MENU TUTUP

Menteri PMK Apresiasi Pemprov Papua Bangun Venue PON Bertaraf Internasional

Sabtu, 25 Januari 2020 | 09:50 WIB / Djarwo
Menteri PMK Apresiasi Pemprov Papua Bangun Venue PON Bertaraf Internasional Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy / Djarwo

JAYAPURAwartaplus.com - Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( PMK), Muhadjir Effendy mengapresiasi beberapa venue bertaraf internasional yang telah siap sebagai tempat penyelenggara PON XX di Cluster Jayapura.

Di dampingi Sekretaris Daerah Papua, Herry Dosinaen, Kementrian PUPR, Ketua PB PON, Yunus Wonda dan Instansi terkait pemerintah provinsi Papua, meninjau dan mengecek langsung kesiapan pembangunan venue cricket dan venue hockey dan Stadion Papua Bangkit, di Sentani , Kabupaten Jayapura

Menurut Effendy kedatangan dirinya ke Jayapura kali ini yakni untuk meninjau persiapan pembangunan venue PON, dan setelah meninjau langsung dirinya menyatakan progres pembangunannya bagus, kondisinya sudah sangat meyakinkan dan semua sudah di rancang  berstandar internasional.

"Untuk Stadion Papua Bangkit yang akan di gunakan untuk acara pembukaan dan penutupan PON sudah 100 persen selesai, bahkan sudah mencapai lebih dari 100 persen," ujar Muhadjir, Jumat (24/1).

Sedangkan hal yang lain misalnya Akomodasi, Sarana prasana atlet, kiranya perlu di kawal dan bekerja keras untuk mengejar jadwal yang sudah di tetapkan.

"Jadi ini sudah standar Internasional layaknya lapangan di Amsterdam, rumput saja dari Itali.Jadi ini nanti kita akan registrasi ke viva untuk lapangan internasional," terangnya.

Ia harapkan beberapa venue yang sudah berstandar internasional ini tidak hanya di manfaatkan untuk PON saja, tetapi di gunakan pasca PON agar nantinya tempat ini akan menjadi pusat kegiatan cabor ini tidak hanya bertaraf nasional tetapi juga bertaraf internasional,

Kata Effendy untuk venue cricket dan hockey ini juga akan menampung atlet handal dan berbakat yang di banggakan oleh Indonesia.

"Karena itu saya menyarankan kepada pemerintah provinsi agar dapat memanfaatkan fasilitas yang ada ini dengan baik, jangan sampai bangunan ini terbengkalai," ujarnya 

Hanya saja lanjutnya untuk cricket dan hockey  masih perlu di benahi sedikit yaitu akses jalan dari kota menuju venuenya.

" Ini  yang kita lihat masih belum bergerak, saya minta agar pemerintah segera perhatikan. Hebat, Papua hebat Papua juara," bebernya.

Berkaitan dengan hal itu juga , Effendy menjelaskan bahwa dengan ada sarana olahraga yang bertaraf internasional ini menjawab mimpi Bapak Presiden yaitu wilayah kalimantan timur untuk membangun Indonesia sentril artinya guna percepatan pertumbuhan wilayah timur juga mengejar ketertinggalannya dengan wilayah barat.

"Kita berharap akan ada poros pertumbuhan Jayapura -Kalimantan Timur sehingga di Jayapura akan ada poros untuk pertumbuhan ekonomi dan peradaban Indonesia timur karena problem Indonesia ini adalah ketimpangan spacial untuk pertumbuhan yang sangat tajam antara wilayah barat dan wilayah di timur," jelasnya.

Pihaknya  memberi apresiasi kepada pemerintah provinsi Papua yang telah merealisasikan stadion dan venue yang bertaraf internasional di Papua

"Jadi stadion ini terbaik di Indonesia , dan saya rasa yang tidak ada di Jakarta itu ada di Papua seperti cricket satu-satunya di Indonesia ada di Papua dan ini positif untuk mengejar ketertinggalan wilayah indonesia timur, dan pertumbuhan yang lain akan mengikuti," pungkasnya.**

 


BACA JUGA

Atlet PON XX Papua Terima Bonus Rp4,9 Miliar dari PTFI

Rabu, 09 Maret 2022 | 20:44 WIB

Gubernur dan Sekum KONI Papua Terima Penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia 2022

Senin, 07 Februari 2022 | 14:38 WIB

Pemprov Papua Gelar Natal Bersama dan Syukuran Sukses PON Peparnas

Kamis, 27 Januari 2022 | 05:03 WIB

Gubernur Papua Serahkan Simbolis Penghargaan dan Bonus Atlet Peraih Medali PON XX

Sabtu, 20 November 2021 | 21:07 WIB

PON XX 2021 Jadi Awal Pemulihan Perekonomian Papua

Selasa, 26 Oktober 2021 | 05:45 WIB
TERKINI

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

43 Menit yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

15 Jam yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

19 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

22 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com