MENU TUTUP

Ini Pemicu Aksi Pembakaran Puluhan Kios dan Motor di Pasar Waghete Deiyai

Senin, 12 Desember 2022 | 17:20 WIB / Andi Riri
Ini Pemicu Aksi Pembakaran Puluhan Kios dan Motor di Pasar Waghete Deiyai pulihan kios/lapak di pasar Waghete, Deiyai hangus dibakar sekelompok massa, Senin (12/12) siang/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Sebanyak 50 unit kios/ lapak dan 9 unit sepeda motor dibakar sekelompok massa di kompleks pasar Waghete, jalan Waghete 1, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah, Senin (12/12/2022) siang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan persnya di Jayapura, Senin sore membenarkan peristiwa tersebut.

"Benar dari informasi tadi siang terjadi aksi pembakaran pasar di Waghete, Kabupaten Deiyai oleh sekelompok warga," katanya.

Kombes Kamal menjelaskan, kejadian itu bermula ketika salah satu warga membeli pakaian di sebuah kios, dan mencobanya. Namun baju yang dicobanya itu terasa gatal di badan, sehingga terjadi keributan antar pembeli dan penjual.

"Dari keributan itu datang sekelompok warga dan melakukan pembakaran kios baju tersebut yang kemudian merembet ke kios-kios lainnya. Dimana kios tersebut terbuat dari kayu, papan yang mudah terbakar,"  beber Kamal.

Akibat pembakaran tersebut, lanjut ia, sedikitnya 50 kios dan 9 unit motor hangus terbakar serta terdapat 4 korban luka, 1 diantaranya adalah anggota TNI.

"Untuk kerugiaan materiil pastinya, masih didatakan oleh petugas di lapangan," sebutnya.

Kombes Kamal menambahkan, saat ini Bupati bersama Forkopimda setempat telah berada di lokasi kejadian untuk meredam aksi susulan.

"Satuan  Reskrim Polres Deiyai masih melakukan penyelidikan terkait pelaku pembakaran kios milik warga di Pasar Waghete Kabupaten Deiyai," tuturnya

Ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin membuat situasi kamtibmas di Kabupaten Deiyai jadi tidak kondusif.

"Kita mengimbau agar kasus ini diserahkan ke penyidik Polri dan tidak ada kekerasan lagi baik terhadap orang maupun barang, karena hal ini tentu akan mengganggu pembangunan di Deiyai dari segala aspek,” imbaunya.

Lebih lanjut katanya, pasca kejadian situasi Kamtibmas di Kabupaten Deiyai relatif aman kondusif, aparat keamanan masih berjaga di lokasi kejadian dan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.**


BACA JUGA

Elimelek Edowai Dilantik Sebagai Penjabat Bupati Deiyai

Sabtu, 24 Februari 2024 | 18:18 WIB

Massa Pendukung Caleg Saling Serang di 9 Distrik Puncak Jaya, 62 Orang Terluka

Kamis, 15 Februari 2024 | 07:22 WIB

Personil Polri yang Amankan TPS di Dogiyai Diserang Warga

Rabu, 14 Februari 2024 | 18:39 WIB

Kantor BKPSDM Dogiyai Dilahap Si Jago Merah

Senin, 04 September 2023 | 06:05 WIB

Jalan Sehat HUT Gerindra di Jayapura Berujung Ricuh, Panitia Dipukul Warga

Rabu, 22 Maret 2023 | 16:22 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

14 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

18 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

21 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com