MENU TUTUP

Penyaluran DAK Fisik 2018 di Papua Belum Optimal, Ini Penyebabnya

Kamis, 14 Februari 2019 | 18:16 WIB / Andi Riri
Penyaluran DAK Fisik 2018 di Papua Belum Optimal, Ini Penyebabnya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Agung Julianta/Istimewa

JAYAPURA - Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua mengklaim penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 di Provinsi Papua belum optimal.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua, Agung Julianta dalam rilisnya yang diterima wartaplus.com, Kamis (14/2/2019) membeberkan penyebabnya karena sejumlah kabupaten gagal dalam menyalurkan DAK Fisik tahap 2 dan 3. Bahkan ada juga yang gagal dala menyalurkan mulai tahap pertama sehingga secara otomatis tahap 2 dan 3 nya juga tidak tersalurkan.

"Beberapa permasalahan dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2018 antara lain, progres kegiatan fisik di beberapa pemda mengalami keterlambatan, sehingga dokumen sebagai dasar penyaluran tidak dapat disiapkan tepat waktu," ungkap Julianta.

Sementara keterlambatan dana desa dalam menyampaikan laporan realisasi penyerapan dan capaian ouput, sehingga mengakibatkan desa lain dalam kabupaten terkait mengalami keterlambatan dalam penyaluran dana desa tahap berikutnya.

"Adanya keterlambatan dalam mengupload beberapa kontrak kegiatan dan dokumen persyaratan lainnya pada aplikasi omspan, yang terjadi karena kurangnya cek and balance antara SKPD dengan BPKAD," terangnya.

Adanya kendala teknis di Pemda seperti keterlambatnya proses lelang pengadaan barang/jasa, dan sebagainya.

Adanya beberapa permasalahan/kendala dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa serta memperhatikan besarnya pagu DAK Fisik dan Dana Desa yang dialokasikan pada tahun 2019, menuntut komitmen bersama untuk mematuhi dan melaksanakan berbagai ketentuan persyaratan penyaluran yang telah ditetapkan.

"Dengan demikian diharapkan penyaluran DAK Fisik maupun Dana Desa pada tahun 2019 dapat berjalan dengan lebih baik, efektif dan optimal," harapnya.

 

Meski belum optimal, Agung mengaku realisasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Realisasi DAK Fisik tahun 2018 sebesar Rp 4.40 triliun atau 90.0 persen dari alokasi pagu Rp 4,89 triliun.Realiasi tersebut lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 79,9 persen,"akunya

Sementara menyoal dana desa. Untuk realisasi, penyaluran tahun 2018 sebesar Rp 4,28 triliun atau 99,8 persen dari alokasi pagu Rp 4,29 triliun. Realisasi penyaluran tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 98,3 persen.*

 

 

 


BACA JUGA

Sebanyak 113 Pejabat Administrator di Lingkungan Pemprov Papua Dilantik

Jumat, 15 Maret 2024 | 20:54 WIB

Kembali Panen Cabai, Pj Gubernur Papua Pastikan Stok Aman Saat Ramadhan

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:08 WIB

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:30 WIB

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:08 WIB

Tunggakan Beasiswa Program Siswa Unggul Papua Periode Juli - Desember Siap Dibayarkan Pekan Depan

Kamis, 18 Januari 2024 | 19:59 WIB
TERKINI

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Malam Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 di Kota Solo

3 Jam yang lalu

Aksi Penghijauan di Grasberg Awali Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 di Kabupaten Mimika

12 Jam yang lalu

Faturachman Resmi Dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua

14 Jam yang lalu

Hak-Hak Masyarakat Hukum Adat di Wilayah Tanah Papua

16 Jam yang lalu

KKB Kembali Berulah, Tembak Mati Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

20 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com