MENU TUTUP

Pemprov Papua Berharap Kerjasama Pendidikan dengan Universitas Aberdeen Skotlandia Terwujud

Jumat, 31 Januari 2020 | 09:18 WIB / Andi Riri
Pemprov Papua Berharap Kerjasama Pendidikan dengan Universitas Aberdeen Skotlandia Terwujud Perwakilan Universitas Aberdeen saat pertemuan dengan Kepala BPSDM provinsi Papua, Kamis (30/1/2020) – Foto Dok BPSDM Papua

JAYAPURAwartaplus.com- Pemerintah Provinsi Papua melalui  Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua mengharapkan kerjasama dengan 

Universitas Aberdeen, Skotlandia di bidang pendidikan bisa segera terwujud.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala BPSDM Papua, Aryoko A.F Rumaropen kepada pers usai menerima kunjungan delegasi Universitas Aberdeen, Skotlandia dalam rangka menjajaki kerjasama dalam dunia pendidikan, Kamis (30/1)

Dalam pertemuan itu, delegasi Universitas Aberdeen dipimpin oleh Wakil Rektor University of Aberdeen (Skotlandia) ,Prof Richard Wells, Dominic Milne, Senior Strategic Relationship and Sponsor Manager dan Brook Ross, MA, MBA, Managing Director, Indonesia Education Partnerships dengan Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko A.F Rumaropen. 

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kepala BPSDM Papua, pada intinya membahas kerjasama dalam dunia pendidikan serta membuka kesempatan serta peluang kepada pelajar anak asli Papua untuk bisa menimba ilmu disana.

"Pertemuan awal ini sangat positif dan pada pertemuan berikutnya kita berharap segera terwujud kerjasama kedua pihak [Universitas Aberdeen dan Pemerintah Provinsi Papua] dalam bidang pendidikan," ujar Aryoko.

Menurut dia, kerjasama dengan Universitas Aberdeen Inggris ini akan menambah warna daftar sejumlah perguruan tinggi di luar negeri yang sudah dijajaki kerjasama dengan pemerintah provinsi Papua.

"Kita tahu bahwa Bapak Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, dalam visi dan misinya memberi perhatian serius bagi dunia pendidikan di Papua. Sebab itu dengan adanya kerjasama dengan pihak Universitas Aberdeen, kesempatan serta peluang bagi adik-adik kita pelajar asli Papua untuk menuntut ilmu di luar negeri kian bertambah dengan banyaknya pilihan universitas terbaik di senatero dunia," katanya panjang lebar.

Lanjut jelasnya, lewat kerjasama dengan universitas terkenal dan terbaik di luar negeri, maka bisa cepat mengangkat citra dan mutu sumber daya manusia Papua yang unggul dan takut akan Tuhan. "Sudah banyak bukti putri/putra Papua yang sukses menimba ilmu di universitas luar negeri, semoga terus lahir anak-anak Papua yang hebat dan berkualitas," katanya.

Antusias

Sementara itu, perwakilan Universitas Aberdeen,  Brook W Roos mengatakan, pihaknya begitu antusias dan respek dengan pemerintah provinsi Papua yang merespon baik peluang bekerjasama dalam dunia pendidikan.

Dia menginformasikan selain dengan pemerintah provinsi Papua, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan pemprov Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) diantaranya dengan Unsyiah, Banda Aceh dan Unimal, Aceh Utara serta dengan tiga Rumah Sakit (RS) milik Pemerintah Aceh di Bana Aceh, yakni Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA), Rumah Sakit Jiwa (RSJ), dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA).

Menurut Brook W Roos, pemprov Papua pantas dan layak untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Aberdeen, sebab universitas ini tidak kalah pamor dengan sejumlah uiversitas elit dunia dari sisi kualitas lulusannya.

“University [universitas] Aberdeen secara konsisten berada masuk dalam 200 universitas terbaik di dunia dan di Inggris menempati peringkat ke-30,” tutupnya.**


BACA JUGA

Sebanyak 113 Pejabat Administrator di Lingkungan Pemprov Papua Dilantik

Jumat, 15 Maret 2024 | 20:54 WIB

Kembali Panen Cabai, Pj Gubernur Papua Pastikan Stok Aman Saat Ramadhan

Selasa, 27 Februari 2024 | 17:08 WIB

Pj Gubernur Papua dan Ketua DWP Tinjau Perkembangan Rehabilitasi TK Pertiwi Kota Jayapura

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:30 WIB

Panen Cabai di Arso Keerom, Pj Gubernur Papua: Semoga Dapat Menekan Inflasi

Kamis, 22 Februari 2024 | 09:08 WIB

Tunggakan Beasiswa Program Siswa Unggul Papua Periode Juli - Desember Siap Dibayarkan Pekan Depan

Kamis, 18 Januari 2024 | 19:59 WIB
TERKINI

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

33 Menit yang lalu

Momen Hari Kartini, TP-PKK Puncak Jaya Perkenalkan Kerajinan Tangan Khas Daerah

5 Jam yang lalu

Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda Papua, Derek Hegemur

8 Jam yang lalu

Peralihan Uang Kartal ke Uang Digital, Penyebab Turunnya Realisasi SERAMBI 2024 di Papua

12 Jam yang lalu

Pemprov Papua Dukung Audit Rinci LKPD 2023, Kepala OPD Diminta Siapkan Data

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com