MENU TUTUP

Sambut Lebaran, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Bazar Ramadhan Serentak di Wilayah Papua

Senin, 17 April 2023 | 20:50 WIB / Andi Riri
Sambut Lebaran, Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Bazar Ramadhan Serentak di Wilayah Papua Kasdam XVII/Cenderawasih saat meninjau salah satu stan yang menjual telur lokal/Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com - Jelang perayaan Idul Fitri Idul Fitri 1444 H/2023 M, Kodam XVII/Cenderawasih menggelar Bazar dan Pasar Murah Ramadhan yang digelar secara serentak di seluruh wilayah Papua, Senin (17/04).

Untuk wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura, Bazar dan Pasar Murah yang dikoordinir langsung oleh Korem 172/PWY digelar di lapangan Trikora Abepura, Kota Jayapura dan dibuka secara resmi oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha.

Berbagai kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, telur dan bahan pangan lainnya disediakan dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran.

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha kepada wartawan di sela sela kegiatan mengatakan, bazar dan pasar murah ini digelar untuk membantu masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri.

"Karena peningkatan harga biasanya cukup tinggi jelang hari raya keagamaan seperti kali ini perayaan Idul Fitri, sehingga kami dari Kodam XVII/Cenderawasih membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka," ujar Kasdam.

Dalam kegiatan pasar murah ini, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait serta melibatkan para distributor barang yang ada di Kota Jayapura.

"Dengan adanya pasar murah ini, diharapkan harganya bisa dijangkau masyarakat oleh khususnya yang beragama muslim maupun non-muslim. Kita harap masyarakat di bulan Ramadan ini atau di saat hari raya Idul Fitri nantinya semua bisa bergembira," harapnya.

Kasdam menyebut ada sebanyak 16 distributor barang yang dilibatkan salah satunya dari Bulog maupun pelaku usaha yang ada di Kota Jayapura.

"Semuanya kami ajak untuk berpartisipasi di acara ini," terangnya seraya menambahkan kegiatan bazar dan pasar murah ini hanya digelar sehari selama sehari.

Meski dibuka untuk umum, artinya semua masyarakat bisa berbelanja, namun aku Kasdam, ada batasan untuk pembelian.

"Jadi tidak boleh membeli banyak, namun harus disesuaikan dengan kebutuhan. Karena barang yang dijual disini, bukan untuk diperdagangkan kembali," tegasnya.

"Mari kita manfaatkan Bazar Ramadhan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri," ajak Kasdam.

"Ini juga merupakan salah satu bentuk pemberdayaan umat dan menandakan kebangkitan usaha masyarakat di bulan Ramadhan," sambungnya.

Di akhir wawancara, Kasdam menyampaikan ucapan terima kasih seluruh unsur Forkopimda, seluruh mitra, para pengusaha dan pemilik grosir serta seluruh elemen masyarakat yang sudah ikut bergabung dalam mendukung kegiatan Bazar Ramadhan ini.

Acara pembukaan bazar dihadiri Kepala BI Papua, perwakilan unsur Forkopimda baik Provinsi maupun Kabupaten dan Kota Jayapura, Para Asisten dan Kabalakdam XVII/Cenderawasih serta Pengurus Persit KCK PD XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, Kepala perwakilan BI Papua, Juli Budi Winantya menyambut baik kegiatan bazar ramadhan ini.

"Kegiatan ini untuk menekan inflasi pada saat perayaan hari besar keagamaan, karena kita lihat peningkatan perniagaan selama ramadhan ini temporer, makanya harga barang bisa naik. Sehingga memang diperlukan kegiatan pasar murah seperti ini, agar bisa dijangkau oleh masyarakat," katanya.**

 


BACA JUGA

Tahun Baru 2024, TNI AD Berikan Kado Istimewa untuk Masyarakat Kaureh Papua

Jumat, 05 Januari 2024 | 07:03 WIB

Kodam Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Dipimpin Irdam Brigjen TNI Mukhlis

Jumat, 10 November 2023 | 18:09 WIB

Tekan Inflasi, Pemda Puncak Jaya Gelar Pasar Murah di Distrik Muara

Kamis, 19 Oktober 2023 | 15:48 WIB

Peringati Hut ke-78, TNI di Papua Komitmen Jaga Kedamaian Pemilu 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 | 13:19 WIB

Sehari Jelang Hut ke-78 TNI, Kodam XVII/Cenderawasih Ziarah ke TMP Kusuma Trikora

Rabu, 04 Oktober 2023 | 19:16 WIB
TERKINI

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

1 Hari yang lalu

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

1 Hari yang lalu

Telkomsel Sukses Mengawal Melayani Kenyamanan Komunikasi Dalam Pemilu Serentak 2024

1 Hari yang lalu

Pj Bupati Tumiran Tekankan Hal Ini Saat Rapat Pelaksanaan Pengamanan Sidang Pleno Pemilu

1 Hari yang lalu

Partai Golkar Dirugikan, Christian Yan Warinussy Diminta Klarifikasi Pernyataan Yang Menyesatkan

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com