MENU TUTUP

Kabupaten Jayapura Darurat Narkoba, Pengguna Nekat Tanam Ganja di Rumah

Kamis, 14 Desember 2023 | 10:29 WIB / Andy
Kabupaten Jayapura Darurat Narkoba, Pengguna Nekat Tanam Ganja di Rumah Kasubag Umum BNN Kabupaten Jayapura, Yulius Panggau saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Sentani/ Andy

JAYAPURA,wartaplus.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Jayapura menyebut Kabupaten Jayapura masuk dalam salah satu kabupaten darurat narkoba di Papua.

Hal ini dikarenakan jumlah pengguna narkotika jenis ganja di Kabupaten Jayapura tersebar dari kota hingga perkampungan. 

" Kabupaten Jayapura ini adalah salah satu kabupaten di Papua yang darurat narkoba. Artinya jumlah pengguna narkotika cukup banyak dari kota hingga ke kampung-kampung," kata Kasubag Umum BNN Kabupaten Jayapura, Yulius Panggau kepada wartawan di Sentani, Kamis (14/12/2023).

Bahkan terdapat beberapa titik yang menjadi sangat rawan di Kabupaten Jayapura, seperti Pos 7, Yahim, Sentani Kota, Harapan, Geyem dan Depapre.

" Kategori rawan ini adalah penggunanya banyak di daerah-daerah ini, seperti Sentani Kota, Yahim, Pos 7 itu penggunanya banyak sekali. Nah yang menjadi persoalan adalah kita sudah mengajak masyarakat untuk membuat aduan, tapi masyarakat tidak mau melapor atau acuh dengan alasan pengguna itu adalah keluarga maupun kerabat," ungkap Yulius.

Dikatakan, Kabupaten Jayapura menjadi darurat narkoba lantaran pengguna mudah mendapatkan narkotika jenis ganja dari Papua New Guinea.

Bahkan, sejumlah pengguna berani untuk menanam ganja di rumah hingga kebun milik warga.

" Ganja ini sejauh ini paling banyak di dapat dari Papua New Guinea. Tapi sekarang di Sentani, Dosay dan beberapa tempat sudah ada yang mulai menanam baik di dalam rumah, kebun. Model penanaman ini di dalam pot atau plastik untuk konsumsi pribadi," bebernya.

Sementara pengguna masih didominasi oleh anak-anak usia sekolah dengan kisaran umur 15-20 tahun.

" Paling banyak pengguna narkotika adalah usia sekolah atau pelajar dengan rata-rata usia 15-20 tahun," sebutnya.

Untuk menekan angka pengguna narkotika jenis ganja, BNN telah menginisiasi terbentuknya layanan rehabilitasi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat yaitu Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM). IBM dibentuk sebagai solusi atas kendala sulitnya akses rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkotika

" Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan penyalahgunaan narkoba dan mengikutsertakan masyarakat untuk mengintervensi ke masyarakat yang telah melakukan penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

" Untuk IBM ini ada di Kelurahan Sentani Kota dan Hinekombe untuk tahun ini. Kegiatan mereka adalah sosilisasi, penjangkauan, dan layanan rehabilitasi dan pemetaan," bebernya.

Selain pembentukan IBM, BNN Kabupaten Jayapura rutin melakukan upaya pemberantasan dan penegakan hukum terhadap pengedar sekaligus penghuna narkotika.

" Untuk penegakan hukum bagi pengedar kita terus lakukan. Tahun ini ada lima orang yang kita tangkap dan menyita barang bukti ganja kurang lebih 800 gram," katanya.

" Sementara bagi pengguna, kita upayakan rehabilitasi. Contoh 9 pelajar yang kita amankan beberapa waktu lalu kita lakukan rehabilitasi agar tidak kembali menggunakan narkoba lagi," tandasnya. (**)

 


BACA JUGA

Polisi Amankan Seorang Pria Bersama Empat Paket Sabu Sabu di Wamena

Minggu, 03 Maret 2024 | 21:29 WIB

Pria Diduga Pengedar Sabu, Diciduk Tim Opsnal Narkoba Polresta Jayapura

Minggu, 11 Februari 2024 | 18:10 WIB

Polda Papua Terbitkan Larangan Penjualan Miras Jelang Pencoblosan

Rabu, 07 Februari 2024 | 16:07 WIB

Tim Resnarkoba Polresta Jayapura Bekuk Pemuda Diduga Pengedar Sabu Lintas Daerah di Wamena

Selasa, 16 Januari 2024 | 18:20 WIB

Kapolresta Jayapura Bersama Forkopimda Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Miras dan Narkoba

Kamis, 21 Desember 2023 | 21:02 WIB
TERKINI

Advokat Pieter Ell Terpilih jadi Kuasa Hukum KPU RI

7 Jam yang lalu

Peringati Hari Otda ke-28, Pemprov Papua Siap Tindak Lanjuti Arahan Mendagri Terkait Ekonomi Hijau

1 Hari yang lalu

Jaksa Lakukan Eksekusi Putusan PN Jayapura Terkait Kasus Pemilu 2024

1 Hari yang lalu

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

1 Hari yang lalu

Tryout UTBK SNBT 2024 Ilmupedia dan Ruangguru, Kerjasama Telkomsel dan Kuncie untuk Pelajar Papua

1 Hari yang lalu
Kontak Informasi wartaplus.com
Redaksi: wartaplus.media[at]gmail.com