MENU TUTUP

Menko PMK Siap Dorong Rehabilitasi Rumah Adat Papua

Rabu, 08 Juli 2020 | 03:57 WIB / Andi Riri
Menko PMK Siap Dorong  Rehabilitasi Rumah Adat Papua Kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendy bersama rombongan ke pendopo ‘Ondofolo Ondikeleuw Halenfoiteuw’di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (7/7)/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy siap mendorong rehabilitasi rumah adat di Papua. Hal ini diungkapkannya saat berkunjung ke pendopo adat ‘Ondofolo Ondikeleuw Halenfoiteuw’di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (7/7).  

Di kesempatan itu, Menko PMK menuturkan, rumah adat merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang harus dilestarikan keberadaannya. Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo agar setiap daerah dapat menonjolkan kearifan lokal dan kekhasan daerah masing-masing.

"Intinya negara itu concern terhadap keberadaan rumah adat dan cagar budaya. Seingat saya Papua belum pernah mengajukan pemugaran rumah adat, jadi mohon nanti ada inisiatif untuk rehabilitasi rumah adat, apalagi yang memiliki nilai fungsional," kata Muhadjir yang dalam kunjungannya ke Papua didampingi Menteri Kesehatan, dr. Terawan Putranto dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo.

Terkait rehabilitasi rumah adat, Muhadjir mengungkap bahwa pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki alokasi anggaran untuk pembangunan rumah adat.

"Oleh karena itu, silakan kalau ada yang minta untuk pemugaran rumah adat bisa lewat Kemenko PMK nanti saya rekomendasikan ke Ditjen Kebudayaan Kemendikbud," tukasnya.

Kunjungan Menko PMK dan rombongan ke Papua dalam rangka upaya percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Indonesia Timur.  Sebelum mengunjungi rumah adat milik ondofolo (tokoh adat) Sentani yang juga Ketua Dewan Presidium Papua, Alm Theys Hiyo Eluay, Menko PMK melakukan peresmian mesin sagu dan alat pengasap ikan serta memberikannya secara simbolis kepada kelompok masyarakat kampung Sereh, Distrik Sentani sekaligus melakukan penanaman pohon Yara

Sedangkan, malam harinya, Menko PMK menggelar Rapat Koordinasi bersama Bupati/Walikota se-Papua guna membahas percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Indonesia bagian timur tersebut.

Ondofolo Kampung Sereh Sentani, Yanto Eluay menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Menko PMK dan rombongan.

“Kami mewakili masyarakat adat kampung Sereh menyampaikan terima kasih kepada bapa Menteri dan juga Kepala BNPB, pak Doni Munardo yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke rumah adat kami. Bahkan terima kasih pula, karena sudah mau mendorong untuk rehab rumah adat ini,” ucap Yanto yang merupakan anak dari Tokoh Presidium Papua, Almarhum Theys Hiyo Eluay.**

 


BACA JUGA

Program TNI AD Manunggal Air Direspon Positif Masyarakat Papua, Kapaldam Cenderawasih: Banyak Permintaan dari Daerah

Jumat, 25 Agustus 2023 | 07:30 WIB

Tokoh Adat Papua Imbau Jaga Kedamaian Selama Momen Natal Hingga Tahun Baru 2022

Rabu, 29 Desember 2021 | 14:48 WIB

Yanto Eluay Meminta Jangan Kaitkan Kematian Ayahnya dengan Jenderal Andika Perkasa

Senin, 08 November 2021 | 13:19 WIB

Ondofolo Ini Diamankan Polisi, Diduga Jadi Otak Penyerangan dan Pembakaran di Kompleks Bandara Sentani

Selasa, 07 September 2021 | 16:44 WIB

Menko PMK Kunjungi PLBN Skouw, Pastikan Penyaluran Perlindungan Sosial di Wilayah Perbatasan

Rabu, 25 November 2020 | 20:43 WIB
TERKINI

Ribka Haluk Berikan Pujian Khofifah Parawansa yang Terima Penghargaan Satyalancana dari Presiden

7 Jam yang lalu

Menuju Papua Satu, Ini Catatan Sejarah Paulus Waterpauw

7 Jam yang lalu

Pj Ketua TP-PKK Puncak Jaya Hadiri Penutupan Rakorda se-Papua Tengah

7 Jam yang lalu

Momen RAFI 2024, Kabupaten Nduga Tertinggi Penggunaan Layanan Data Telkomsel

14 Jam yang lalu

Penyusunan RKPD dan Otsus Provinsi Papua 2025 Diharapkan Selaras dengan Visi Misi Kepala Daerah yang Baru

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com