MENU TUTUP

Program Ketahanan Pangan, Polisi Lakukan Pembinaan Kelompok Tani di Kampung Mulya Mimika

Jumat, 05 Maret 2021 | 20:38 WIB / Andi Riri
Program Ketahanan Pangan, Polisi Lakukan Pembinaan Kelompok Tani di Kampung Mulya Mimika  Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.Ik didampingi Waka Polres Kompol Sarraju, SH berfoto bersama warga kampung Mulya/dok.Humas Polda Papua

MIMIKAwartaplus.com – Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.Ik didampingi Waka Polres Kompol Sarraju, SH beserta para PJU (Pejabat Utama) Polres mengunjungi warga Kampung Mulya SP7, Distrik Iwaka, Mimika, Jumat (05/03). 

Kunjungan ini bagian dari program Polisi Peduli Ketahanan Pangan

Turut hadir Sekretaris Kampung Mulia Kencana Ali Subhan, Bidang Pemberdayaan Ekonomi KNPI Mimika Marinus Dogomo serta personel Binmas Noken Polri. 

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.Ik, dalam kesempatannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan program Binmas Noken untuk membantu masyarakat menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

"Karena dengan ketahanan pangan, kesejahteraan dapat meningkat. Tentunya hal tersebut bersinambungan dengan situasi Kamtibmas di Kabupaten Mimika," ujar Kapolres. 

Bahkan, lanjut Era, pihaknya juga akan membangun pos keamanan di wilayah kampung Mulya, agar warga dapat bersama-sama menjaga situasi keamanan bisa tetap kondusif, seperti layaknya pos-pos Peduli Keamanan (PeKa) yang sudah ada di wilayah kota Timika dan sekitarnya.

Usai tatap muka, Kapolres bersama rombongan meninjau lokasi pertanian sawah yang dikelola oleh warga asli Papua. Selanjutnya meninjau kolam perikanan air tawar yang dibuat oleh warga. 

"Sebenarnya yang dibutuhkan oleh warga Mulia Kencana adalah pemahaman bagaimana caranya bercocok tanam. Begitu juga cara membuat pupuk tanpa harus mengandalkan pupuk pabrikan," terangnya. 

Oleh karena itu, personel Polres Mimika yang ditugaskan akan memberikan pemahanan terkait tata cara bercocok tanam yang baik dan benar. 

Sehingga nantinya, ilmu yang diketahui itu dapat diaharkan kepada warga baik itu dalam bercock tanam, bertani, beternak, hingga berkebun.

Tanah Subur

Tanah di Kabupaten Mimika adalah tanah yang subur. Cuma apabila ditanam terus-terus, kesuburannya akan berkurang. 

"Nah, tinggal ilmunya itu, ilmunya bagaimana mempertahankan tanah tetap subur, dan itu yang akan kita berikan. Saya sangat senang melihat keakraban warga petani dan peternak di Mulia Kencana, lantaran warga pendatang ikut membimbing warga asli dalam bertani dan beternak," ujar Era. 

Itu menjadi semangat kami juga untuk membantu rekan-rekan disini, sehingga bisa menjadi contoh, menjadi kampung yang tangguh dalam hal pangan di Kabupaten Mimika.

Sekretaris Kampung Mulia Kencana mengucapkan rasa terimakasihnya mewakili seluruh warga kampung kepada Kapolres dan jajarannya atas kunjungan ke Mulia Kencana. Ia berharap beberapa program yang disampaikan Kapolres untuk warga Mulia Kencana kedepan dapat meningkatkan taraf hidup warga. 

"Kami mengucapkan terimakasih atas bimbingan bapak Kapolres dan personel Binmas Noken Polri untuk ilmu bercocok tanam yang diberikan. Kita akan berusaha bersama dalam memajukan kelompok tani ini, semoga hasil panen nanti dapat bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar dapat membantu perekonomian di tengah pandemi Covid-19," ucapnya.**


BACA JUGA

Polisi Selidiki Video Syur Sepasang Remaja Berdurasi 10 Detik Hebohkan Warga Timika

Jumat, 28 Juli 2023 | 18:04 WIB

Sat Res Narkoba Polres Mimika Gagalkan Transaksi Sabu, Tiga Orang Diamankan

Rabu, 22 Februari 2023 | 07:09 WIB

Buron Tiga Hari, Pelaku Penikaman Tukang Jahit di Timika Dibekuk Polisi

Rabu, 15 Februari 2023 | 08:24 WIB

Anggota Polres Mimika Ini Berhasil Bawa Indonesia ke Final Piala AFF Futsal Championship 2022

Selasa, 12 April 2022 | 03:49 WIB

Jalin Silaturahmi, Personil Binmas Noken Polres Tolikara Kunjungi Rumah Tomas

Senin, 20 Desember 2021 | 20:38 WIB
TERKINI

Siapapun Anak Papua Bisa Mencalonkan Diri Sebagai Cagub Papua

1 Jam yang lalu

Sabtu Halal Bihalal Jurnalis se Jayapura, Vanwi Subiyat: Jadi Ajang Temu Paling Romantis

1 Hari yang lalu

Freeport Indonesia Bina Pengusaha Muda Papua melalui Papuan Bridge Program

1 Hari yang lalu

Kembalikan Uang Pemudik Rp100 Juta, Aiptu Supriyanto Dihadiahi Sekolah Perwira dari Kapolda Lampung

1 Hari yang lalu

Tempat Produksi Miras CT di Wamena Jayawijaya Digerebek Polisi

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com