MENU TUTUP

Serahkan NPHD, Pj Bupati Puncak Jaya Ingatkan Konsisten Distribusikan Dana Hibah

Selasa, 21 Maret 2023 | 19:47 WIB / Andi Riri
Serahkan NPHD, Pj Bupati Puncak Jaya Ingatkan Konsisten Distribusikan Dana Hibah Pj Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran, S.Sos.,M.AP/ProkopimPJ

MULIA, wartaplus.com - Penjabat Bupati H. Tumiran, S.Sos.,M.AP memimpin apel gabungan ASN, Instansi Vertikal, Tenaga Honorer dan Ormas, di halaman kantor Bupati, Senin (21/03) pagi.

Tampak lapangan dipenuhi oleh para peserta apel yang dirangkaikan dengan penyerahan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kepada instansi, lembaga dan organisasi masyarakat. 

Hadir dalam penyerahan Ketua DPRD Zakaria Telenggen, Dandim 1714/Puncak Jaya Letkol Inf. Denny Salurerung, S.Sos, Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara, S.H, S.I.K, M.H, Sekretaris Daerah Yubelina Enumbi, SE., M.M, Sekwan Elita Telenggen, S.Pd, Asisten Sekda, Staf Ahli, para pimpinan OPD, dan penerima dana hibah.

Adapun penerima NPHD yaitu Polres Puncak Jaya, Kodim 1714/PJ, KPU Puncak Jaya, Bawaslu Puncak Jaya, PKK Puncak Jaya, DWP Puncak Jaya, Klasis GIDI, UPPD Samsat, KONI Puncak Jaya, Paskibra Puncak Jaya, FPPJ, PSSI Puncak Jaya serta KNPI Puncak Jaya.

Dalam kesempatan itu, guna pembinaan politik di Puncak Jaya ikut ditandatangani NPHD kepada Partai PDIP, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai PKB, Partai PAN, Partai Demokrat dan Partai Berkarya. 

Dalam amanatnya, Pj Bupati membeberkan hasil rapat yang diikuti selama perjalanan luar daerah yaitu rapat kordinasi yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta (diinisiasi oleh Direktorat Jendral Keuangan Daerah).

"Atas permintaan oleh Gubernur Provinsi Papua, membicarakan Dana Bagi Hasil Daerah selama ini masih tertahan, karena belum adanya regulasi sebagai dasar dalam penyaluran yang dilakukan oleh PT. Freeport Indonesia kepada seluruh Kabupaten Kota dan Provinsi di Tanah Papua," ungkap Tumiran.

Dana Bagi Hasil Tertahan

Ia mengaku, sampai saat ini rapat tersebut belum tuntas. Hal ini karena  adanya pemekaran daerah otonomi baru, sehingga terjadi perubahan regulasi termasuk mekanisme penyaluran dana penghasil.

"Terlebih khusus royalti dari PT. Freeport Indonesia juga mengalami kendala karena adanya perubahan regulasi ini. Oleh karna itu semua wilayah kabupaten kota di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Tengah yang belum mendapatkan transfer royalti sampai sekarang, dan kita semua masih menunggu keputusan dari Mahkamah Agung Indonesia," jelasnya.

Dalam arahannya, Pj Bupati mengingatkan bahwa tim Badan Pemeriksa Keuangan akan melakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, ia meminta setiap Kepala OPD agar menyiapkan setiap dokumen yang diperlukan dalam pemeriksaan.

"Setiap kegiatan yang dikelola baik itu kegiatan besar maupun kecil, tetap akan diperiksa. Dan kewajiban kita harus menyiapkan dokumen pendukung, sehingga kita berharap pemeriksaan ini cepat selesai," harapnya.

Penjabat Bupati juga menegaskan agar setiap ASN dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak lagi membawa proposal, karena Dana APBD sudah terbagi habis. Sehingga tidak adanya bantuan perorangan maupun bantuan sosial dan akan fokus untuk Pemilu dan Pilkada tahun 2024 yang akan datang.

Dikesempatan itu, PJ Bupati berharap semua elemen bisa terus bersinergi untuk menjaga situasi kondusif Puncak Jaya. ASN jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu, lebih cermat dan bijak dalam menggunakan sosial media yang ada.

Diakhir amanatnya Pj Bupati mengucapkan Selamat memasuki Ibadah Suci Bulan Ramadhan 1444H dan menyongsong Hari Raya Idhul fitri. 

"Semoga kita selalu menjaga toleransi atar umat beragama di antara kita," ucapnya.(ProkopimPJ)


BACA JUGA

Pimpin Daerah Konflik di Papua, Dr.H. Tumiran Raih Penghargaan Future Leader Award 2024

Sabtu, 09 Maret 2024 | 15:02 WIB

Puncak Jaya Kondusif Pasca Saling SerangĀ  Pendukung Caleg Partai Gerindra dan NasDem

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:31 WIB

Angkat Isu Kearifan Lokal, Penjabat Bupati Tumiran Raih Gelar Doktor Ilmu Sosial, IPK 3,78

Rabu, 31 Januari 2024 | 19:01 WIB

Plh Sekda Puncak Jaya Minta TPID Rutin Pantau Harga Sembako

Senin, 29 Januari 2024 | 12:26 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah dan 90 Proyek Pembangunan

Senin, 22 Januari 2024 | 17:57 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

11 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

11 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

11 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

18 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com