MENU TUTUP

Peringati Hari Pancasila, Korem 172/PWY Gelar Dialog Interaktif di RRI Jayapura

Jumat, 29 Mei 2020 | 17:03 WIB / Andi Riri
Peringati Hari Pancasila, Korem 172/PWY Gelar Dialog Interaktif di RRI Jayapura Suasana dialog interaktif peringatan hari lahirnya Pancasila yang berlangsung di Makorem 172/PWY Padang Bulan, Jumat (29/5)/dok.Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com - Pancasila sebagai Ideologi negara (staatsidee), merupakan dasar negara atau sering disebut juga dengan dasar falsafah negara ( philosophische grondslag), dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus terus dijaga dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkaitan dengan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2020, Korem 172/Praja Wira Yakthi memperingatinya dengan menggelar dialog interaktif yang disiarkan langsung On Air di RRI Jayapura dengan mengangkat tema “Papua Pancasila Dalam Bingkai NKRI”. Dialog interaktif digelar di Makorem 172/PWY Padangbulan Abepura, Jumat (29/05).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol covid-19. Dialog interaktif digelar dengan tujuan untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasial kepada masyarakat, sesuai dengan tema yang di angkat.

“Tentunya sesuai dengan arahan Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih, kita on air di RRI Jayapura supaya masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai Pancasila dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena Pancasila merupakan Ideologi yang sudah sesuai dengan,  kepribadian bangsa kita khususnya di Papua in,i” ujar Danrem 172/PWY Kolonel Inf. Izak Pangemanan dalam rilisnya

Menurutnya, musyawarah untuk mufakat adalah salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yang tentunya sudah sangat sesuai dengan adat dan budaya yang ada di Papua.

“Kita tahu bahwa Obey atau yang kita kenal sebagai pendopo di Jawa, adalah merupakan tempat yang di gunakan untuk musyawarah oleh masyarakat adat di Jayapura dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dapat mencapai mufakat bersama,”tutur Danrem .

Sementara itu, ketua DPD Pemuda Mandala Trikora ProvinsinPapua, Ali Kibay Wanggai mengatakan, demi tegaknya NKRI, maka nilai Pancasila harus disosialiasaikan kepada masyarakat supaya tertanam dalam hati sanubari masyarakat untuk mengamalkan lima sila yang ada pada Pancasila.

“Sebagai anak asli Papua saya sangat bersyukur dan juga merasa bangga karena Papua menjadi salah satu barometer kebhinekaan Indonesia dengan toleransi yang tinggi," ujar Ali

Oleh karena itu, Ali mengajak mari bersama-sama mewujudkan Pancasila yang sejati.

"Saya berharap agar semua generasi muda di Papua untuk sama-sama, bahu membahu, tanpa membedakan agama, suku, golongan dan status, mari kita membangun tanah Papua yang bermartabat bermoral dalam bingkai NKRI," harapnya.

Adapun narasumber dalam dialog tersebut adalah tokoh masyarakat dan tokoh adat, Herman Yoku yang juga salah satu anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) dan tokoh pemuda ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Prov. Papua bung Ali Kibay Wanggai, sementara dari Korem 172/PWY hadir Kasiter Korem Letkol Inf Daniel P. Manalu, S.H., Kapenrem 172 Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, S.H., dan Kapten Kav Roland Junaidi.(Adv)

 

 


BACA JUGA

Kasrem 172/PWY Kini Dijabat Kolonel Inf Bobbie Triyantho, Pejabat Sebelumnya jadi Danrem 063/SGJ

Kamis, 14 Maret 2024 | 10:32 WIB

Pasca Rusuh, Danrem 172/PWY Kunjungi Distrik Namblong Pastikan Situasi Kondusif

Rabu, 03 Januari 2024 | 08:03 WIB

Meriahkan Hut Kemerdekaan, Korem 172/PWY Gelar Berbagai Lomba Bersama Masyarakat

Senin, 21 Agustus 2023 | 13:56 WIB

Semarak Tahun Baru Islam, Korem 172/PWY Gelar Jalan Santai di Wilayah Distrik Heram

Kamis, 20 Juli 2023 | 11:47 WIB

Jelang Pemilu 2024, Danrem 172/PWY Imbau Pemuda Tidak Terprovokasi Isu Hoaks

Minggu, 25 Juni 2023 | 06:37 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Hari yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

2 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

2 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com