MENU TUTUP

Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kota Kabupaten Wilayah I Mamta Dibuka 29 Mei - 07 Juni 2023

Kamis, 25 Mei 2023 | 20:46 WIB / Andi Riri
Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kota Kabupaten Wilayah I Mamta Dibuka 29 Mei - 07 Juni 2023 Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Wilayah I Mamta, Jackson Jumame didampingi anggota Timsel, Kelana Nugroh dan Nancy Yoafifi saat memberikan keterangan pers, Kamis (25/05)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Dalam rangka pembentukan Bawaslu di Kota Kabupaten wilayah adat Mamta yang meliputi Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Mamberamo periode 2023 - 2028, tim seleksi calon anggota Bawaslu mulai membuka pendaftaran pada 29 Mei hingga 07 Juni 2023.

Ketua Tim Seleksi, Jackson Yumame dalam keterangan persnya, Kamis (25/05) sore di kantor Sekertariat gedung BPMP Kotaraja, Kota Jayapura mengatakan, pembukaan pendaftaran untuk pembentukan Bawaslu di 5 kabupaten/kota tersebut mengacu pada Keputusan Bawaslu nomor 173/KP.01/KI/05/2023 atas kewenangan yang diberikan UU no.7 tentang pemilihan umum.

"Mengacu dari keputusan Bawaslu tersebut, kami dari tim seleksi membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Bawaslu," ujar Jackson yang didampingi anggota timsel Kelana Nugroho dan Nancy Yoafifi.

Persyaratan

Adapun persyaratan umum pendaftaran diantaranya berusia minimal 30 tahun saat mendaftar, berpendidikan paling rendah sekolah menengah atau sederajat dan berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota pembentukan Bawaslu ini  dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

"Pendaftar juga tidak boleh anggota partai, kalau anggota partai minimal 5 tahun sudah mengundurkan diri," terang Jackson.

Sedangkan jika pendaftar merupakan ASN maupun karyawan BUMN maka harus bersedia mengundurkan diri jika terpilih nantinya.

Persayaratan penting lainnya, lanjut Jackson, bahwa pendaftar harus sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana, serta tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan penyelenggara pemilu.

Lampiran Berkas Lamaran 

Anggota Timsel, Kelana Nugroho menambahkan, surat lamaran nantinya ditujukan kepada Tim Seleksi, dengan turut melampirkan foto copy KTP, pas foto berwarna 4x6 sebanyak 5 lembar, foto copy ijazah terakhir, daftar riwayat hidup dan sejumlah surat keterangan lainnya seperti surat keterangan kesehatan dari Rumah sakit, surat keterangan dari Kepolisian (SKCK), dan lampiran surat keterangan lainnya sesuai dengan persyaratan pendaftaran.

"Untuk keterangan tambahan pelamar bisa melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi pelamar, sebagai dasar penilaian dalam seleksi administrasi," ujar Kelana.

Lanjut ia, untuk formulir berkas administrasi bisa didapatkan di Kantor Sekertariat Tim Seleksi atau melalui laman www.bawaslu.go.id dan link link : https;//tinyurl.com/4jvtjvca

Dokumen pendaftaran bisa diantar langsung atau melalui pos kilat khusus ke Sekertariat tim seleksi di gedung BPMP jalan guru Kotaraja, Kota Jayapura [email protected].

Anggota Timsel Nancy Yoafifi menyebutkan, bagi pelamar yang datang langsung wajib membawa dokumen pendaftaran dalam bentuk softcopy dan dalam bentuk pdf.

"Masing masing dokumen dirangkap tiga, satunya asli dan dua lainnya salinan," terangnya.

Sesuai jadwal pendaftaran dibuka mulai 29 Mei hingga 07 Juni 2023.

"Jadi berkas hardfile ini diserahkan ke Sekertariat timsel wilayah 1 (mamta) paling lambat 7 Juni 2023," tegas Nancy.

Masing masing dokumen fisik untuk wilayah Kota Jayapura gunakan map merah, Kabupaten Jayapura map kuning, Keerom map hijau, Sarmi map biru dan Mamberamo Raya map abu abu.

"Untuk pendaftara tidak dipungut biaya," pungkas Nancy.** 

 


BACA JUGA

Pendukung Partai PPP dan NasDem Bentrok di Lanny Jaya 

Senin, 04 Maret 2024 | 09:31 WIB

Bawaslu Papua: 25 TPS Gelar PSU dan 9 TPS Lakukan PSL

Selasa, 20 Februari 2024 | 09:02 WIB

Ini Penyebab Kantor Bawaslu Puncak Jaya Dipalang Panitia Pengawas Distrik

Jumat, 02 Februari 2024 | 20:19 WIB

DKPP Periksa Lima Anggota Bawaslu RI dan Dua Anggota Bawaslu Paniai

Rabu, 31 Januari 2024 | 10:39 WIB

Polda Papua Ikuti Sosialisasi Bawaslu Tentang Pengawasan Dana Kampanye

Selasa, 05 Desember 2023 | 19:48 WIB
TERKINI

Kapolda Papua Ajak Tokoh Agama Berperan dalam Mewujudkan Pilkada Damai di Kepulauan Yapen

9 Jam yang lalu

Tim Evaluator Kemendagri Apresiasi Capaian Kinerja Triwulan Ketiga Pj Gubernur Papua

9 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Tandatangani MOU dengan Kemenhub Terkait Pengembangan Bandara Nabire

12 Jam yang lalu

PTFI Dukung Peresmian Gereja Aroanop Kerahkan Helikopter dan Bus Mudahkan Transportasi Warga dan Logistik

12 Jam yang lalu

Sapi Qurban Bantuan Presiden di Papua, Jenisnya Limosin dengan Berat 845 Kg

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com