pihak agar SPBU yang rencananya akan dibangun di Wasior, ibu kota Kabupaten Teluk Wondama bisa segera diwujudkan dalam waktu dekat. "Kalau bicara investasi, kami butuh dukungan dari semua pihak. Kalau tidak seperti itu, maka semua menjadi terhambat," ujarnya.

Bupati Mambor mengatakan sudah ada investor yang akan membangun SPBU di daerahnya. Bahkan investor tersebut sudah datang ke Wasior untuk membeli lahan milik masyarakat yang akan digunakan untuk membangun SPBU.

Lahan yang akan dibangun SPBU itu, katanya, bahkan sudah mendapatkan rekomendasi dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). "Investor sudah mau membuatkan sertifikat atas lahan untuk pembangunan SPBU. Begitu pergi mengurus sertifikat di BPN (Badan Pertanahan Nasional), tahu-tahu lahan itu masuk dalam kawasan yang tidak boleh dibangun karena masuk dalam kawasan peta berwarna ungu, berarti itu zona yang dilindungi," ujarnya.

Selain merekomendasikan lokasi tersebut untuk dibangun SPBU, pihak BKSDA juga merekomendasikan beberapa lokasi lainnya sebagaimana usulan Pemkab Teluk Wondama.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut, Bupati Mambor berharap dukungan dari semua pihak untuk menurunkan status lahan dari zona dilindungi menjadi zona yang bisa dibangun SPBU.

Pemkab Teluk Wondama juga tetap membuka diri terhadap investor yang ingin membangun SPBU lainnya di wilayah tersebut. "Kami berharap bukan hanya satu SPBU yang mau dibangun, kalau ada orang lain lagi yang mau masuk silakan sehingga program BBM Satu Harga bisa dinikmati. [Antara]


BACA JUGA

Pj Bupati Jayapura Komitmen Dukung Pembentukan DOB Grime Nawa

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:09 WIB

Kejati Papua Tetapkan Plt Bupati Mimika Sebagai Tersangka Dugaan Korupsi

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:57 WIB
Ketidaksukaan Oknum Lawan Politik

Ini Kata Bupati Mimika Soal Kasus Dugaan Korupsi yang Disangkakan Kepadanya

Kamis, 05 Januari 2023 | 20:07 WIB

Bupati Mimika Ditangkap KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan Gereja Kingmi

Rabu, 07 September 2022 | 20:04 WIB

Bupati Yahukimo Tunjuk Kantor Pengacara Pieter Ell Ajukan Banding ke PTUN Makassar

Senin, 15 Agustus 2022 | 17:19 WIB
TERKINI
Ketua Peradi Kota Jayapura, Petrus Paulus Ell

Peradi Kota Jayapura Akan Memberikan Bantuan Hukum Secara Gratis Kepada Masyarakat

3 Jam yang lalu

DPD PDIP Papua akan Gelar Hajatan Besar 8 - 9 Februari di GOR Cenderawasih Jayapura

9 Jam yang lalu

Dua Korban Perahu Karam di Sungai Mamberamo Ditemukan Meninggal Dunia

16 Jam yang lalu

Seorang Pemilik Bengkel Terluka Parah Dibacok OTK di Intan Jaya

19 Jam yang lalu

Dipilih Secara Aklamasi, Gubernur Waterpauw Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se Tanah Papua

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com