MENU TUTUP

Pangdam Cenderawasih Resmikan Gerai 'Bang Pace' Korem 172/PWY di Bandara Sentani

Minggu, 08 Januari 2023 | 12:23 WIB / Andi Riri
Pangdam Cenderawasih Resmikan Gerai 'Bang Pace' Korem 172/PWY di Bandara Sentani Foto bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama Kasdam, Danrem 172/PWY dan mama Papua/Andi Riri

SENTANI, wartaplus.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa meresmikan gerai 'Bang Pace' di Bandara Udara Theys Eluay Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (08/01) siang.

Peresmian gerai Bang Pace ditandai dengan pengguntingan Pangdam. Ini menjadi pusat ole oleh pertama yang dikelola Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 172/PWY.

Gerai Bang Pace menyediakan beragam jenis oleh oleh kuliner khas papua dengan produk unggulan Abon Gulung, dan Kue Bolen, ada juga Kopi Bubun An Meke, Keripik Tempe, Manisan Kelapa, Keripik Talas Ungu, Selai Kelapa, Nugget ikan, Kerupuk Sagu dan Kacang Sembunyi.

Selain itu tersedia juga ole ole khas Papua lainnya seperti kain batik dan beragam aksesoris seperti gelang, tas, kalung bermotif Papua yang dibuat oleh para pengrajin UMKM Mama Papua Mampu.

Menarik, karena di gerai ini juga tersedia kopi khas Papua dari Guten Morgen.

Pangdam Saleh dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Korem 172/PWY terkhusus Danrem Brigjen TNI JO Sembiring yang telah berinovasi dan berkontribusi dalam membantu memajukan perekonomian khususnya UMKM Mama Papua.

"Apapun yang kita usahakan jika kita lakukan secara bersama sama, saling tolong menolongpasti Tuhan akan memberkati. Apalagi kegiatan ini didasari dengan niat yang tulus untuk membantu peningkatan kesejahteraan, perekonomian masyarakat Papua, khususnya mama mama Papua," ucap Pangdam.

Ia menambahkan, Kodam Cenderawasih akan senantiasa memberikan dukungan untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap jajaran dalam peningkatan kesejahteraann masyarakat di tanah Papua.

Danrem 172/PWY, Brigjen TNI JO Sembiring menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan launching usaha Bang Pace di gerai utama Makorem, bertepatan dengan syukuran HUT Korem 172/PWY ke-59 pada 12 November 2022 lalu.

Menurut ia, pembukaan gerai Bang Pace di Bandara ini sebagai bukti komitmen Korem 172/PWY dalam upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Papua. 

"Usaha ini menjajakan berbagai kuliner produk UMKM dari mama-mama Papua yang telah membangun usaha secara mandiri setelah mendapat bimbingan teknis dari program gebyar Mama Papua Mampu Korem 172/PWY," tuturnya.

Di kesempatan itu Danrem menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga gerai Bang Pace bisa diresmikan di bandara.

“Kami berharap usaha kuliner ini bisa diterima dan dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya dengan pemilihan pembukaan gerai pertama di Bandara Internasional Sentani ini. Hal ini didukung oleh pihak Angkasa Pura sebagai bentuk dukungan mereka dalam peningkatan UMKM. Saat ini kami juga berkolaborasi dengan Cafe Guten Morgen,” harap Danrem.

Sementara itu salah satu mama Papua Mampu, Engelina Felle mengaku terkejut, karena mereka baru saja selesai mengikuti pelatihan bimtek yang digelar Korem. Namun saat ini mereka sudah dibukakan lapangan usaha untuk membuat kue yang akan dijajakan di gerang Bang Pace.

"Awalnya kaget sih, karena kami kan baru saja ikut pelatihan. Tapi sekarang sudah diberikan tempat untuk menjual. Tentunya kami sangat bersyukur, terima kasih bapak Danrem dan jajaran yang sudah membantu kami mama Papua dalam mengembangkan usaha rumahan kami," ucap Engelina yang menjual roti dan manisan kelapa.

Peresmian Gerai Bang Pace dihadiri Kasdam Cenderawasih berserta sejumlah Pejabat Utama Kodam, Penjabat Bupati Jayapura bersama jajaran Forkopimda, pihak Angkasapura dan perwakilan sejumlah maskapai penerbangan.**

 

 

 

 

 

 

 


BACA JUGA

Kasrem 172/PWY Kini Dijabat Kolonel Inf Bobbie Triyantho, Pejabat Sebelumnya jadi Danrem 063/SGJ

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:32 WIB

Pasca Rusuh, Danrem 172/PWY Kunjungi Distrik Namblong Pastikan Situasi Kondusif

Rabu, 03 Januari 2024 | 08:03 WIB

Meriahkan Hut Kemerdekaan, Korem 172/PWY Gelar Berbagai Lomba Bersama Masyarakat

Senin, 21 Agustus 2023 | 13:56 WIB

Semarak Tahun Baru Islam, Korem 172/PWY Gelar Jalan Santai di Wilayah Distrik Heram

Kamis, 20 Juli 2023 | 11:47 WIB

Jelang Pemilu 2024, Danrem 172/PWY Imbau Pemuda Tidak Terprovokasi Isu Hoaks

Minggu, 25 Juni 2023 | 06:37 WIB
TERKINI

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

3 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

18 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

22 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

1 Hari yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com