MENU TUTUP

Mantan Jurnalis TV Terpilih Ketua KPU Papua Periode 2023 - 2028

Sabtu, 08 Juli 2023 | 08:14 WIB / Andi Riri
Mantan Jurnalis TV Terpilih Ketua KPU Papua Periode 2023 - 2028 Ketua KPU Papua Periode 2023 - 2028, Steve Dumbon yang dulunya bekerja sebagai jurnalis tv swasta RCTI/istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melantik lima anggota KPU Provinsi Papua terpilih di Jakarta, Rabu (05/07) lalu.

Adapun anggota KPU Papua yang dilantik yaitu Abdul Hadi, Amijaya Halim, Diana Dorthea Simbiak, Steve Dumbon dan Yohanes Fajar Irianto. Kelima anggota KPU ini akan menjalankan tugasnya untuk periode 2023 – 2028.

Usai dilantik, seluruh anggota KPU melakukan rapat pleno penentuan Ketua KPU dan menyepakati Steve Dumbon sebagai Ketua KPU Provinsi Papua periode 2023-2028.

Dalam wawancara singkatnya, Steve Dumbon yang adalah mantan jurnalis senior Papua ini menegaskan pihaknya siap melanjutkan tahapan Pemilu 2024.

“Kami diinstruksikan oleh ketua KPU RI untuk segera melanjutkan tahapan Pemilu, mengingat hari pencoblosan Pemilu tinggal beberapa bulan lagi,” tegasnya.

“Artinya kita tidak bisa bersantai-santai lagi, karena waktu semakin sedikit, sehingga dalam waktu dua hari kedepan kita sudah harus di Jayapura untuk persiapan pemilihan apalagi tahapan saat ini sudah masuk dalam tahapan penerimaan berkas perbaikan Bakal Calon Legislatif," sambung mantan kontributor tv RCTI ini.



Steve Dumbon berkomitmen melaksanakan rangkaian tahapan Pemilu sesuai jadwal dengann tetap menyesuaikan diri dengan tahapan yang telah berjalan.

Terkait dengan tantangan kedepan, Steve mengaku optimistis tahapan Pemilu akan berjalan baik. Apalagi setelah wilayah Papua terbagi menjadi empat provinsi.

"Saya pikir tidak ada tantangan yang signifikan dalam hal tahapan Pemilu khususnya di Kabupaten/kota,  Khususnya di Papua Induk tahapan pemilu ini sudah agak lebih ringan dengan 8 kabupaten 1 kota," katanya.

Namun demikian, KPU Papua tetap memberikan perhatian khusus untuk beberapa kabupaten lantaran kondisi medan wilayahnya seperti Mamberamo, Waropen, Keerom dan beberapa daerah lainnya.

“Jikapun ada tantangan itu lebih kepada non teknis, pada intinya kami sudah siap sebab kami tidak kerja sendiri melainkan dengan stakeholder lain seperti TNI, Polri dan unsur pemerintahan,” kata Steve Dumbon," jelasnya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat ini, KPU akan melakukan konsolidasi  internal dan selanjutnya dengan KPU/Kabupaten Kota. **


BACA JUGA

KPU Papua Terima Dana Hibah Rp155 Miliar untuk Pemilukada Serentak 2024

Jumat, 03 November 2023 | 17:32 WIB

KPU Papua Tengah akan Monitoring ke 4 Kabupaten Cek Kesiapan Gudang Logistik Pemilu

Rabu, 18 Oktober 2023 | 07:44 WIB

KPU Papua Ambil Alih Pelaksanaan Tahapan Pileg di Mamberamo Raya, Ini Alasannya

Selasa, 03 Oktober 2023 | 20:47 WIB

63 Bakal Calon Anggota KPU Papua Pegunungan Ikuti Seleksi Tertulis

Senin, 06 Maret 2023 | 17:58 WIB
TERKINI

Ketua umum Persekutuan Gereja Gereja Kabupaten Jayapura: Paulus Waterpauw Gubernur Papua

4 Jam yang lalu

Pemprov Papua Tengah Berharap Segera Ada Solusi Penyelesaian Konflik Antar Warga di Nabire

10 Jam yang lalu

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

15 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com