MENU TUTUP

Tujuh Terduga Pelaku Pembunuh Michele Kurisi, Anggota KNPB Militan Baliem Barat

Senin, 09 Oktober 2023 | 13:40 WIB / Andi Riri
Tujuh Terduga Pelaku Pembunuh Michele Kurisi, Anggota KNPB Militan Baliem Barat Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani didampingi Kasatgas Humas Kasatgas Damai Cartenz Akbp Dr. Bayu Suseno saat memberikan keterangan pers/Humas DC 2023

JAYAPURA, wartaplus.com - Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz mengklaim, tujuh terduga pelaku pembunuh Aktivis Perempuan Papua, Michele Kurisi disinyalir merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Militan Baliem Papua Barat.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani S.Sos, S.I.K, MH kepada wartawan di Jayapura, Senin (07/10) mengatakan, pihaknya masih menelusuri keterlibatan tujuh pelaku dengan kelompok KNPB yang selama ini getol menyuarakan kemerdekaan Papua, serta acapkali menyebarkan propaganda negatif di media sosial tentang isu Papua.

"Kita masih dalami pemeriksaan terhadap tiga pelaku yang sudah diamankan. Dari pemeriksaan, memang sempat menyebut soal KNPB Militan Papua Barat, namun masih kita telusuri lagi," ungkap Faizal didampingi Kasatgas Humas Damai Cartenz Akbp Dr. Bayu Suseno.

Faizal mengatakan, ketiga PM, AW dan RK, saat ini ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rutan Polda  Papua, untuk kepentingan penyidikan.

Sementara, empat terduga pelaku lainnya yakni berinisial KW, JW, DW, dan K, telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).
Kombes Faizal menjelaskan, dari tiga tersangka yang ditangkap, satu diantaranya berinisial RK diketahui sebagai pelaku utama yang melakukan pembunuhan terhadap Michele Kurisi.

"Pelaku utamanya berinisial RK yang ditangkap di Jayapura," sebutnya.

Lebih jauh diungkapkan Faizal, dari keterangan para tersangka, terungkap jika pembunuhan ini telah direncanakan sebelumnya.

Ketiga tersangka dikenakan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan junto pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, junto pasal Pasal 354 KUHP tentang penganiayaan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dengan ancaman maksimal Hukuman Mati atau Pindana Penjara Seumur Hidup.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas Gakkum Damai Cartenz berhasil menangkap ketiga tersangka yang diduga sebagai pembunuh aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga pada 28 Agustus 2023, di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan, pada 5 Oktober 2023 lalu.

Michele Kurisi Doga merupakan salah satu aktivis perempuan yang cukup aktif menyuarakan hak-hak perempuan Papua. Ia bahkan beberapa kali menjadi narasumber dalam acara live di Youtube dengan isu tentang Papua.
Sebelumnya, dari video yang beredar, korban Michele dibunuh para pelaku dengan cara ditikam menggunakan pisau dan dipukul kepalanya menggunakan kayu.

Aksi ini direkam langsung oleh pelaku dan disebarkan melalui kanal media sosial mereka (facebook). Video pembunuhan michele Kurisi Doga ini kemudian beredar luas di media sosial dan viral.

Dalam Video viral tersebut diperlihatkan korban michele kurisi awalnya diinterogasi para pelaku, dan tidak lama kemudian terlihat korban tengah meregang nyawa di semak-semak dengan darah terkucur di baju bagian dada korban.

"Pembunuhan ini sadis dan kejam. Bagaimana bisa beberapa orang laki-laki membunuh seorang wanita, divideokan dan diviralkan," ujar Kombes Faizal menyesalkan.**


BACA JUGA

KKB Berulah di Intan Jaya, Bakar Sekolah Negeri Pogapa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:34 WIB

Kelompok Keni Tipigau Serang Polsek Homeyo Intan Jaya, Satu Warga Tewas

Selasa, 30 April 2024 | 20:32 WIB

Satu Anggota OPM Penyerang Posramil Kisor Maybrat Menyerahkan Diri

Jumat, 26 April 2024 | 05:44 WIB

Aksi Nyata Koops Habema, Baru Terbentuk Langsung Lumpuhkan OPM di Paro Nduga

Selasa, 23 April 2024 | 05:46 WIB

Kepala Suku: KKB Merugikan Banyak Pihak, TNI Polri Tolong Berikan Bertindak Tegas

Minggu, 21 April 2024 | 14:59 WIB
TERKINI

MURI : Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 10 Km di Kota Jayapura Raih Rekor Dunia

8 Menit yang lalu

Kukuhkan Organisasi Keagamaan, Pj Bupati: Harus Berinovasi Angkat Nama Baik Puncak Jaya

26 Menit yang lalu

Kapolda Sebut Tidak Ada Aksi Demo di Peringatan Hari Buruh Internasional di Papua

18 Jam yang lalu

KKB Berulah di Intan Jaya, Bakar Sekolah Negeri Pogapa

1 Hari yang lalu

Pemda Puncak Jaya Gelar Halal Bihalal, Pererat Silaturahmi dan Hubungan Harmonis Antar Umat Beragama

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com