MENU TUTUP

Tur Kampanye ke Wilayah Saireri, Mari-Yo Minta Restu Dewan Adat dan 7 Kepala Suku

Kamis, 24 Oktober 2024 | 13:39 WIB / Andi Riri
Tur Kampanye ke Wilayah Saireri, Mari-Yo Minta Restu Dewan Adat dan 7 Kepala Suku Kampanye tatap muka Mari-Yo dengan dewan adat dan kepala suku di Serui, Kepulauan Yapen, Kamis (24/10/2024)/dok.Tim Mari-Yo

SERUI, wartaplus.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua nomor urut 2, Matius Fakhiri - Aryoko Rumaropen atau Mari-Yo memulai tur kampanyenya ke wilayah adat Saireri.

Kota Serui, Kepulauan Yapen menjadi Kota pertama yang disinggahinya untuk melakukan kampanye terbatas, Kamis (24/10/2024).

Sebelum melakukan tatap muka dan blusukan ke pasar Aro Iroro, keduanya lebih dulu melakukan prosesi adat untuk meminta restu Dewan Adat dan tujuh Kepala Suku yang mendiami Kepulauan Yapen,  yakni Suku Yawa Unat, Suku Busami, Suku Berbai, Suku Aruisai, Suku Ampari, dan Suku Pombawo.

"Silahkan kepada bapak berdua melakukan perjalanan ke tempat satu, ke tempat lainnya untuk bertemu pimpinan dan masyarakat adat," kata Ketua Dewan Adat Daerah Yapen, Wellem Bonai Zaman Bonai.

Kepada tujuh Kepala Suku, Bonai meminta untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait apa yang sudah dibicarakan dalam prosesi adat.

"Semua sudah disiapkan, dan silahkan lanjutkan pesan itu kepada masyarakat," sambungnya.

Ia berharap, jika Mari-Yo terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Papua, bisa secepatnya menata ekonomi masyarakat Yapen, sebab saat ini kondisnya sudah sangat sulit sekali dari sisi ekonomi.

"Kami senang bapak berdua datang untuk bagaimana bersama-sama dengan kami untuk menyelesaikan persoalan yang ada, agar masyarakat ke depan bisa terlepas dari segala persoalan," ujarnya.

Adat Kekuatan Utama

Matius Fakhiri mengatakan dirinya sangat paham betul dengan noken yang sudah diserahkan Ketua Dewan Adat mewakili tujuh kepala suku, yang mana itu berisi semua keluh kesah masyarakat.

"Kami berdua akan tempatkan adat pada posisi yang sebenarnya karena adat yang membuat Papua itu indah, sebab adat tidak pernah membicarakan perbedaan apalagi rasis. Kami akan pastikan adat menjadi kekuatan utama di Tanah Papua," kata Fakhiri.

Ia juga memastikan kebersamaan, toleransi, dan harmonisasi akan benar-benar terwujud di Tanah Papua.

"Saya yakin dan percaya Ibu Kota Serui ini akan menjadi pusat bagi suku-suku yang ada di Kepulauan Yapen. Harus kita kuatkan. Apalagi saya punya kerinduan membangun trnsportasi yang lebih mudah dan murah. Tentunya kami akan siapkan sarana dan prasarana yang baik," tegasnya.

Fakhiri menyampaikan terimakasih kepada para Kepala Suku yang sudah mau menerima pasangan Mari-Yo di rumah adat, untuk mendapat kekuatan dalam bertarung di Pilkada 2024 Papua.

"Saya yakin dan percaya dengan kekuatan doa dewan adat dan para kepala suku, kami akan bertarung dan menangkan Pilkada ini demi perubahan Papua dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik ke depan,".

"Kami hadir bukan untuk perbedaan, mau orang apa saja boleh duduk di pemerintahan. Kita tidak boleh lagi ada perbedaan, agar orang Papua mana saja bisa ikut berkarya membangun Tanah Papua," katanya.

Sementara itu, Aryoko Rumaropen menyampaikan tentu keinginan besar kami ini bisa terlaksana dan terwujud sesuai harapan jika seluruh masyarakat Papua mendukung.

"Kami pastikan, seluruh dukungan itu akan tersalurkan pada 27 November 2024. Jika Tuhan menghendaki kami berdua memimpin Papua, keberpihakan kepada masyarakat adat akan kami wujudkan dalam kepemimpinam kami," tegas Rumaropen.

Sekedar untuk diketahui, pasangan Mari-Yo bertolak ke Kepulauan Yapen dengan menggunakan Kapal Labobar milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dengan menyediakan 100 tiket kapal gratis Jayapura-Serui bagi masyarakat yang ingin pulang kampung. (TIM)


BACA JUGA

Tokoh Pemuda Intelektual Komoro Ingatkan Masyarakat tidak Saling Berbenturan di Momen Pilkada 2024

Rabu, 23 Oktober 2024 | 13:55 WIB

Kata Penutup Mari-Yo di Debat Perdana Pilkada Gubernur Papua: Kami Siap Tepati Janji!

Selasa, 22 Oktober 2024 | 22:45 WIB

Kepala Suku Besar Paniai Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Papua Tengah 2024

Selasa, 22 Oktober 2024 | 15:33 WIB

Pastor Febronius: Biarlah Pilkada ini Ada Campur Tangan Tuhan supaya semua Berjalan Baik

Senin, 21 Oktober 2024 | 11:20 WIB
TERKINI

DPRD Sahkan Raperda APBD Perubahan TA 2024 Kabupaten Puncak Jaya

3 Jam yang lalu

Tur Kampanye ke Wilayah Saireri, Mari-Yo Minta Restu Dewan Adat dan 7 Kepala Suku

3 Jam yang lalu

Terjadi Ketidakadilan dan Keanehan Riwayat Jenjang Pendidikan Calon Bupati Kabupaten Sarmi

5 Jam yang lalu

PMDB Season 2 tahun 2024, Kontribusi Nyata Telkomsel untuk Generasi Muda Papua dan Maluku

9 Jam yang lalu

Kejati Papua Kembali Sita Rp978 Juta Uang Dugaan Korupsi PON XX

9 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com