MENU TUTUP

Pasca Kerusuhan, Bupati Dogiyai Berharap Situasi Kamtibmas Kondusif Jelang Natal dan Tahun Baru

Kamis, 17 November 2022 | 09:54 WIB / Andi Riri
Pasca Kerusuhan, Bupati Dogiyai Berharap Situasi Kamtibmas Kondusif Jelang Natal dan Tahun Baru Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa didampingi Kapolres Kompol Samuel D, Tatiratu/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Pertemuan Pemda dan Polres Dogiyai dalam rangka membahas situasi Kamtibmas pasca kerusuhan beberapa hari lalu, berrlangsung di Mapolres Dogiyai, Rabu (16/11) siang.

Pertemuan dihadiri langsung Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, dan Kapolres Dogiyai Kompol Samuel D, Tatiratu.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Dogiyai menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya seorang anak, akibat kecelakaan lalu lintas dan juga meninggalnya seorang warga yang menjadi korban kerusuhan beberapa hari lalu.

Dirinya juga mengatakan, selaku Bupati Dogiyai sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi dan berharap tidak terulang lagi di masa mendatang.

"Tentunya peristwa ini tidak diinginkan siapapun, tetapi faktanya telah terjadi karena itu saya sangat menyayangkan peristiwa ini," kata Yakobus.

Kasus Berbeda

Lanjutnya, dalam masalah yang terjadi harus terdapat 2 kasus yang berbeda yakni kecelakaan lalu lintas dan kerusuhan.

"Yang pertma kasus kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan seorang anak meninggal dunia. Kedua adalah kekerasan yang dilakukan oleh massa dimana terjadi pembakaran, kemudian tindakan pembunuhan dan tindakan kekerasan yang lainnya," ucapnya.

Dirinya secara tegas menyatakan bahwa sesungguhnya kasus satu dengan kasus yang lain tidak ada kaitan apapun. Karena itu dalam penyelesaian ini kedepan, supaya kecelakaan lalu lintas harus diselesaikan sendiri dan sama halnya dengan kasus kekerasan itu harus diselesaikan sendiri.

"Dengan tegas saya meminta supaya kedua kasus ini dapat diselesaikan melalui proses hukum," tegasnya.

Menurutnya, banyak orang telah menjadi korban dan kehilangan tempat tinggal tempat usaha termasuk pemerintah juga mengalami kerugiann yang sangat besar karena kantor telah dibakar dan tindakan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi, karena itu dirinya sangat mengutuk tindakan yang terjadi.

"Saya berharap kejadian ini tidak terjadi lagi dikemudian hari, kejadian kali ini harus menjadi yang terakhir kali dan tidak boleh hal semacam ini terjadi lagi," harapnya.

Bupati Dogiyai juga meminta kepada pihak Kepolisian menjelang natal dan tahun baru agar mengambil langkah-langkah yang ketat dan situasi kamtibmas harus dikendalikan dengan baik jangan ada ruang dimana siapapun yang melakukan aksi kekerasan.

Untuk itu, Yakobus Dumupa mengimbau kepada seluruh masyarakat Dogiyai agar tidak mengambil aksi-aksi yang merugikan semua orang.

"Jangan ada pemalangan jalan yang menghambat mobilisasi orang, karena itu mulai hari ini seluruh warga masyarakat Dogiyai tidak boleh melakukan tindakan pemalangan sepanjang jalan yang ada di Kabupaten Dogiyai," imbaunya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pertemuan yang dilakukan untuk mengambil langkah-langkah kedepan terkait situasi Kamtibmas di Kabupaten Dogiyai.

"Kami lakukan pertemuan dan membahas langka-langkah apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan situasi dan memulihkan ekonomi di Kabupaten Dogiyai," kata Kabid Humas.

Relatif Kondusif

Terkait situasi Kamtibmas, dirinya mengatakan sampai saat ini di Kabupaten Dogiyai relatif kondusif, aktifitas masyarakat mulai normal kembali.

Kombes Kamal menambahkan, aparat gabungan yang berada di Kabupaten Dogiyai juga meningkatkan patroli di seputaran kota untu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Situasi di Dogiyai ini dapat kami kendalikan dan situasi sekarang dalam kondisi aman dan nyaman  aktifitas masyarakat  berjalan dengan baik, tentu kami masih melakukan patroli ke titik titik yang ditentukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," pungkasnya.**

 

 


BACA JUGA

Aksi Pemalakan Berujung Tertembaknya Seorang Warga dan Pembakaran Kios di Dogiyai

Sabtu, 21 Januari 2023 | 19:09 WIB

Keributan di Mapolres Tolikara, Seorang Warga Meninggal Dunia

Selasa, 20 Desember 2022 | 08:11 WIB

Ini Pemicu Aksi Pembakaran Puluhan Kios dan Motor di Pasar Waghete Deiyai

Senin, 12 Desember 2022 | 17:20 WIB

Panen Sayur Kol Bersama Masyarakat, Binmas Noken dan Pemda Dogiyai Gelar Acara Adat Bakar Batu 

Jumat, 02 Desember 2022 | 09:44 WIB

Ketua KNPB Dogiyai Ditangkap, Dituding Dalang Kerusuhan

Rabu, 23 November 2022 | 07:45 WIB
TERKINI
Ketua Peradi Kota Jayapura, Petrus Paulus Ell

Peradi Kota Jayapura Akan Memberikan Bantuan Hukum Secara Gratis Kepada Masyarakat

2 Jam yang lalu

DPD PDIP Papua akan Gelar Hajatan Besar 8 - 9 Februari di GOR Cenderawasih Jayapura

8 Jam yang lalu

Dua Korban Perahu Karam di Sungai Mamberamo Ditemukan Meninggal Dunia

15 Jam yang lalu

Seorang Pemilik Bengkel Terluka Parah Dibacok OTK di Intan Jaya

18 Jam yang lalu

Dipilih Secara Aklamasi, Gubernur Waterpauw Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se Tanah Papua

19 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com