MENU TUTUP

Gencar Sweeping Kendaraan, Pembuat SIM di Polresta Jayapura Meningkat

Sabtu, 22 Februari 2020 | 16:46 WIB / Cholid
Gencar Sweeping Kendaraan, Pembuat SIM di Polresta Jayapura Meningkat Nampak warga saat sedang mengantri untuk membuat SIM di Mapolresta Jayapura Kota/Cholid

JAYAPURAwartaplus.com – Pelayanan surat ijin mengemudi (SIM) di Polresta Jayapura Kota mengalami peningkatan hingga 50 persen setiap harinya. Hal ini dampak dari razia rutin yang digelar Satuan Lalulintas Polresta sejak pertengahan Januari 2020 lalu.

Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota Ajun Komisaris Polri Junan Plitomo menerangkan, jika sebelumnya perhari hanya mencetak kurang lebih 60 SIM, namun semenjak razia kendaraan rutin digelar, bisa mencapai 130 SIM yang dicetak dan kebanyakan SIM kendaraan roda dua

“Kalau hari biasa SIM dicetak hanya 50 bahkan mentok diangka 60, tapi saat razia kendara pembuat sim membludak diperkirakan mencapai 60 persen kenaikannya,” ungkap Junan, Sabtu (22/2).

Dengan peningkatan SIM yang cukup signifikan ini, Junan menyimpulkan bahwa kesadaran masyarakat sejauh ini masih minim akan petingnya surat ijin berkendara, mengingat saat razia barulah warga berbondong bondong membuat SIM bahkan melengkapi surat berkendara.

“Saya dapat simpulkan masyarakat malas tau, karena setiap ada razia lalu berbondong untuk membuat SIM. Tapi hal itu tidak menjadi persoalan intinya masyarakat mau membuat SIM dan perlahan dapat mentaati aturan berlalulintas,” katanya

Junan menghimbau kepada masyarakat khususnya bagi pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat untuk segera membuat surat ijin mengendara bagi yang belum memiliki, dengan mendatangi kantor pelayanan sim di Kantor Kepolisian tanpa harus melalui calo.

“Buat SIM itu tidak mahal dan memakan waktu lama. Kalau dinyatakan lulus dalam proses tes yang diberikan maka SIM langsung dapat dicetak dengan membayar Rp.100 ribu,” bebernya.

Adapun tujuan pelaksanaan razia kendaraan sejak awal Januari lalu merupakan atensi pimpinan guna memanilisir angka kriminalitas kasus pencurian kendaraan bermotor dan pelanggaran serta angka kecelakaan lalulintas di Kota Jayapura jelang perhelatan pekan PON Oktober mendatang.

“Ini merupakan langkah kami dalam menindak lanjuti perintah pimpinan, mengingat angka curanmor tinggi begitu pula dengan pelanggaran serta angka kecelakaan di kota Jayapura pada khususnya,” ujar Junan.

"Taati aturan lalulintas itu penting, bukan untuk polisi melainkan untuk diri sendiri, lengkapi diri dengan melengkapi surat bekendara saat mengendarai kendaraan,” tutupnya.**

 

 

 


BACA JUGA

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

Kamis, 18 April 2024 | 16:22 WIB

Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan eSIM, Ini Keutungannya

Sabtu, 06 April 2024 | 17:49 WIB

Melarikan Diri, Pelaku Penikaman Tewaskan Seorang Pemuda di Jayapura Berhasil Diciduk Polisi

Selasa, 27 Februari 2024 | 19:11 WIB

Diciduk Polisi, Ini Alasan Empat Pelaku Nekat Membakar Ruko dan Rumdis TNI di Waena Jayapura

Senin, 22 Januari 2024 | 17:51 WIB

Berprestasi dan Penuh Dedikasi, 16 Personel Polresta Jayapura Kota Terima Penghargaan

Kamis, 18 Januari 2024 | 20:22 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Hari yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

2 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

2 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

2 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

2 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com