MENU TUTUP

Empat Anggota Kelompok OPM Pimpinan Matias Wenda Kembali ke NKRI

Jumat, 25 Januari 2019 | 10:09 WIB / Andi Riri
Empat Anggota Kelompok OPM Pimpinan Matias Wenda Kembali ke NKRI Salah satu anggota Kelompok TPN OPM secara simbolis menyerahkan satu pucuk senjata organik kepada Danrem 172/PWY, Kolonel Inf Binsar Sianipar/Andi Riri

JAYAPURA - Empat anggota kelompok TPN/OPM pimpinan Matias Wenda menyatakan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak hanya menyatakan sikap kembali ke NKRI, mereka juga menyerahkan satu buah pucuk senjata organik M-16 yang diterima langsung oleh Danrem 172/PWY, Kolonel Inf Binsar Sianipar berlangsung di Pos Kotis Pamtas Yonif PR 328/DGH Kostrad, di Perbatasan Skouw Wutung, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Jumat (25/1).

Empat anggota tersebut terdiri dari tiga orang pria dan seorang wanita yang tengah hamil. Diketahui mereka merupakan dua keluarga (identitasnya sengaja disembunyikan) yang sudah bertahun tahun bergabung dalam kelompok Tentara Revolusi West Papua (TRWP) pimpinan Mathias Wenda. Mereka bermarkas di negara tetangga Papua Nugini.

Danrem 172 PWY Kolonel Inf Binsar Sianipar menjelaskan, dari keempatnya satu diantaranya merupakan pejabat yang berada langsung dibawah komando Mathias Wenda. Bahkan mereka juga terlibat dalam sejumlah aksi penyerangan di wilayah perbatasan Papua - PNG, salah satunya penyerangan dan penyanderaan warga pada 2014 lalu yang menewaskan seorang warga sipil.

"Ini hal yang luar biasa. Mereka bukan orang asing tapi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dulu memiliki persepsi berbeda. Hari ini mereka datang dengan kesadaran mereka. Kita fasilitasi mereka kembali menjadi WNI," ujar Danrem Binsar.

Menurut dia, melalui Program operasi "Cinta Kasih", bagaimana pihaknya memberikan pelayanan ke masyarakat sehingga semua persoalan bisa diselesaikan dengan metode cinta kasih.

"Terpenting mereka mau kembali, membangun komitmen untuk membangun Indonesia. Selama ini mereka mau kembali, tapi tidak ada yang fasilitasi," ungkap Danrem didampingi Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru, Kepala PLBN Yan Numbery, Dansatgas Yonif PR 328/DGH Kostrad, Mayor Inf Erwin Iswari.

Seraya menambahkan, saat ini masih terdapat seribuan anggota kelompok TPN/OPM yang tinggal di sejumlah wilayah di PNG.

"Kita berharap pemerintah bisa membantu menyediakan tempat tinggal dan menyiapkan lapangan pekerjaan, ketrampilan buat mereka. Kita akan membantu memfasilitasi berkomunikasi dengan aparat satuan kewilayahan dan juiga stake holder," katanya.

Apresiasi

Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru menyampaikan apresiasi kepada TNI yang telah memfasilitasi kembalinya anggota kelompok OPM.

"Kita akan lakukan pembinaan perhatian pendampingan termasuk pengawasan yang wajar dan manusiawi sehingga mereka bisa hidup layak,"katanya.*


BACA JUGA

Tahun Baru 2024, TNI AD Berikan Kado Istimewa untuk Masyarakat Kaureh Papua

Jumat, 05 Januari 2024 | 07:03 WIB

Kodam Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Dipimpin Irdam Brigjen TNI Mukhlis

Jumat, 10 November 2023 | 18:09 WIB

Peringati Hut ke-78, TNI di Papua Komitmen Jaga Kedamaian Pemilu 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 | 13:19 WIB

Sehari Jelang Hut ke-78 TNI, Kodam XVII/Cenderawasih Ziarah ke TMP Kusuma Trikora

Rabu, 04 Oktober 2023 | 19:16 WIB

Pemenang Turnamen KASAD 2023 di Papua, Dihadiahi Masuk TNI AD Tanpa Tes

Jumat, 18 Agustus 2023 | 21:24 WIB
TERKINI

Empat Hari Terkendala Pesawat, Jenazah Alexander Parapak yang Ditembak KKB Berhasil Dievakuasi

9 Jam yang lalu

Satu Orang Diamankan Saat Pengejaran Pelaku Penyerangan Patroli Satgas 527/BY di Paniai

1 Hari yang lalu

Pangdam Cenderawasih Dampingi Kasad Kunker ke Wilayah Merauke Papua Selatan

1 Hari yang lalu

Kurikulum Merdeka Bagi Seluruh Anak Indonesia

2 Hari yang lalu

Pemprov Papua: Penerapan Merdeka Belajar Butuh Kerja Sama Orang Tua

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com