MENU TUTUP

19 Bulan Disandera KKB, Pilot Susi Air Kapten Philip Akhirnya Dibebaskan

Sabtu, 21 September 2024 | 10:45 WIB / Andi Riri
19 Bulan Disandera KKB, Pilot Susi Air Kapten Philip Akhirnya Dibebaskan Pilot Susi Air, Kapten Philips akhirnya dibebaskan aparat gabungan Satgas Ops Damai Cartenz/Humas Damai Cartenz

TIMIKA, wartaplus.com - Selama 19 bulan disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, pilot pesawat Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens akhirnya berhasil dibebaskan.

Pembebasan pilot asal Selandia Baru ini, dilakukan oleh aparat TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Ops Damai Cartenz 2024, di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika, Sabtu (21/09/2024).

Ka Ops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani dalam keterangan persnya mengatakan, selama lebih dari 1,5 tahun, Kapten Philip disandera KKB Egianus Kogoya di wilayah Nduga, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk membebaskannya, salah satunya melalui pendekatan soft approach.

" Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," ungkap Faizal.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan, Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" jelas Bayu

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis, sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapten Philip disandera kelompok Egianus Kogoya, pada 7 Februari 2023, saat landing mengantar bahan makanan di lapangan terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

Egianus Kogoya dan kelompoknya kemudian membakar pesawat, dan Kapten Philip disandera.**


BACA JUGA

Sempat Disandera OPM di Sinak, Karyawan PT.Jayakarta Jasa Bakti Akhirnya Dibebaskan

Rabu, 18 September 2024 | 15:32 WIB

Seorang Warga Sipil Tertembak di Dogiyai Papua Tengah

Senin, 02 September 2024 | 07:31 WIB

Serma Anumerta Jefry May yang Gugur Ditembak OPM Puncak Jaya, Dimakamkan di TMP Waena

Senin, 19 Agustus 2024 | 12:09 WIB

Satgas Damai Cartenz Tangkap Orang Kepercayaan Egianus Kogoya

Minggu, 18 Agustus 2024 | 09:00 WIB
TERKINI

19 Bulan Disandera KKB, Pilot Susi Air Kapten Philip Akhirnya Dibebaskan

2 Jam yang lalu
Jangan Keluarkan Pernyataan Konyol

TPNPB Minta Berbagai Pihak Jangan Asal Bicara Terkait Proposal Pembebasan Pilot

4 Jam yang lalu

Puncak Jaya Terima Bansos Penanganan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2024

17 Jam yang lalu

Mari-Yo Ajak AMPI Rapatkan Barisan Raih Kemenangan Pilgub Papua 2024

17 Jam yang lalu

Pj Bupati Sidak ke Tempat Produksi Produk Andalan Puncak Jaya

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com