MENU TUTUP

Aparat Kampung Asyaman Keerom Dukung Kamtibmas

Jumat, 05 Maret 2021 | 03:54 WIB / Cholid
Aparat Kampung Asyaman Keerom Dukung Kamtibmas Tim dari Subdit II Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Papua yang dipimpin oleh Iptu Dominggu D Diaz bersama sejumlah personelnya yang melaksanakan silahturahmi dengan aparatur Kampung Asyaman/Istimewa

KEEROM,wartaplus.com - Menjaga dan ciptakan kondisi kamtibmas yang aman dan nyaman di daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG). Polda Papua ajak aparat kampung di Kabupaten Keerom untuk mendukung kegiatan kamtibmas.

Tim dari Subdit II Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Papua yang dipimpin oleh Iptu Dominggu D Diaz bersama sejumlah personelnya yang melaksanakan silahturahmi dengan aparatur Kampung Asyaman, di kantornya yang terletak di Jalan Panca Bakti, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Kamis (4/3/2021) siang sekalian juga memberikan tali asih berupa sembako kepada aparat Kampung Asyaman.

Tim yang dipimpin oleh mantan Kasat Intel Polres Yahukimo itu diterima oleh pejabat sementara Kepala Kampung Asyaman Marthen P Salakory bersama sejumlah stafnya yang saat itu tengah menyerahkan hak-hak berupa gaji kepada aparat kampung yang sebelumnya sempat tertunda karena persoalan teknis.



"Mewakili Direktur Intelkam dan Bapak Kapolda Papua ingin bersilahturahmi dengan aparat Kampung Asyaman, tentunya dengan harapan nantinya bisa meneruskan pesan-pesan positif dan kamtibmas yang kami sampaikan melalui aparat kampung kepada masyarakat setempat," kata Diaz sapaan akrab Iptu Dominggu D Diaz sebagaimana rilis yang diterima.

Sejalan dengan kebijakan Kapolri yakni Polri yang prediktif, responbilitas, transparansi dan berkeadilan atau disingkat  PRESISI. "Sehingga kami hadir dalam upaya pendekatan pemolisian yang predektif dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga bisa memprediksi dan situasi dan kondisi yang menjadi isu dalam permasalahan serta bisa mencegah potensi gangguan keamanan," katanya.

Diaz berharap aparat Kampung Asyaman bisa bersinergi dengan Polri dan TNI dalam menjaga situasi dan kondisi kamtibmas yang sejuk.

Marthen Salakory menyambut baik pesan-pesan atau imbaun kamtibmas yang diutarakan oleh Iptu Dominggu D Diaz.

"Kami selalu bersinergi dan mendukung aparat keamanan dalam hal ini Polri dan TNI dalam menjaga kamtibmas. Aparat kampung kami ditingkat bawah juga rata-rata merupakan pensiunan Polri dan TNI sehingga jika terjadi hal-hal yang kurang harmonis, kami segera berkoordinasi bagaimana menyelesaikan persoalan yang terjadi," katanya.

Pada momentum itu, Marthen juga menjelaskan soal keterlambatan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2020 hingga tujuh bulan lamanya, namun tidak menghambat operasional kantor dan aparatur kampung. Sementara Dana Desa (DD) pada tahun anggaran 2020 juga terpotong untuk COVID-19 serta BLT kepada warga.

"Untuk Dana Desa (DD) itu selalu cair tepat waktu, hanya ADD yang alami keterlambatan sejak April 2020 dan itu berlaku di 91 kampung yang ada di Kabupaten Keerom, bukan Kampung Asyaman saja. Tapi sejak awal bulan ini ADD sudah cair sehingga kami bisa membayar hak-hak staf kami yang berbulan-bulan lamanya," katanya.

Marthen juga mengakui bahwa keterlambatan pencairan ADD tahun anggaran 2020 sempat diwarnai aksi demo oleh sejumlah aparatur kampung di DPRD dan Kantor Bupati setempat.

"Tapi aksi demo itu dikawal ketat oleh aparat keamanan. Terkait dengan tanggapan warga soal Bupati dan Wakil Bupati Keerom yang baru, tentunya warga menyambut baik dan mempunyai banyak harapan agar Keerom semakin maju," tutupnya.*


BACA JUGA

Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Milliar, Sekda Keerom Ditetapkan Tersangka

Selasa, 16 April 2024 | 19:14 WIB

Sekda Kabupaten Keerom jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Bansos Rp18,2 Miliar

Senin, 15 April 2024 | 19:57 WIB

Tokoh Adat Keerom Ajak Masyarakat Jaga Kedamaian di Tapal Batas

Senin, 26 Februari 2024 | 16:37 WIB

Pemprov Papua Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Olah Cabai di Keerom

Selasa, 20 Februari 2024 | 16:51 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Hubungan Kerjasama Ekonomi Indonesia dan PNG Berjalan Baik

Kamis, 06 Juli 2023 | 20:46 WIB
TERKINI

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

22 Jam yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

22 Jam yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu

Jaga Sitkamtibmas dari Aksi KKB, Personel Damai Cartenz Rutin Gelar Patroli di Wilayah Kiwirok

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com