MENU TUTUP

Pasca Penembakan, Bupati Puncak Gelar Bakar Batu, Ini Tujuannya

Jumat, 16 Agustus 2019 | 21:59 WIB / Cholid
Pasca Penembakan, Bupati Puncak Gelar Bakar Batu, Ini Tujuannya Bupati kabupaten Puncak Willem Wandik menggelar acara bakar batu bersama ribuan warga/istimewa

ILAGA - Pasca Aksi kriminalitas hingga perang suku yang terjadi di Kabupaten Puncak, Bupati Willem Wandik menggelar acara Bakar Batu, Kamis (15/8) pagi.

Acara bakar batu yang diinisiasi oleh Bupati Puncak, dihadiri para Tokoh agama, adat dan aparat keamanan serta ribuan masyarakat yang datang dari berbagai Distrik. Acara ini tidak lain untuk mengajak seluruh pemangku kepentingan menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Puncak agar aman, nyaman serta kondusif dari berbagai persoalan yang ada.

Bupati kabupaten Puncak Willem Wandik menuturkan, acara bakar batu menurut filosofi adat masyarakat Pegunungan Tengah yakni kebersamaan, persatuan, gotong-royong,tanpa memandang kelas dan status sosial.

"Perbedaan bukan penghalang untuk bersatu dan bersama, sehingga acara ini merupakan satu jalan untuk kita berkumpul dan menyamakan persepsi agar tidak ada lagi pertumpahan darah di Tanah kita ini," tegasnya.

Kata Wandik, saat ini kondisi di Kabupaten Puncak aman kondusif seperti hari biasanya pasca perang suku serta aksi kekerasan yang menewaskan satu anggota Kepolisian.

Lanjut Willem dengan acara makan bersama, bisa menjadi tonggak awal menuju acara perdamaian di Kabupaten Puncak.

"Makan bersama untuk mempersatukan kelompok-kelompok yang masih berseberangan, termasuk konflik pertikaian saudara, untuk kembali bersatu sebagai satu keluarga besar di Kabupaten Puncak. makan bersama ini juga untuk mengajak semua elemen masyarakat di Kabupaten Puncak, untuk bersama dengan pemerintah, untuk membangun daerah ini, bakar batu keladi ini juga sebagai bentuk memeriahkan Hut Proklamasi RI ke-74 di Kabupaten Puncak," ungkapnya

“Ya,kondisi di Puncak, aman-aman saja, anda sendiri liat, penerbangan satu hari saja bisa capai 20-30 flight, sekolah normal, pasar juga orang berjualan, ini menandakan Kabupaten Puncak sudah kondusif, sudah normal lagi. hanya saja saya selalu sampaikan buat teman teman kita dari TNI/Polri,kita perlu waspada di wilayah seperti ini, karena mereka ini hampir muka sama, marga sama, sehingga kewaspadaan itu perlu,” ungkapnya lagi.

Willem juga mengajak semua pihak terlebih khusus bagi kelompok yang berseberangan ideologi untuk bersama-sama membangun Kabupaten Puncak.

"Yang masih berseberangan ideologi, agar berhenti dengan tindakan-tindakan melakukan penembakan di Ilaga, sebab sudah terhitung hampir ada enam nyawa anggota TNI/Polri yang sudah gugur, Saya ajak kalian diluar sana, mari datang, Kabupaten Puncak ada ini, untuk kami semua, pemerintah siapkan lapangan kerja dan sebagainya yang penting datang dan bicara, jangan pakai cara-cara kekerasan, kalian harusnya mengambil bagian dan membangun di Kabupaten Puncak ini,”ajaknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang anggota Polisi Polda Papua bernama Briptu Hedar ditemukan tewas setelah sebelumnya sempat diculik oleh Orang tak Dikenal saat melintas di kampung Usir bersama rekannya dengan menggunakan sepeda motor. Korban diduga diculik dan dibunuh oleh Kelompok Separatis Bersenjata pimpinan Lekagak Telenggen.**

 

 


BACA JUGA

Babinsa Posramil Fawi Bergotong Royong Bersama Masyarakat dalam Acara Bakar Batu Sambut Natal

Minggu, 24 Desember 2023 | 15:23 WIB

Pj Bupati Puncak Jaya Raih Penghargaan Sebagai Inovator Perubahan Indonesia Awards 2023

Sabtu, 18 November 2023 | 05:59 WIB

Kondisi Geografis, Keterbatasan Prasarana dan SDM jadi Kendala Penanganan Stunting di Puncak Jaya

Kamis, 16 November 2023 | 09:47 WIB

Rayakan Maulid Nabi Bersama Prajurit Kodim Puncak Jaya, Pj Bupati Sampaikan Pesan Ini

Senin, 09 Oktober 2023 | 17:12 WIB

Kadistrik dan Kepala Kampung Pasang Badan, Bantah Tuduhan Korupsi Bupati Puncak Jaya

Minggu, 13 September 2020 | 04:52 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

19 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

19 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

22 Jam yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

22 Jam yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

22 Jam yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com